kosong

berfikir untuk hidup yang lebih baik , dan beriman untuk tuhan yang benar

sejarah israel 1

Posted by kosongan pada | 18 |Januari| 2009 |

sumber : http://gbu-best.org/?p=37

Abraham hidup pada tahun +/- 2000 SM (SM=sebelum Masehi atau BCE (Before Christ) artinya sebelum Yesus lahir). Yesus disalibkan dan bangkit serta naik ke sorga pada tahun 30 M (M=Masehia atau AD (After Christ) artinya 30 tahun setelah Yesus lahir, kita ini masuk tahun masehi/2008). Kelahiran Yesus menjadi batas antara SM dan M. Dari SM ke M hitungannya mundur seperti: Zaman Abraham +/- 2000 SM, dan zaman Musa 1300 SM-1200 SM, zaman Yosua 1200 SM-1100 SM.

1020 SM – 1000 SM : Raja Saul . (Saul memerintah selama 20 tahun)

1000 SM – 961 SM : Raja Daud.

961 SM – 924 SM : Raja Salomo.

626 SM :Dinasti Babelonia berperang dg dinasti Assyria dan menang, Raja Nebukadnezar II menjadi raja 605 SM/Dinasti Neo-Babbelonia (mati 562 SM), kerajaan Babel dan penghancuran bait Allah dan Yerusalem pertama. Mimpi Nebukadnezar tentang sebuah patung yang diartikan oleh Daniel adalah 5 kerajaan besar yang akan muncul (Babel, Media-Persia, Yunani, Romawi dan ? mungkin Romawi baru/USA dan UE) setelah itu Yesus akan datang ke 2 kalinya dalam kitab Islam disebut Imam Mahdi Isa Almasih. Bukankah Tuhan sudah menetapkan kerajaan dan sejarah? Daniel dibuang 604 SM dan mati 536 SM. Yerusalem dan bait Allah diruntuhkan 587 SM.

539 SM :Dinasti Persia dimulai dengan mengalahkan Media dan menyerang Babelonia dengan menyerang pada malam hari melalui saluan air pada saat raja Belsyazar berpesta dan mabuk=mabukan serta mengambil perkakas bait Allah untuk perjamuan pesta, maka ada tulisan di dinding ‘mene-mene tekel urfasin’.

536 SM :Zerubabel membangun Bait Allah (515 SM selesai).

445 SM :Nehemia dipercaya menjadi gubernur Yerusalem dan membangun tembok Yeusalem dan bersamaan dengan zamannya Ezra (ahli kitab yg kemudian melayani di Bait Allah).

336 SM – 323 SM : Raja Alexander the Great, kerajaan Yunani (disebutkan juga zaman Helenis).

510 SM :Roma menjadi republik disebut kerajaan Romawi dan mengalahkan Kartago (264 SM – 146 SM) lalu Yunani (215 SM – 150 SM).

58 SM : Israel direbut oleh Romawi dengan jenderal Pompey.

58 – 52 SM : Yulius Caesar merebut Roma (44 SM dibunuh Brutus).

27 SM : Augustus menjadi kaisar pertama kerajaan Romawi.

22 SM : Bait Allah direnovasi oleh Herodes Agung, dibawah kerajaan Romawi, ia memerintah sebagai raja(gubernur) di Yudea sejak 44 SM.

(M) Masehi : Yesus Kristus Tuhan lahir di Betlehem.

70 M : Bait Allah diruntuhkan oleh jenderal Titus, anak raja Vespasianus kerajaan Romawi.

326 M : Ratu Helena (Kristen) berziarah ke Israel (2 tahun sampai 328 M) dan membangun gereja di Betlehem, Yerusalem dll, ia adalah isteri dari raja Konstatinus Khlorus (gubernur) yang mempunyai anak bernama Konstantinus Agung (Konstantinus I) dan kemudian menjadi raja tunggal Roma, karena sebelumnya Roma terpecahmenjadi 2 kerajaan Roma Barat dan Roma Timur.

312 M : Konstantinus Agung (I) menjadi raja dan 324-327 M menjadi raja tunggal yang menyatukan Roma Timur dan Barat, dan tahun 327 M ia memindahkan ibukota pemerintahannnya di Konstantinopel (setelah direbut oleh Turki tahun 1453 M, diganti nama Istanbul). Di zamannya hari minggu menjadi hari libur yaitu hari ibadah umat Kristen, mengadakan konsili gereja (Konsili Nicea), membangun banyak gereja dan memberikan kebebasan bagi umat Kristen serta menyalin kitab suci dalam bahasa Yunani.

380  5 M :Flavius Theodosius menetapkan Kristen menjadi agama Negara Roma/Byzantium (368-383 M)

527 – 565 M: Raja Byzantium Yustinus Agung membangun gereja Hagia Spohia di Konstantinopel (Istanbul) dan St John Basilika di Efesus (gereja rasul Yohanes) dll.

614 613 M :Persia merebut Israel dan sekitarnya dari kerajaan Byzantium.

629 629 M :Raja Byzantium Heraklios merebut Israel dan sekitarnya kembali dari tangan Persia.

622-630 M : Islam mulai berkembang di Arab Saudi dan Muhammad (nabi) meninggal 632 M, penggantinya adalah kalib (khalifah) Abu Bakar (632 – 634 M), kemudian diganti oleh kalib Umar 634 M.

634 M : Israel diancam akan diserang oleh Umar, sehingga gubernur (Patriach) Yerusalem Sophronios/Byzantium menyerah tanpa perang, dan Israel dibawah kekuasaan Umar (Islam). Kemudian Umar mendirikan masjid Al Aqsa di atas reruntuhan Bait Allah (634 M). 644 M Umar mati dibunuh oleh pengikutnya pada saat dia sedang Shalat dan digantikan oleh Ustman (644-659 M) dan terbunuh di Medinah oleh beberapa orang pengikutnya. Diganti oleh Ali yang menjadi kalib ke 4 (khalifah ke 4) yang memerintah (656-661 M), dan ia dibunuh pada saat melakukan shalat oleh pengikutnya (Abdur Rahman bin Muljam). Digantikan oleh Hasan hanya memerintah sebagai khalifah selama 6 bulan dan menyerahkannya pada Muawiyah yang mendirikan dinasti Umayyah (661-749 M), kemudian dikalahkan oleh dinasti Abbasiyah (749-1200 M), kemudian dikalahkan dinasti Ayyubiyah (1171-1250 M) disamping dinasti Seljuk Turki (Kurdi) dan dinasti Ayyubiyah dikalahkan oleh dinasti Mamluks 1250-1517 M (Mamluk berarti para budak, yang dibeli dan ditawan oleh sultan dari menang perang untuk dijadikan prajurit dalam peperangan: Turki, Kurdi, Afrika, Eropah), Dinasti Mongol berakhir pada dinasti Ottoman (Turki) 1300 – 1924 M.

Abd al Malik membangun masjid Dome of the Rock di atas bukit Moria di tempat Abraham mempersembahkan Ishak juga di atas reruntuhan Bait Allh, yang kemudian disalut emas oleh raja Husein dari Yordania (abad ke 20):

712 M Islam menyerang dan merebut Spanyol, 756 M sultan Abd al Rahman menjadi sultan Kordoba di Spanyol, setelah ia berhasil meloloskan diri dari Suriah/Damaskus ketika dinasti Abbasiyah mengalahkan Umayyah. Tahun 717-719 M pasukan Islam menyerang Prancis dan dikalahkan di Toulouse (Perancis), namun tahun 721 Tuolouse berhasil direbut. Dan tahun 732 M Islam menyerang Perancis dan merebut Bordeaux. Tahun 732 M Islam menyerang kembali Perancis sampai di tengah daratan Perancis yaitu Tours (150 km dari Paris) dekat Poiters dengan jumlah pasukan yang sangat besar, kemudian raja Charles Martel dari Perancis berhasil mengalahkan dan mendesak Islam kembali ke Perancis Selatan (Pyreness). Pemimpin pasukan Islam dan pasukannya banyak mati terbunuh. Edward Gibbons dalam bukunya menuliskan seandainya Charles Martel kalah, mungkin tafsir al-Quran akan diajarkan di sekolah2 Oxford dan para pendakwa Islam akan menunjukkan kesucian dan kebenaran wahyu Muhammad.

1071 M : Israel direbut oleh Seljuk Turki (Kurdi/Islam Sunni) dari tangan Abbasiyah dinasti, dan banyak gereja dihancurkan dan perampokan serta penganiyaan, termasuk pembunuhan terhadap para peziarah Kristen serta menyerang kerajaan Byzantium dan Spanyol Utara. Sebagai akibatnya terjadilah peperangan untuk merebut kembali tanah suci dari tangan Seljuk Turki (Kurdi) dan tempat lainnya serta membangun kembali gereja-gereja yang dihancurkan, perang ini disebut perang salib (Kristen Eropah/Katolik). Perang adalah salah satu yang tidak disukai oleh Tuhan Yesus dan Ia mengajarkan agar berdamai dan menjadi pendamai.

1096 M : Perang salib pertama dan tahun 1099 M, Yerusalem berhasil direbut oleh pasukan dari Eropah (pasukan salib) dan mendirikan 4 kerajaan Kristen Latin yaitu: Antiokhia yang direbut tahun 1097 M dan 1099 M diresmikan sebagai kerajaan Latin. Tahun 1098 M – kerajaan Edessa (berhasil direbut dari Armenia-Kristen). Tahun 1099 M – kerajaan Yerusalem

Tahun 1109 M – kerajaan Tripoli. Namun tahun 1144 kerajaan Edessa diserang dan berhasil direbut oleh Seljuk Turki (sultan Zengi – Kurdi), maka timbulllah perang salib ke 2 untuk merebut kerajaan Edessa, namun gagal dan tahun 1087 Yerusalem jatuh ditangan sultan Saladin, sehingga timbullah perang salib ke 3 yang hanya berhasil merebut Akro, Tiberias dll, kegagalan merebut Yerusalem, karena sultan Saladin mengajukan perdamaian dengan raja Inggris Richard (Loin Heart, pemimpin pasukan salib) dan Yerusalem terbuka bagi para peziarah Kristen tanpa gangguan serta menjamin tidak ada penghancuran gereja-gereja dan penganiyaan. Perang salib ini terjadi sebanyak 9 kali perang dan memakan waktu 195 tahun (1091 M – 1291 M). Di tengah perang salib muncul bergantian dinasti2 dari Islam (Ayyubiyah-Mamluks-Ottoman maupun Mongol/Genghis-khan sampai terakhir Timur Leng yang memusnahkan kekristenan di Timur Tengah).

Tahun 1453: kerajaan Byzantium raja Konstantin XI diserang dan direbut oleh sultan Mehmed II (Ottoman dinasti) dengan memakai meriam buatan insinyur Jerman yang dapat melontarkan batu seberat 600 kg sejauh 1,5 km didapat dari pembelian menang lelang, maka hancurlah kerajaan Byzantium dan kota Kostantinopel berubah nama Istanbul, serta gereja Hagia Spohia yang termasyur menjadi masjid.

Tahun 1917 : Israel direbut oleh pasukan gabungan Perancis dan Inggris serta Australia dari tangan dinasti Ottoman (Turki), Jenderal Allen By masuk Yerusalem dengan berjalan kaki, karena Yesus masuk dengan naik keledai, kota Bersyeba oleh pasukan Australia.

Tahun 1948 :Israel merdeka

Tahun 1967 :Perang 6 hari antara Israel dengan 6 negara Arab (Mesir, Yordania, Syria, Lebanon, Irak dan Saudi Arabia) dan dimenangkan oleh Israel sehingga kota Yerusalem menjadi milik Israel yang direbut oleh jenderal Ariel Sharon yang koma sampai sekarang (PM Israel yang menyetujui dan menukarkan tanah Israel pada Palestina sebagai Negara merdeka sebagai ganti perdamaian, bersama presiden Palestina Yaser Arafat mati dan George Bush, yang kemudian USA mengalami badai Katrina, badai Rita menurut sumber gereja di USA ini adalah hukuman dan peringatan Tuhan bagi mereka). Perang 6 hari yang dimenangkan oleh Israel sehingga Sinai direbut dari Mesir dan dikembalikan sebagai imbalan perdamaian Israel dan Mesir, dan dataran tinggi Golan diambil dari Suriah dan akan dikembalikan jika Suriah mau berdamai dan mengakui negara Israel. Tepi Barat dan jalur Gaza serta Yerusalem direbut dari Yordania, dan sekarang sedang negosiasi dengan Palestina sebagai imbalan perdamaian (Yordania berdamai dengan Israel saat ini).

<!http://content.answers.com/main/content/wp/en-commons/thumb/5/50/400px-1973_Yom_Kippur_War_-_Golan_heights_theater.jpg

Bangsa Israel sekarang menghadapi musuh besar yaitu bangsa Arab termasuk yang mendiami tanah Kanaan sejak zaman kerajaan Romawi dan ketika pasukan Islam menaklukkan Persia di Israel.

Konflik Israel dengan Filistin

Bangsa Filistin yang mendiami jalur Gaza dengan kota Asdod, Askelon, Gaza dan Ekron merupakan musuh bebuyutan bangsa Israel sejak zaman hakim-hakim sampai para raja Yehuda. Bangsa Filistin adalah suatu bangsa dari pulau Kreta atau Kaftor yang menyerang Mesir namun gagal sehingga mereka mendarat di tanah Kanaan yaitu sepanjang jalur Gaza dan tinggal di sana sebagai bangsa Filistin. Kepahlawanan Daud ketika melawan Goliat merupakan suatu kisah permusuhan sampai bangsa Filistin ini dimusnahkan oleh Tuhan karena mereka mentertawai kecelakaan bangsa Israel.

Yeh 25:15: “Beginilah firman Tuhan ALLAH: “Oleh karena orang Filistin membalaskan dendam kesumat dan di dalam kegembiraannya atas kecelakaan Israel melakukan pembalasan dengan melakukan pembinasaan karena rasa permusuhan yang turun-temurun,

25:16: oleh sebab itu, beginilah firman Tuhan ALLAH: Sungguh, Aku akan mengacungkan tangan-Ku melawan orang Filistin dan melenyapkan orang Kreta dan membinasakan yang lain-lain di tepi pantai laut.

25:17: Aku akan melakukan pembalasan yang kejam terhadap mereka disertai penghajaran-penghajaran kemarahan. Dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, pada waktu Aku melakukan pembalasan-Ku terhadap mereka.”

Banyak bangsa yang tidak mengetahui sejarah dan kebenarannya, bahwa bangsa Filistin sudah dimusnahkan Tuhan melalui penyerbuan bangsa yang dari utara yaitu kerajaan Babel, Media-Persia, Yunani sampai Romawi. Bangsa Palestina yang sekarang ada adalah bangsa campuran dari Arab dan lebih banyak berasal dari Yordania.

Seperti contoh kota Yerikho, ketika Israel menjadi negara merdeka dan memenangi perang 6 hari, maka sebagian bangsa Yordan yang tinggal di sana kembali ke Yordan. Israel mengajak mereka kembali dan mengajari cocok tanam di padang gurun. Proyeknya berhasil, namun kemudian mereka menyatakan diri sebagai penduduk asli, dimana kuburan lama dari nenek moyang mereka tidak ada. Kini Yerikho menjadi bagian dari Palestina otonomi (keluar masuknya harus melewati pemeriksaan paspor dan penjagaan)

Yes 14:29-31: “Janganlah bersukaria, hai segenap Filistea, karena walaupun gada orang yang memukul engkau sudah patah, tetapi dari keturunan ular itu akan keluar ular beludak, dan anaknya akan menjadi ular naga terbang. Yang paling hina dari umat-Ku akan mendapat makanan dan orang-orang miskin akan diam dengan tenteram, tetapi keturunanmu akan Kumatikan dengan kelaparan, dan sisa-sisamu akan Kubunuh. Merataplah, hai pintu gerbang! Berteriaklah, hai kota! Gemetarlah, hai segenap Filistea! Sebab di sebelah utara sudah mengepul asap perang, dan barisan musuh maju tanpa ada yang mundur.

Bangsa-bangsa yang mencoba untuk menghapuskan peta Israel dan mengaku sebagai keturnan Palestina telah menyatakan sbagai musuh Tuhan Allah. Dengan demikian mereka berdosa karena melawan Tuhan Allah yang hidup dan yang benar itu. Rasa kebencian dan permusuhan turun temurun sejak di zaman Simson dan Delila, Daud dan Goliat sampai ke zaman nabi Yehezkiel. Akhirnya Tuhan memusnahkan mereka (bangsa Filistin/Filistea), dan yang ada sekarang ada adalah bangsa Moab, Amon dan bangsa Arab lainnya yang tinggal di sana.

Yer 47:4: “oleh karena telah tiba harinya untuk membinasakan semua orang Filistin, dan melenyapkan bagi Tirus dan Sidon setiap penolong yang masih tinggal. Sungguh, TUHAN akan membinasakan orang Filistin, yakni sisa orang yang datang dari pulau Kaftor.

Tuhan Allah berjanji dengan suatu perjanjian dengan Abraham untuk memberikan tanah perjanjian yaitu Kanaan. Musa memimpin bangsa Israel untuk pulang kembali ke tanah perjanjian, dan kemudian Yosualah yang memasuki dan merebut tanah perjanjian tersebut.

Kej 26:3: “Tinggallah di negeri ini sebagai orang asing, maka Aku akan menyertai engkau dan memberkati engkau, sebab kepadamulah dan kepada keturunanmu akan Kuberikan seluruh negeri ini, dan Aku akan menepati sumpah yang telah Kuikrarkan kepada Abraham, ayahmmu.”

Tanah perjanjian adalah tanah yang yang telah diberikan oleh Tuhan melalui sumpah kepada bangsa Israel, dan dikatakan juga bahwa siapa yang mengutui Israel akan dikutuki, dan siapa yang memberkati Israel akan diberkati. Sebab dari Abraham semuabangsa akan mendapatkan berkat keselamatan di dalam Yesus Kristus dan pengenalan akan Tuhan yang benar.

Kej 12:3: “Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat.

komen saya … maap saya ambil sebuah sejarah tidak dari sumber yang netral, karena sumbernetral telah di manipulasi sehingga sejarah israel yang ada hanya dari sudut pandang menciptakan suasana negatif pada israel, sehingga mereka menghilangkan bagian sejarah sebelum pensusukan turki … sehingga tampak sekali kalau israellah yangmemiliki kekuasaan lemah , maka saya ambil sumber ini dengan perhitunggan tetap pada sejarah yang ada dengan tidak di kurangkan, bila memiliki sejarah yang lebih akurat silahkan di tambahkan

Iklan

7 Tanggapan to “sejarah israel 1”

  1. Bobby Butar Butar said

    nice writing bro..

  2. kosongan said

    maap itu bukan saya yang nulis, tetapi saya menyadur dari sumber yang sudah saya cantumkan … hal itu hanya sebagai pernyataan bahwa ada yang bilang israel tidak punya tanah … padahal dalam kurun waktu tertentu mereka punya kerajaan di tempat itu …. orang yang bilang israel tidak punya tanah biasanya berawal dari sejarah pendudukan pasca pendudukan koloni inggris …

  3. http://myrazano.com/untuk-yang-belum-pernah-ke-israil/

  4. kosongan said

    menarik ^^ thx dari postingan web itu saya melihat benar2 seru jadi saya jadikan sebuah postingan khusus ^^

  5. salman_farizzi said

    @kosongan.
    Bro’ Terlalu melebih-lebihkan ni Cerita.
    Dari setiap perebutan/peperangan Islam selalu diceritakan dengan kebengisan dan kejahatan. sedangkan Nasrani disini terlihat lebih baik. Israel dengan gerakan Zionis nya dari dulu sampai sekarang adalah manusia terburuk sepanjang masa.”Media/Dunia sudah membuktikannya”. Mereka lah yang dilaknat Allah Bukannya Fillistin.

    1) “”Perang adalah salah satu yang tidak disukai oleh Tuhan Yesus dan Ia mengajarkan agar berdamai dan menjadi pendamai.” ada pernyataan seperti ini diatas… Lalu perang salib??????? atas dasar apa perang salib itu? apakah perdamaian??

    2) “”Tuhan Allah berjanji dengan suatu perjanjian dengan Abraham untuk memberikan tanah perjanjian yaitu Kanaan. Musa memimpin bangsa Israel untuk pulang kembali ke tanah perjanjian, dan kemudian Yosualah yang memasuki dan merebut tanah perjanjian tersebut.

    Kej 26:3: “Tinggallah di negeri ini sebagai orang asing, maka Aku akan menyertai engkau dan memberkati engkau, sebab kepadamulah dan kepada keturunanmu akan Kuberikan seluruh negeri ini, dan Aku akan menepati sumpah yang telah Kuikrarkan kepada Abraham, ayahmmu.”””

    Tahu gak sejarah tanah Kannan itu sendiri??
    Kanaan diambil dari nama anak nabi Nuh yaitu kan’an. Anak dari Nabi Nuh yang membangkang dan terkutuk, dia menolak ajakan Nabi Nuh saat untuk naik Perahu Besarnya saat Banjir tengah menggulungnya. Tidak heran jika bangsa Israel (orang2 terlaknat Allah diberikan satu tanah Terkutuk (kanaan).

    3) “”Bangsa-bangsa yang mencoba untuk menghapuskan peta Israel dan ((mengaku sebagai keturnan Palestina telah menyatakan sbagai musuh Tuhan Allah)).
    apakah ada penjelasan sejarah atau ayat yang memperkuat pernyataan diatas?? Fillistin Musuh Tuhan Allah?? bukannya yang ada itu Israel dengan Yahudinya yang menyatakan musuh Tuhan Allah dengan segala sesuatu yang Yahudi buat?? anda suda lihat “http://myrazano.com/untuk-yang-belum-pernah-ke-israil/” kan?? jadi??

    4) “”al Malik membangun masjid Dome of the Rock di atas bukit Moria di tempat ((Abraham mempersembahkan Ishak)) juga di atas reruntuhan Bait Allh, yang kemudian disalut emas oleh raja Husein dari Yordania (abad ke 20):
    Ibrahim mempersembahkan Ishak?? Nabi ibrahim mempersembahkan Ismail anaknya (bukan ishak) untuk disembelih, kemudian Allah menggantinya dengan seekor biri-biri, sehingga ini menjadi salah satu ibadah Umat Islam yaitu Qurban.

    Saya fikir memang benar sumber yang anda ambil ini tidak netral. walaupun anda bilang sumber yang lain terlalu membuat israel negatif. Tetap saja belum netral. karena masih adanya unsur pemojokan salah satu Agama. Coba anda cari sumber yang benar2 Sejarah.. jangan ada sumber tentang pengutukan suatu kaum ataupun pembinasaan satu kaum. karena menjadi tidak NETRAL lg. anda tahu kan seperti apa netral itu???

    Coba anda baca Sumber sejarah Israel dari pandangan ISLAM. pasti anda akan mengatakan itu tidak NETRAL.
    jd menurut saya anda tidak perlu memasukan kalimat:
    “maap saya ambil sebuah sejarah tidak dari sumber yang netral, karena sumbernetral telah di manipulasi sehingga sejarah israel yang ada hanya dari sudut pandang menciptakan suasana negatif pada israel, sehingga mereka menghilangkan bagian sejarah sebelum pensusukan turki … sehingga tampak sekali kalau israellah yangmemiliki kekuasaan lemah , maka saya ambil sumber ini dengan perhitunggan tetap pada sejarah.”
    Karena sumber yang anda post kan memang benar-benar tidak NETRAL.

    Buat yang punya sumber lain mau netral ataupun tidak netral masukin juga dong….

  6. eric said

    ikut menyimaka aja

  7. kosongan said

    @salman_farizzi

    hai bro sorri neh saya tidak pernah menjelaskan agama tertentu dalam hubungannya dengan perang, kalo memang ada perang itu adalah murni kekuasaan bukan hubungannya dengan agama dan kepercayaan, dan bila perang tidak kejam … itu bukan perang tapi beribadah jadi entah israel atau amerika atau arab atau manapun yang berperang … semua kejam
    Zionisme adalah gerakan nasionalisme Yahudi antar bangsa yang menghasilkan negara Israel. …. lantas manakah kejamnya … kalau memang gerakan zionis = nasionalis = kejam … berarti semua yang membela negaranya juga kejam ya … waduh maaf nih berarti orang yang tidak kejam adalah orang yang cinta uang daripada negaranya ya ^^

    1) ^^ adakah dalam penjabaran saya mendukung perang ???? , apakah semua orang mentaati anjuran agama dan tuhannya ???, tahukah anda apa itu perang salib dan tujuannya …. perang = konyol dan kekuasaan lah masalahnya … alias kepemilikan wilayah atau tempat tinggal

    2)hehehe waduh jadi banyak tertawa nih … maaf ya, apakah tanah terkutuk artinya untuk orang yang dikutuk ???, pernah dengar pristiwa sodom gomora ^^, lot punberada di tengah2 orang yang cukup “antik” kan ^^, apakah itu berarti lot pun jadi orang “antik” ????, sekedar pengetahuan anda
    (A. Arti Kanaan.
    sembunyikan teks

    Para sarjana masih memperdebatkan arti kata canaan, sama seperti mereka memperdebatkan batas-batas daerah yang ditunjuk oleh istilah ini. Pada abad ke-19, para sarjana berpikir bahwa canaan berhubungan dengan kata kerja bahasa Semit knc, yang dalam bahasa Arab berarti, “membungkuk, bersifat rendah,” dan dalam bahasa Ibrani, “tunduk, merendahkan diri.” Maka mereka mengartikan Canaan sebagai “dataran rendah.” Dewasa ini para ahli bahasa telah meninggalkan pendekatan ini, tetapi seharusnya kita tidak mengabaikan perkataan Kejadian 9:25, “Terkutuklah Kanaan, hendaklah ia menjadi hamba yang paling hina bagi saudara-saudaranya.” Dengan mudah kita dapat melihat ide keadaan yang rendah dalam ayat ini. Di sini Canaan memang dapat dikaitkan dengan akar kata bahasa Ibrani knc, “bersifat rendah.”

    Dewasa ini banyak ahli merasa bahwa canaan berhubungan dengan kata cuneiform Kinahhu, yang berasal dari orang Hur di Mesopotamia. Kata ini berarti “ungu kemerah-merahan,” dan mengacu kepada siput murex yang banyak terdapat di pantai-pantai Laut Tengah, yang mengeluarkan bahan celup yang berwarna ungu. Bahan celup ini adalah salah satu hasil utama dari Kanaan; karena itu negeri ini disebut “negeri bahan celup ungu.” Orang Fenisi memakai bahan celup ini dalam industri pakaian. Sebenarnya, kata bahasa Kanaan untuk orang Fenisi – phoinike – sangat dekat dengan kata phoinix yang berarti “ungu kemerah-merahan.”) sumber http://alkitab.sabda.org/resource.php?topic=174&res=almanac … maaf saya mengambil sumber nasrani karena untuk mengetahui posisi arti nama … lebih tepat cari tahu ke yang mengerti ^^ dasar pemikirannya adalah orang tanya arti nama seseorang dari orang yang membenci pemilik nama itu ?????

    3)sudah ada dalam pernyataan penulis artikel di sini “Bangsa Filistin yang mendiami jalur Gaza dengan kota Asdod, Askelon, Gaza dan Ekron merupakan musuh bebuyutan bangsa Israel sejak zaman hakim-hakim sampai para raja Yehuda. Bangsa Filistin adalah suatu bangsa dari pulau Kreta atau Kaftor yang menyerang Mesir namun gagal sehingga mereka mendarat di tanah Kanaan yaitu sepanjang jalur Gaza dan tinggal di sana sebagai bangsa Filistin. Kepahlawanan Daud ketika melawan Goliat merupakan suatu kisah permusuhan sampai bangsa Filistin ini dimusnahkan oleh Tuhan karena mereka mentertawai kecelakaan bangsa Israel.

    Yeh 25:15: “Beginilah firman Tuhan ALLAH: “Oleh karena orang Filistin membalaskan dendam kesumat dan di dalam kegembiraannya atas kecelakaan Israel melakukan pembalasan dengan melakukan pembinasaan karena rasa permusuhan yang turun-temurun,

    25:16: oleh sebab itu, beginilah firman Tuhan ALLAH: Sungguh, Aku akan mengacungkan tangan-Ku melawan orang Filistin dan melenyapkan orang Kreta dan membinasakan yang lain-lain di tepi pantai laut.

    25:17: Aku akan melakukan pembalasan yang kejam terhadap mereka disertai penghajaran-penghajaran kemarahan. Dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, pada waktu Aku melakukan pembalasan-Ku terhadap mereka.”

    Banyak bangsa yang tidak mengetahui sejarah dan kebenarannya, bahwa bangsa Filistin sudah dimusnahkan Tuhan melalui penyerbuan bangsa yang dari utara yaitu kerajaan Babel, Media-Persia, Yunani sampai Romawi. Bangsa Palestina yang sekarang ada adalah bangsa campuran dari Arab dan lebih banyak berasal dari Yordania.” masalah israel dan ke narsisan negara itu … saya maklum karena itulah masyarakat … dan tidak ada anehnya dengan negara manapun juga

    4) mana mungkin sumber netral berasal dari negara yang tidak menempati wilayah itu…. simple aja landasan saya mengambil sumber yang ini …. mungkinkah sejarah amerika yang netral di buat oleh orang indo yang tidak tinggal dan tidak mengetahui sejarah amerika ?????bukankah lebih netral sejarah amerika dijelaskan dari sudut pandang yang mengetahui amerika dan mendukung amerika

    “Coba anda baca Sumber sejarah Israel dari pandangan ISLAM. pasti anda akan mengatakan itu tidak NETRAL” tapi untuk tanggapan ini saya mengambil dari sumber muslim juga di https://jockerkosong.wordpress.com/2010/06/04/sejarah-israel-dan-zionis/ … tolong di pikirkan tentang kenetralannnya dan tolong dijelaskan dimana letak netralnya

    “Karena sumber yang anda post kan memang benar-benar tidak NETRAL.” apakah anda tidak mengerti makna dari yang saya jelaskan bahwa artikel ini memang bukan dari sumber netral … yang saya maksut netral disana adalah sumber yang tidak memasukkan unsur agama dalam permasalahan wilayah suatu negara

    karena sumber yang seharusnya netral seperti wikipedia sudah di pegang oleh suatu golongan yang memandang negara tertentu negatif karena alasan agama jadi saya lihat itu tidak lah netral dan saya tidak mencantumkannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: