kosong

berfikir untuk hidup yang lebih baik , dan beriman untuk tuhan yang benar

MUHAMMAD DALAM AGAMA ZOROASTER & BUDHA

Posted by kosongan pada | 20 |Januari| 2009 |

sumber :http://suakahati.wordpress.com/2008/01/02/agama-zoroaster-budha-meramalkan-muhammad

Utusan yang paling akhir dan paling baru adalah Nabi Muhammad. Demikian pula ajaran beliau adalah ajaran yang termuda dari semua ajaran dalam agama-agama besar di dunia. Ajaran Ibrahim sekitar tahun 3000 SM, Musa 2000 SM, Budha 2200-an SM, Yesus 1 M, baik TAO dan Konfusius diperkirakan sejaman dengan Musa/Budha bahkan lebih tua lagi. Islam ada sejak Nabi adam dan Ajaran terlengkap dan sempurna adalah ajaran yang dibawa Nabi Muhammad. Boleh dibilang ajaran Muhammad adalah yang terlengkap, tersempurna dan termuda.

Sebelum menulis artikel ini, saya mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan nama atau ejaan. Karena artikel ini saya tulis berdsarkan apa yang saya dengar (ada yang kurang jelas saya dengar) dari VCD tentang “Muhammad dalam berbagai agama” oleh Dr. Zakir Naik.

MUHAMMAD DALAM AGAMA ZOROASTER

Nabi Zoroaster, Nabi dalam agama Zoroaster atau Persi-isme,  merupakan pendiri agama yang dikenal dengan agama “Zoroaster” yang juga dikenal sebagai agama yang menjadikan api sebagai focus penyembahan (paganisme) yang entah api tersebut digunakan untuk alat konsentrasi dalam menyembah Tuhan yang sebenarnya atau memang mereka menganggap api adalah Tuhan Pencipta Alam. Keyakinan ini lahir sekitar 2.500 tahun yang lalu di Persia.

Mereka memiliki 2 kitab suci yaitu “Dasatir” dan “Avesta”. Dasatir dibagi dua menjadi “Khurda-dasatir” dan Kalan-dasatir”. Sedangkan Avesta dibagi menjadi “Khurda-avesta” dan “Kalan-awesta” serta “Zend avesta (Maha Zen)”. Kitab mereka ditulis dalam “pahlawi” dan “Zendi” yang mana sedikit dari mereka yang memiliki kesamaan bahasa. Dalam Zen-Avesta Farvardin Yasht  Bab 28 ayat 129, Buku Keramat Timur  volume 23, Zen-Awesta bagian 2 Hal. 220 mengatakan : “ Ia adalah pemenang, ia adalah Soeshyant, namanya “Astvat-ereta”. Soeshyant berarti sesuatu yang bermanfaat bagi seluruh umat manusia. Dalam Al-Quran Surat 21 (Al-Anbya) : 107 Allah Berfirman : “Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam (rahmatan lil alamin)”. Soeshyant juga berarti ia yang berdoa (Muhammad dalam bahasa Arab berarti yang berdoa).  Astvad-ereta adalah sebuah makhluk yang berperang melawan Iblis dalam kehidupan manusia dan ia akan melawan terhadap pemujaan benda-benda”. Nabi Muhammad adalah pemenang dalam perebutan kota Mekah.

Astvad ereta berasal dari kata Astu yang berarti orang yang berdoa (seorang pemimpin agama), sesuai dengan kata “Ahmad” (nama lain Muhammad) yang berarti seseorang yang berdoa”. Dalam Zend-Avesta jika dibaca lebih jauh dalam “Zamyad Yasht” Bab 16 ayat 95 Buku Keramat Timur  Volume 23 bagian 2 Hal. 308  dikatakan bahwa Teman dari Astaved-eresta, mereka akan bertempur melawan Iblis, mereka akan memiliki pemikiran, pendengaran dan penglihatan yang bagus serta berbudi tinggi. Mereka tidak akan tergoyahkan keyakinannya karena hal-hal tersebut. Jika kita telaah Umat terbaik adalah yang sejaman dengan Nabi Muhammad beserta sahabat-sahabat beliau (para Khalifah & Tabi’in).

Dalam Dasatir dikatakan bahwa saat “Zoroastir” (pengikut Zoroaster) ketika mereka melakukan perjalanan untuk melakukan pelajaran kemudian menjadi banyak, ada seseorang yang muncul bersama kawan-kawannya yang akan menaklukkan dan mengalahkan kesombongan Persia dan para pengikutnya, dan mereka tidak menyembah api namun mereka berkiblat ke Ka’bah yang dibangun oleh Ibrahim, yang akan membersihkan pulau itu dan mereka ini akan menjadi rahmat bagi seluruh manusia, mereka akan memerintah daratan rahasia di Persia kecuali Antalkan dan orang-orang ini akan memilih raja yang murah hati. Dalam Kitab Bundanish  ayat 6 sampai 27 dikatakan bahwa Sosiath akan menjadi nabi yang terakhir. Dalam Al-Quran Surat 33:40 Allah berfirman : “Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu”.

LINK TERKAIT :

Muhammad_prophesised-Parsis

MUHAMMAD DALAM AGAMA BUDHA

Dalam Cakrawati, Senasutana D.III, 76 yang menyampaikan ramalan tentang Mitri dan ramalan ini di ulang kembali dalam sebagian kitab Agama Budha yang mengatakan bahwa akan datang Budha yang bernama “Mitri” yang berarti yang suci, yang terutama, yang bersinar dan penuh dengan pengetahuan, bijaksana, kecerdikan pengetahuan yang menyeluruh  akan menerima wahyu, pengetahuan yanag utama dan ia akan mengajarkan permulaan untuk mencapai tujuannya dan ia akan mengajarkan agama kebenaran. Hal ini berarti akan sama dengan apa yang dikatakan oleh Budha. Namun sang Mitri ini akan memiliki ribuan pengikut sementara sang Budha hanya memiliki ratusan pengikut. Dalam “Buku Buddha oleh Carus-dari sumber Ceylon” Halaman 217 & 218 dikatakan, jika Mitri ini dianalisa berarti sesuatu yang bermanfaat yang memberikan rahmat yang memiliki rasa cinta kasih dalam dirinya. Jadi Mitri berarti “Rahmat” dalam bahasa Arab. Dalam Al-Quran Surat 21 (Al-Anbya) : 107 Allah Berfirman : “Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta  alam (rahmatan lil alamin)”.

Dalam “Buku Keramat Timur, Volume 11 Hal 36 Mahaparinabana Sutta” Bab 2, Ayat 32, menyatakan bahwa Sang Budha tidak akan membedakan pengajarannya kedalam Isoterik dan Esoterik. Budha akan selalu menyatakan kebenaran dan sebagai sang guru pengetahuannya pasti tidak akan disembunyikan, apa yang Budha ajarkan waktu itu bukanlah sesuatu yang sebagian terbuka dan sebagian tertutup. Isi dan kandungan Al-Quran diajarkan oleh Nabi Muhammad di depan Umum dan terbuka dan melarang menyembunyikannya. Dalam Bab 5 Ayat 36 hal 97, dikatakan , seperti halnya Budha yang memiliki “Sarvito” dengan nama “Ananda”  demikian juga Budha Mitri yang akan datang mempunyai “Sarvito”. Sarvito dari Nabi Muhammad adalah seseorang bernama “Anas” , yang diberikan oleh orang tuanya, ayah dan ibunya pada nabi yang mulia di usia 8 tahun dan sang nabi menyebutnya sebagai anak yang tercinta, sikecil tersayang. Dan Anas dikirim oleh Nabi Muhammad saat perang dan damai, saat yang baik dan buruk hingga akhir hidupnya. Bahkan dalam perang Uhud dalam usianya yang ke 11 dia berdiri di depan Nabi dan melindungi beliau saat beliau terkepung oleh Musuh. Bahkan dalam perang Hunain hujan panah menerjang nabi dan Anas berdiri melindungi beliau. Ananda juga melindungi 11 terjangan pada Budha dan ia berdiri didepan Budha. Dalam Buku Buddha oleh Carus  Hal 214 ada 6 kriteria dari Mitri, keenam kriteria menunjuk pada Nabi Muhammad, antara lain yaitu :

  1. Ia akan menerima cahaya petunjuk pada malam hari
  2. Saat menerima pencerahan ia akan bercahaya
  3. Ia akan meninggal dengan cara yang alami dan baik
  4. Saat sang Mitri akan meninggal ia akan kembali bercahaya (bersinar)
  5. Meninggal di malam hari (sesuai Nabi yang ketika meninggal saat malam hari)
  6. Saat meninggal bentuk fisik tidak akan nampak kembali (setelah Nabi Muhammad wafat, gambar/wujud fisik beliau tidak ada, karena Islam melarang wujud Nabi digambar )

Sumber : Secuil dari Dr. Zakir Naik.

LINK TERKAIT :

Muhammad_prophesised Buddhists

ARTIKEL SEBELUMNYA :

masihkah ada nabi baru setelah nabi muhammad

mahabaratha dan kisah perjuangan nabi muhammad

By MAGE
tanggapan

Siswa Sang Buddha // Juni 28, 2008 pada 9:57 am

Sedikit memberikan pencerahan mengenai ajaran Sang Buddha:

1. Sang Buddha tidak disembah tapi di Puja (dihormati). Jangan samakan pengertian sujud dalam Buddhist dengan sujud dalam Islam.

2. Sang Buddha bukan utusan Tuhan. Tapi orang biasa yang karena melihat penderitaan orang lain kemudian mengumpulkan parami (kebajikan dan pengetahuan) dalam banyak kehidupan hingga akhirnya mencapai Penerangan Sempurna dan mengajarkannya kepada yang lain bagaimana cara membebaskan diri dari penderitaan.

3. Sang Buddha tidak pernah mengajarkan agar umatnya memuja apalagi menyembah arca Buddha. Adanya pemujaan terhadap arca Sang Buddha dikarenakan ketika Alexander Agung melakukan ekspansi ke timur, dan mencapai India, ketika orang2 Yunani pulang mereka ikut membawa ajaran Buddha ke negara mereka. Orang Yunani punya tradisi untuk membuat arca dari orang-orang yang dianggap Istimewa. Karena orang-orang Yunani dulu pernah menganut ajaran Buddha, akhirnya kebiasaan ini kemudian ditiru oleh umat Buddha dinegara-negara lain.

Sesuai dengan sabda Sang Buddha :

“Janganlah percaya terhadap suatu berita hanya karena kamu telah mendengarnya.

Janganlah percaya terhadap suatu tradisi hanya karena telah dilakukan turun-temurun.

Janganlah percaya terhadap sesuatu hanya karena hal ini sesuai dengan pemikiranmu atau logika.

Janganlah percaya terhadap sesuatu hanya kerena dikatakan oleh para tetua.

Janganlah percaya terhadap sesuatu hanya karena dikatakan oleh seorang guru agama ternama.

Janganlah percaya terhadap sesuatu hanya karena tertulis dalam kitab suci.

Janganlah percaya terhadap sesuatu biarpun seorang Tathagata [Sang Buddha] yang mengatakannya kepadamu.

Tetapi jika setelah melakukan observasi yang mendalam dan diketahui bahwa sesuatu itu bertentangan dengan hal yang baik, melanggar norma, menimbulkan penderitaan/merugikan jika dilakukan, dicela oleh para bijaksana maka sudah selayaknya hal itu tidak dilakukan.

Tetapi jika setelah melakukan observasi yang mendalam dan diketahui bahwa sesuatu itu berhubungan dengan hal yang baik, tidak melanggar norma, membawa kebahagiaan jika dilakukan, dipuji oleh para bijaksana maka sudah selayaknya hal itu dilakukan.”

berdasarkan sabda Sang Buddha diatas oleh sebab itu, Puja terhadap arca Sang Buddha sebagai objek pengganti Sang Buddha tetap dilakukan. Dalam hal ini tolong jangan disamakan dengan tradisi Tionghoa.

Menanggapi artikel diatas :
Secara pribadi saya menolak kalo Muhammad itu adalah Bodhisatva (Calon Buddha) Maitreya. Alasannya :
1. Di dalam Sutta, Bodhisatva Maitreya lahirnya di Jambudvipa (Wilayah India).
2. Buddha itu tidak dilahirkan, tapi dicapai, yang dilahirkan itu Bodhisatva.
3. Seorang yang telah mencapai Kebuddhaan tidak akan mungkin beristri, karena nafsunya sudah lenyap, Dia tidak akan melakukan hubungan seksual. Dia hanya beristri sewaktu masih Bodhisatva (belum mencapai kebuddhaan). Sedangkan Muhammad pada masa2 dimana dia disebut Nabi dia kan mengambil istri. Dan katanya punya anak lagi (mengenai anak, tolong dikoreksi kalo salah)
4. Seorang yang telah mencapai Kebuddhaan tidak akan mungkin ikut/pergi berperang apapun alasannya.
5. Seorang yang telah mencapai Kebuddhaan akan menjauhkan hidupnya dari hal-hal duniawi seperti kekuasaan/jabatan dalam pemerintahan.Dia akan menghabiskan hidupnya sebagai seorang Pertapa.
6. Maitreya baru lahir setelah ajaran Sang Buddha Gotama dilupakan orang.
7. Maitreya lahir pada zaman ketika umur manusia rata-rata 80.000 tahun. Hal ini disebabkan Maitreya adalah seorang Bodhisatva yang menonjol dalam Cinta Kasih (Metta/Maitri = > Maitteya/Maitreya [Pali/Sangsekerta]), sesuai dengan Hukum Kamma, orang-orang seperti itu akan lahir dalam keadaan dan lingkungan yang baik.
8. Seorang yang disebut Sang Buddha, hanya akan muncul ketika usia manusia rata-rata berada dalam range 100-80.000 tahun. Seorang Buddha tidak akan muncul ketika usia manusia rata-rata dibawah 100 atau diatas 100.000 tahun. Pada satu masa hanya ada 1 Buddha yang muncul (berhubungan dengan point 6)

Masih ada banyak lagi, tapi saya rasa ini sudah cukup.

Untuk yang menulis artikel :
Bro anda orang pertama yang saya ketahui yang mengatakan Islam itu ajaran terlengkap. Perlu diketahui bro, Kitab Suci paling tebal didunia itu Kitab Sucinya ajaran Buddha. Berdasarkan dari aliran Mahayana itu tebalnya sekitar 70x Alkitab (dengan tebal kertas dan ukuran huruf seperti Alkitab) sedangkan dari Theravada sekitar 11x Alkitab. Tapi itupun gak pernah dibilang lengkap. Didalam ajaran Buddhist, Hindu, Jain, Khrisnamurti (India), Tao (China), Socrates (Yunani) ada disinggung kelahirkembali (reinkarnasi), emang Islam ada??? ajaran Buddha (mungkin Hindu juga) mengajarkan kalo manusia bukan hanya dibumi ini saja, bagaimana dengan Islam???. Lalu apa artinya “Terlengkap” yang dimaksud?? tolong pencerahannya )

Menanggapi pernyataan enryo :
Bro, Yahudi, Kristen and Islam itu munculnya diwilayah yang sama yaitu Timur Tengah belum lagi dari garis keturunan yang sama. Jadi apa anehnya kalo masing – masing saling menyatakan?? Bagi penganut Hindu, Sang Buddha itu dianggap Inkarnasinya Dewa Siva.

Menanggapi pernyataan adi_isa :
Bro, seumur hidup, saya gak pernah mengetahui, mendengar, melihat kalo ada umat Buddha yang bilang/menganggap bahwa Sang Buddha itu Tuhan. Sampai detik ini hanya ada dua orang yang saya ketahui menafsir Sang Buddha Sebagai Tuhan, yaitu anda dan guru sejarah saya waktu SLTP.

Menanggapi pernyataan prisoner :
orang2 makrifat ??? buku2 tasawuf??? bro kalo anda mau belajar ajaran Buddha belajarlah berdasarkan paham Buddhist, kalo anda mau belajar ajaran Kristen belajarlah berdasarkan paham Kristen, kalo mau belajar ajaran Hindu belajarlah berdasarkan paham Hindu, begitu juga kalo ada orang mau belajar ajaran Islam
belajarlah berdasarkan paham Islam. Kalo anda mau belajar ajaran lain berdasarkan sudut pandangan Islam sudah pasti gak nyambung begitu sebaliknya.

Menanggapi pernyataan Walika :
Kalo dibaca dari tulisan anda, sepertinya anda itu sudah tahu mana yang benar dan mana yang tidak benar!!!! sehingga anda berani bilang ajaran ini itu tidak punya dasar. oleh sebab itu saya ingin mengajukan pertanyaan :

Ada seorang wanita sewaktu hendak pulang dia diculik oleh sekawanan penjahat dan akhirnya diperkosa.

(1). Pertanyaan saya apakah anda percaya dengan yang nama rencana Tuhan (Takdir)???

Jika tidak (1), pertanyaannya berhenti sampai disini.

(2) Kalo ya(1), bagaimana dengan cerita diatas, apakah juga termasuk rencana Tuhan (Takdir)???

(3) Jika Ya(2), bagaimana dengan pemerkosanya apakah berdosa atau tidak???

jika berdosa(3), bagaimana mungkin bisa berdosa padahal Tuhan yang rencanain.

Jika tidak(3). wah saya jadi pemerkosa deh D

(4) Jika Tidak(2), Kekuatan apakah didunia ini yang bisa menciptakan rencana(pemerkosaan) yang melampaui rencana (Kuasa) Tuhan???

Jika tidak ada(4), kenapa pemeroksaan bisa terjadi????

Terlepas dari semua komentar saya diatas, saya ingin bertanya sama umat Islam khususnya (soalnya belum pernah betul2 belajar paham Islam ) menurut yang kalian pahami atau ketahui Tuhan (Alllah) itu seperti apa????
1. Apakah berwujud / tidak berwujud???
2. Berdiam disuatu tempat / tidak??? (Kalo di Kristen kan berdiam di Surga)
3. Suatu Makhluk / Bukan Suatu Makhluk?
4. Mana yang lebih besar Muhammad atau Jibril???
5. Bagaimana Surga menurut Islam???
6. Sebutkan Alam2 kehidupan apa saja yang diajarkan Islam, selain setan, jin, surga, neraka???

Ini dulu deh udah panjang sih. Sorry bro yang ini bukan untuk diperdebatkan, saya cuma ingin tahu saja, jadi tuliskan semua yang kalian pahami.

tanggapan 2

  • wisdomgod // Januari 20, 2009 pada 11:42 am

    Muhammad bukanlah Maitreya, part 1
    Klaim bahwa Muhammad adalah Maitreya didasarkan pada beberapa kesamaan antara ramalan Buddha Gautama dengan kehidupan Muhammad. Tetapi klaim ini kebanyakan hanya mengada-ada dan menghubung-hubungkan dengan tidak logis. Bahkan klaim ini tidak mempedulikan aspek-aspek dari ramalan Buddha Gautama yang dengan jelas menyebutkan kapan dan dalam kondisi seperti apa seperti apa keadaan Buddha Maitreya muncul. Selain itu, ketidaksesuaian ajaran antara Buddha Gautama dengan ajaran Muhammad dalam hal-hal yang mendasar patut dipertanyakan karena seharusnya ajaran Buddha dari masa ke masa adalah sama.

    Tulisan ini bukan bertujuan untuk menjelek-jelekkan agama lain, tetapi untuk memberi penjelasan berdasarkan kitab-kitab suci Buddhis kenapa Muhammad tidak mungkin adalah Maitreya. Fokus tulisan ini karena itu adalah perbedaan fakta sejarah kehidupan Muhammad dengan ramalan Buddha Gautama dan perbedaan ajaran antara Islam dan Buddhisme yang sangat mendasar.

    A. Ketidakcocokan dengan ramalan
    Buddha Maitreya akan datang setelah ajaran Buddha Gautama dilupakan

    Suatu hari ketika Buddha Gotama tinggal di hutan Banyan di Kapilavastu, Bhikkhu Sariputta mendekati beliau dan mengajukan pertanyaan kepada Buddha tentang Buddha yang akan datang. Dia berkata:

    “Pahlawan yang akan mengikuti Anda sebagai Buddha, seperti apakah Dia?

    Berdasarkan catatan semata, aku tidak dapat memahami. Nyatakanlah kepadaku, Yang Mahatahu.”

    Buddha kemudian menyatakan :

    “… siklus Kami adalah siklus yang bahagia.

    Ketiga pemimpin Buddha sudah pernah hidup

    Pemimpin Buddha Kakusandha, Konagamana dan Kassapa

    Buddha sekarang adalah Aku

    Namun setelah Aku, Maitreya akan datang

    Sementara siklus yang bahagia ini masih berlangsung…”

    (Anagata-vamsa, Chronicles of Future Buddhas)

    “Setelah kepergianku, lebih dahulu akan ada kemerosotan dan pelenyapan ajaranKu. Ini akan terjadi dalam 5 tahap:

    Lenyapnya pencapaian. Ketika tidak ada lagi bhikkhu yang mencapai tingkat kesucian
    Lenyapnya metode. Ketika tidak ada lagi Bhikkhu yang menjalankan peraturan para Bhikkhu yang berjumlah 227. Jumlah peraturan yang diikuti akhirnya hanya akan ada 4 (4 parajika, peraturan yang paling dasar) dan setelah tidak ada bhikkhu yang menjalankan 4 parajika, metode lenyap.
    Lenyapnya ajaran. Ketika Tripitaka lenyap dari dunia dan manusia tidak mampu mengingat 4 baris syair Dharma:

    Jangan berbuat jahat

    Sempurnakan kebajikan

    Sucikan hati dan pikiran

    Itulah ajaran para Buddha
    Lenyapnya simbol-simbol. Ketika Bhikkhu-bhikkhu merosot cara hidupnya, menanggalkan jubah dan memakai carikan kain kuning. Mereka akan berdagang dan menikah. Ketika mereka membuang carikan kain kuning dan mulai melakukan pembunuhan terhadap binatang, simbol telah lenyap.
    Lenyapnya relik-relik. Setelah 5000 tahun, relik-relik Buddha akan gagal mendapatkan penghormatan yang semestinya. Relik-relik tersebut tidak akan dihormati dimanapun. Relik-relik itu akan terbakar dengan sendirinya tanpa meninggalkan sisa setelah melakukan keajaiban-keajaiban yang disaksikan oleh para dewa.

    Yang dapat dilihat secara jelas adalah bahwa saat ini Para anggota sangha, para bhikkhu masih memakai jubah dan menjalankan peraturan-peraturan kebhikkhuan secara lengkap, ajaran Buddha dalam tripitaka masih lengkap, dan relik-relik Buddha masih dihormati di banyak tempat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa masa kedatangan Buddha Maitreya masih sangat lama.

    Siapapun yang mengklaim dirinya atau orang lain sebagai Maitreya pada saat ini jelas tidak dapat dipercaya. Muhammad lahir pada tahun 570 Masehi, sekitar 1000 tahun setelah Buddha Gautama. Sedangkan Ajaran Buddha baru akan hilang 5000 tahun setelah Buddha.

    Buddha Maitreya akan datang setelah masa kegelapan berlalu

    Menurut Cakkavati Sihanada Sutta, disebutkan bahwa setelah Ajaran Buddha hilang dari dunia, akan terjadi masa kegelapan dimana umur manusia semakin berkurang karena moral manusia menurun:

    “Para bhikkhu, demikianlah, karena dana-dana tidak diberikan kepada orang-orang miskin maka kemelaratan meluas… mencuri… kekerasan… pembunuhan… berdusta… memfitnah… perzinahan… kata-kata kasar dan membual… iri hati dan dendam … pandangan sesat… berzinah dengan saudara sendiri, keserakahan dan pemuasan nafsu… hingga kurang berbakti kepada orang tua, kurang hormat kepada para samana dan pertapa dan kurang patuh kepada pemimpin masyarakat berkembang dan meluas. Karena hal-hal ini berkembang dan meluas maka batas usia kehidupan dan kecantikan manusia berkurang, sehingga batas usia kehidupan manusia pada masa itu adalah 250 tahun, akan tetapi batas usia kehidupan anak-anak mereka hanya 100 tahun.

    Para bhikkhu, akan tiba suatu masa ketika keturunan dari manusia itu akan mempunyai batas usia kehidupan hanya 10 tahun. Di antara orang-orang yang batas usia kehidupan mereka 10 tahun, umur lima tahun bagi wanita merupakan usia perkawinan. Pada masa kehidupan orang-orang ini, makanan seperti dadi susu (ghee), mentega, minyak tila, gula dan garam akan lenyap. Bagi mereka ini, biji-bijian kudrusa akan merupakan makanan yang terbaik. Seperti pada masa sekarang, nasi dan kari merupakan makanan yang terbaik, begitu pula biji-bijian kudrusa bagi mereka. Pada masa orang-orang itu, sepuluh macam cara melakukan perbuatan baik akan hilang, sedangkan sepuluh macam cara melakukan perbuatan jahat akan berkembang dengan cepat, di antara mereka tidak ada lagi kata-kata yang menyebut tentang perbuatan baik — Siapa yang akan melakukan perbuatan baik? Di antara mereka tidak ada lagi rasa berbakti kepada orang tua, tidak ada lagi rasa menghormat kepada para samana dan pertapa serta tidak ada lagi kepatuhan kepada para pemimpin masyarakat. Kalau seperti sekarang orang-orang masih berbakti kepada orang tua, menghormat kepada para samana dan pertapa serta patuh kepada para pemimpin, namun pada masa orang-orang… yang batas usia kehidupan mereka hanya 10 tahun, rasa berbakti, hormat dan patuh tidak ada lagi.

    Para bhikku, di antara orang-orang yang batas usia kehidupan mereka 10 tahun tidak akan ada lagi (pikiran yang membatasi untuk kawin dengan) ibu, bibi dari pihak ibu, bibi dari pihak ayah, bibi dari pihak ayah yang merupakan istri dari kakak ayah atau istri guru. Dunia akan diisi oleh cara bersetubuh dengan siapa saja, bagaikan kambing, domba, burung, babi, anjing dan srigala.
    Di antara orang-orang ini saling bermusuhan yang kuat akan menjadi hukum, perasaaan yang benci yang hebat, dendam yang kuat serta keinginan membunuh dari ibu terhadap anaknya, anak terhadap ibunya, ayah terhadap anaknya, anak terhadap ayahnya, kakak terhadap adiknya, adik terhadap kakaknya dan seterusnya… Hal ini terjadi bagaikan pikiran dari para olahragawan yang menghadiri pertandingan, begitulah pikiran mereka.

    Para bhikku, bagi orang-orang yang batas kehidupan mereka 10 tahun itu akan muncul suatu masa, yaitu munculnya pedang selama seminggu. Selama masa ini mereka akan melihat individu lain sebagai binatang liar: pedang tajam akan nampak selalu tersedia di tangan mereka dan mereka berpikir: ‘Individu ini adalah binatang liar.’ Dengan pedang mereka saling membunuh.
    Sementara itu ada orang-orang tertentu yang berpikir: ‘Sebaiknya kita jangan membunuh atau kita tidak membiarkan orang lain membunuh kita. Marilah kita menyembunyikan diri ke dalam belukar, ke dalam hutan, ke cekungan di tepi sungai, ke dalam gua gunung dan kita hidup dengan akar-akaran atau buah-buahan di hutan.’ Mereka akan melaksanakan hal ini selama seminggu. Pada hari ke tujuh mereka keluar dari belukar, hutan, cekungan dan gua, mereka akan saling berangkulan dan akan saling membantu, dengan berkata: ‘O, kami masih hidup! Senang sekali melihat anda masih hidup!’
    Para bhikkhu, pada orang-orang itu akan muncul keinginan-keinginan sebagai berikut : ‘Karena kita melakukan cara-cara yang jahat, maka kita kehilangan banyak sanak saudara. Marilah kita berbuat kebajikan-kebajikan. Sekarang, kebajikan apakah yang dapat kita lakukan? Marilah kita berusaha untuk tidak melakukan pembunuhan. Itu merupakan perbuatan baik yang dapat kita lakukan.’ Mereka akan berusaha untuk tidak membunuh, hal yang baik ini mereka laksanakan terus. Karena melaksanakan kebajikan ini maka akibatnya batas usia kehidupan dan kecantikan mereka bertambah. Bagi mereka yang batas usia hanya 10 tahun, akan tetapi batas usia kehidupan anak-anak mereka mencapai 20 tahun.

    Para bhikkhu, hal-hal seperti ini akan terjadi pada orang-orang yang batas usia kehidupan mereka 20 tahun: ‘Sekarang, karena kita mengikuti dan melaksanakan kebajikan maka batas usia kehidupan dan kecantikan kita bertambah. Marilah kita meningkatkan kebajikan kita. Marilah kita berusaha untuk tidak mengambil apa yang tidak diberikan, kita berusaha untuk tidak berzinah, kita berusaha untuk tidak berdusta, kita berusaha untuk tidak memfitnah, kita berusaha untuk tidak mengucapkan kata-kata kasar, kita berusaha untuk tidak membual, kita berusaha untuk tidak serakah, kita berusaha untuk tidak membenci, kita berusaha untuk tidak berpandangan sesat, kita berusaha untuk tidak melakukan tiga hal berikut, yaitu: tidak bersetubuh dengan keluarga sendiri, tidak tamak dan tidak memuaskan nafsu. Marilah kita berbakti kepada orang tua kita, kita menghormati para samana dan pertapa serta kita patuh kepada pemimpin masyarakat. Marilah kita selalu melaksanakan kebajikan-kebajikan ini.’
    Demikianlah mereka akan selalu melaksanakan kebajikan: tidak mengambil apa yang tidak diberikan… berbakti kepada ke dua orang tua, menghormat para samana dan pertapa serta patuh kepada pemimpin masyarakat. Karena mereka melaksanakan kebajikan-kebajikan itu, maka batas usia kehidupan anak-anak dan kecantikan manusia bertambah, sehingga mereka yang batas usia kehidupan hanya 20 tahun, akan tetapi batas usia kehidupan anak-anak mereka mencapai 40 tahun. Selanjutnya, bagi mereka yang batas usia kehidupan hanya 40 tahun, akan tetapi batas usia kehidupan anak-anak mereka mencapai 80 tahun; …. anak-anak mereka mencapai 160 tahun;… anak-anak mereka mencapai 320 tahun;… anak-anak mereka mencapai 640 tahun;… anak-anak mereka mencapai 2.000 tahun;… anak-anak mereka mencapai 4.000 tahun;… anak-anak mereka mencapai 8.000 tahun;… anak-anak mereka mencapai 20.000 tahun; anak-anak mereka mencapai 40.000 tahun; dan mereka yang pada masa itu hanya berbatas usia kehidupan 40.000 tahun, akan tetapi anak-anak mereka akan mencapai batas usia kehidupan 80.000 tahun.”

    Jadi sebelum Budha Maitreya datang, akan ada masa kegelapan dimana usia manusia sangat rendah, ketidakbajikan merajalela, incest tidak dilarang, dan terjadi pemusnahan besar manusia karena mereka saling membunuh.

    Karena masa kegelapan ini belum datang, maka jelas bahwa kedatangan Buddha Maitreya masih sangat jauh.

    Buddha Maitreya akan datang dalam masa kemakmuran

    “Para bhikkhu, di antara orang-orang yang batas usia kehidupan mereka 80.000, maka usia perkawinan bagi wanita adalah pada usia 500 tahun. Pada masa orang-orang ini hanya akan ada tiga macam penyakit — keinginan, lupa makan dan ketuaan. Pada masa kehidupan orang-orang ini Jambudipa akan makmur dan jaya, desa-desa, kampung-kampung, kota-kota dan kota-kota kerajaan akan berdekatan satu dengan yang lain sehingga ayam jantan dapat terbang dari satu kota ke kota yang lain. Pada masa kehidupan orang-orang ini, Jambudipa — bagaikan avici — akan penuh dengan penduduk bagaikan hutan yang dipenuhi semak belukar. Pada masa kehidupan orang-orang ini, kota Baranasi yang kita kenal sekarang akan bernama Ketumati yang merupakan kota kerajaan yang besar dan makmur, berpenduduk banyak dan padat serta berpangan cukup. Pada masa kehidupan orang-orang ini, di Jambudipa akan terdapat 84.000 kota dengan Ketumati sebagai ibu kota.

    Para bhikkhu, pada masa kehidupan orang-orang ini di Ketumati, ibu kota kerajaan, akan muncul seorang raja Cakkavatti bernama Sankha, yang jujur, memerintah berdasarkan kebenaran, penguasa empat penjuru dunia, penakluk, pelindung rakyatnya dan pemilik tujuh macam permata, yaitu: cakka, gajah, kuda, permata, wanita (istri), kepala rumah tangga dan panglima perang. Ia akan memiliki keturunan lebih dari 1000 orang yang merupakan ksatriya-ksatriya digjaya, penakluk musuh-musuh. Ia akan menguasai dunia sampai ke batas lautan, tetapi ia menguasai dunia ini bukan dengan kekerasan atau dengan pedang melainkan dengan kebenaran.

    Para bhikkhu, pada masa kehidupan orang-orang ini, di dalam dunia akan muncul seorang Bhagava Arahat Sammasambuddha bernama Metteyya (Maitreya), yang sempurna dalam pengetahuan dan pelaksanaannya, sempurna menempuh jalan, pengenal segenap alam, pembimbing manusia yang tiada taranya, yang sadar serta yang patut dimuliakan, yang sama seperti saya sekarang. Ia, dengan dirinya sendiri akan mengetahui dengan sempurna dan melihat dengan jelas alam semesta bersama alam-alam kehidupan para dewa, brahma, mara, serta para samana, para pertapa, para pangeran dan orang-orang lainnya, seperti apa yang saya tahu dengan sempurna dan lihat dengan jelas sekarang. Dhamma kebenaran yang indah pada permulaan, indah pada pertengahan dan indah pada akhir akan dibabarkan dalam kata-kata dan semangat, kehidupan suci akan dibina dan dipaparkan dengan sempurna dengan penuh kesucian, seperti yang saya lakukan sekarang. Ia akan diikuti oleh beberapa ribu bhikkhu sangha, seperti saya sekarang ini yang diikuti oleh beberapa ratus bhikkhu sangha.”

    Bisa dilihat bahwa pada saat ini,

    – Tidak ada raja yang sangat berkuasa bernama Sankha yang memerintah dengan adil. Di zaman Nabi Muhammad juga tidak ada raja seperti itu

    – Usia manusia belum mencapai 80.000 tahun

    – Kehidupan manusia belum semakmur seperti yang diceritakan dalam Cakkavati Sihanada Sutta, dimana tidak ada perang dan kebanyakan penyakit hilang.

    Sehingga dapat disimpulkan bahwa kedatangan Buddha Maitreya tidak mungkin terjadi sekarang.

    Apalagi umur Nabi Muhammad SAW tidak sampai 80.000 tahun. Padahal Buddha Gautama mengatakan:

    “Usia Buddha Maitreya adalah 80.000 tahun. Berada di dunia, beliau akan membawa banyak orang menyebrang”

    Seorang Buddha mempunyai 32 tanda manusia besar.

    Seorang Buddha di masa lalu maupun masa yang akan datang akan memiliki ciri-ciri fisik yang sama. Ciri-ciri ini berjumlah 32, dan terdapat dalam kitab-kitab Veda agama Hindu sebagai Maha Purisa Lakkhana (Tanda-tanda manusia agung). Buddha Gautama menjelaskan tentang hal ini dalam Lakkhana Sutta (Sutta Pitaka,Digha Nikaya):

    “Para bhikkhu, apakah 32 Maha Purisa Lakkhana yang menyebabkan hanya ada dua kemungkinan cara hidupnya dan tidak ada yang lain, jika ia hidup sebagai manusia biasa, maka ia akan menjadi raja dunia (cakkavati), … maka ia akan menjadi Arahat Samma Sambuddha; yaitu:

    1. Telapak kaki rata (suppatitthita-pado). Ini merupakan satu lakkhana dari Maha Purissa.

    2. Pada telapak kakinya terdapat cakra dengan seribu ruji, lingkaran dan pusat dalam bentuk sempurna.

    3. Tumit yang bagus (ayatapanhi).

    4. Jari-jari panjang (digha-anguli)

    5. Tangan dan kaki yang lembut serta halus (mudutaluna).

    6. Tangan dan kaki bagaikan jala (jala-hattha-pado).

    7. Pergelangan kaki yang agak tinggi (ussankha-pado).

    8. Kaki yang bagaikan kaki kijang (enijanghi)

    9. Kedua tangan dapat menyentuh atau menggosok kedua lutut tanpa membungkukkan badan.

    10. Kemaluan terbungkus selaput (kosohitavattha-guyho).

    11. Kulitnya bagaikan perunggu berwarna emas (suvannavanno)

    12. Kulitnya sangat lembut dan halus / sehingga tidak ada debu yang dapat melekat pada kulit

    13. Pada setiap pori kulit ditumbuhi sehelai bulu roma.

    14. Rambut yang tumbuh pada pori-pori berwarna biru-hitam.

    15. Potongan tubuh yang agung (brahmuiu-gatta).

    16. Tujuh tonjolan (sattussado), yaitu pada kedua tangan, kedua kaki, kedua bahu dan badan.

    17. Dada bagaikan dada singa (sihapubbaddha kayo).

    18. Pada kedua bahunya tak ada lekukan (citantaramso).

    19. Tinggi badan sama dengan panjang rentangan kedua tangan, bagaikan pohon (beringin), Nigroda.

    20. Dada yang sama lebarnya (samavattakkhandho).

    21. Indera perasa sangat peka (rasaggasaggi).

    22. Rahang bagaikan rahang singa (siha-banu).

    23. Empat puluh buah gigi (cattarisa-danto).

    24. Gigi-geligi rata (sama-danto).

    25. Antara gigi-gigi tak ada celah (avivara-danto).

    26. Gigi putih bersih (susukka-datho).

    27. Lidah panjang (pahuta-jivha).

    28. Suara bagaikan suara-brahma, seperti suara burung Karavika.

    29. Mata biru (abhinila netto).

    30. Bulu mata lentik, bagaikan bulu mata sapi (gopakhumo).

    31. Di antara alis-alis mata tumbuh sehelai rambut halus, putih bagaikan kapas yang lembut.

    32. Kepala bagaikan berserban (unhisasiso).”

    Seseorang yang ingin mengklaim bahwa dirinya adalah Buddha, harus mempunyai 32 tanda ini. Muhammad tidak pernah disebutkan memiliki tanda-tanda tersebut. Kita memang tidak dapat membuktikan apakah Muhammad mempunyai ciri-ciri tersebut karena tidak ada gambaran fisik tentang Muhammad yang dilestarikan oleh umat Islam.

    Proklamasi kedatangan Buddha Maitreya

    Sebelum Bodhisattva Maitreya lahir terakhir kalinya sebagai manusia, para dewa dan Brahma akan mengumumkan kedatangannya 1000 tahun sebelumnya. Umat manusia yang pada saat itu masa hidupnya berusia 80.000 tahun akan hidup dalam penantian 1000 tahun lamanya sebelum Buddha Maitreya benar-benar lahir.

    (Seorang Calon Buddha disebut Bodhisattva sebelum mencapai pencerahan sempurna)
    Buddha Maitreya dilahirkan dan dibesarkan dalam beberapa kondisi

    · Boddhisattva akan menjadi anak dari Kepala Pendeta Kerajaan, yang bernama Subrahma, dan ibunya akan bernama Brahmavati (disebutkan dalam Visudhi Magga Bab XIII, 127)

    · Beliau akan dinamai Ajita, dan akan memiliki 32 tanda utama dan 80 tanda tambahan yang biasa dimiliki oleh Raja Dunia dan Buddha (daftar 80 tanda minor ada dalam pendahuluan Dasabodhisattuppattikatha/ The Birth-stories of the Ten Bodhisattas)

    · Kondisi kelahiran yang menakjubkan:

    Ibunya melahirkan Beliau dalam keadaan berdiri dan di dalam hutan. Bodhisattva akan dilahirkan di taman rusa Isipatana…Ia dilahirkan tanpa noda…Segera setelah lahir beliau akan berjalan ke utara, memeriksa empat penjuru, dan mengumumkan bahwa beliau adalah yang termulia di dunia…tujuh hari setelah Bodhisattva dilahirkan, ibunya meninggal dan terlahir di alam dewa Tusita.

    · Beliau akan menjalani kehidupan sebagai perumah tangga selama 8000 tahun.

    · Beliau akan mempunyai empat istana yang bernama Sirivaddha, Vaddhamana, Siddhattha, and Candaka. Ia akan mempunyai 100.000 gadis penari.

    · Istrinya akan bernama Candamukhi (Dasavatthuppakarana) dan anaknya bernama Brahmavaddhana

    Jelas sekali Muhammad tidak memenuhi semua ramalan di atas.
    Muhammad tidak mungkin lahir di hutan. Di Arab tidak ada hutan
    Muhammad tidak bernama Ajita. Ia bukan anak kepala pendeta kerajaan
    Semua Buddha segera setelah lahir langsung dapat berjalan dan berbicara, sementara tidak ada catatan Muhammad melakukan hal yang sama.
    Ibunya meninggal pada waktu Muhammad berusia 6 tahun, bukan 7 hari
    Muhammad tidak punya istana dan gadis penari, nama istri dan anaknya juga beda.

    Bandingkan dengan fakta historis Muhammad di bawah:

    Ayahnya bernama Abdullah bin Abdul-Muththalib bin Hâsyim bin ‘Abd al-Manâf bin Qushay bin Kilab bin Murrah bin Ka’b.[1]

    Ibunya bernama Aminah binti Wahab bin ‘Abd Manaf bin Zuhrah bin Kilab bin Murrah bin Ka’b.[1]

    Istrinya bernama Khadijah (dan lain-lain) dan anaknya bernama Fatimah.

    Buddha Maitreya dan pengikutnya meninggalkan keduniawian

    “He will become averse to sensual pleasures. Not looking for the unsurpassed, great happiness and bliss in seeking honour, he will go forth.”

    (Anagata-vamsa)

    “kehidupan suci akan dibina dan dipaparkan dengan sempurna dengan penuh kesucian, seperti yang saya lakukan sekarang”

    (Cakkavati Sihanada Sutta)

    Semua Bodhisattva memutuskan untuk meninggalkan keduniawian setelah mereka melihat empat tanda (orang tua, orang sakit, orang mati, dan seorang pertapa), dan setelah mereka mendapatkan seorang putra. Cerita Bodhisattva Ajita secara detil diceritakan dalam Dasabodhisatta- uddesa:

    Pada umur delapan ribu tahun, Bodhisattva akan mengendarai kereta yang mirip istana dewa dan ketika beliau pergi ke taman istana, beliau akan melihat empat tanda. Beliau akan mengembangkan perasaan tidak puas pada dunia, dan melepaskan keduniawian.

    Beliau akan mencukur rambut dan memakai jubah kuning. Bodhisattva kemudian akan pergi ke salah satu istananya. Diikuti oleh para pengikutnya (yang mencontoh beliau meninggalkan keduniawian), beliau akan duduk di bawah pohon Naga dan bermeditasi selama 7 hari sebelum mencapai pencerahan sempurna.

    Seperti Buddha Gautama yang meninggalkan keduniawian, meninggalkan anak dan istri dan menjadi pertapa, begitu pulalah yang dilakukan oleh Buddha Maitreya.

    Disini terlihat perbedaan yang sangat mencolok karena seperti yang kita tahu bahwa:

    · Muhammad tidak meninggalkan keluarganya sewaktu mendapatkan wahyu pertama

    · Muhammad tidak hidup selibat, ataupun memakai jubah pertapa, dll

    · Muhammad malah kawin lagi, mengambil 9 istri (minimal) setelah kematian istri pertamanya.

    · Muhammad mendapat wahyu di dalam gua, bukan di bawah pohon.

    · Muhammad menjadi pemimpin politik dan menguasai daerah-daerah. Hal ini juga terus dilakukan oleh penerusnya, para kalifah.

    Hal ini sangatlah berbeda dengan ramalan Buddha Gautama yang mendeskripsikan Maitreya sebagai penerusnya yang akan hidup dengan cara yang mirip dan mengajarkan ajaran yang sama.

    Satu dari teks awal yang menyebutkan Maitreya adalah teks Sansekerta, Maitreyavyakaraṇa (The Prophecy of Maitreya), yang menyatakan bahwa dewa, manusia, dan makhluk lain akan memuja Maitreya dan:

    “akan hilang rasa ragunya, dan arus nafsu keinginan mereka akan terpotong; bebas dari penderitaan mereka akan menyebrang lautan kelahiran kembali; dan, sebagai hasil dari ajaran Maitreya, mereka akan menjalani kehidupan suci. Tak akan lagi mereka menganggap apapun sebagai milik mereka, mereka tidak akan mempunyai kepemilikan, tak ada emas atau perak, tak ada rumah, tak ada keluarga! Tapi mereka akan menjalankan kehidupan suci selibat di bawah petunjuk Maitreya. Mereka akan merobek jaring nafsu, mereka akan dapat memasuki samadhi, dan mereka akan mendapat banyak kebahagiaan karena mereka menjalankan kehidupan suci di bawah bimbingan Maitreya. (Trans. in Conze 1959:241)

    http://id.wikipedia.org/wiki/maitreya
    Buddha Maitreya datang pada saat keadaan dunia berubah

    Kedatangan Maitreya ditandai oleh beberapa kejadian fisik. Lautan diprediksi akan berkurang ukurannya, yang membuat Maitreya dapat menyebrang secara bebas.

    Di dalam Buddhavacana Maitreya Bodhisattva Sutra disebutkan:

    “O, Arya Sariputra! Pada saat Buddha baru tersebut dilahirkan di dunia Jambudvipa. Situasi dan kondisi dunia Jambudvipa ini jauh lebih baik daripada sekarang! Air laut agak susut dan daratan bertambah. Diameter permukaan laut dari keempat lautan masing-masing akan menyusut kira-kira 3000 yojana, Bumi Jambudvipa dalam 10.000 yojana persegi, persis kaca dibuat dari permata lazuardi dan permukaan buminya demikian rata dan bersih”

    Buddha Maitreya memiliki fisik yang berbeda dengan manusia masa kini.

    Dikisahkan bahwa karena kebajikan mereka, manusia di masa depan akan berkembang tubuhnya. Badan mereka akan menjadi sangat besar. Badan manusia masa sekarang kecil karena banyak melakukan ketidakbajikan.

    Many details are given about the physical appearance of Buddha Metteyya. He will be eighty-eight cubits high. His chest will be twenty-five cubits in diameter. There will be twenty-two cubits from the soles of his feet to the knees, from the knees to the navel, from the navel to the collar bone, and from the collar bone to the apex of his head. His arms will be twenty-five cubits long. The collar bones will be five cubits. Each finger will be four cubits. Each palm will be five cubits. The circumference of the neck will be five cubits. Each lip will be five cubits. The length of his tongue will be ten cubits. His elevated nose will be seven cubits. Each eye socket will be seven cubits. The eyes themselves will be five cubits. The Anagatavamsa says his eyelashes will be thick, that the eyes will be broad and pure, not winking day or night; and that with his physical eye, he will be able to see large and small things all around for ten leagues without obstruction. The space between the eyebrows will be five cubits.(126) The eyebrows will be five cubits. Each ear will be seven cubits. The circumference of his face will be twenty-five cubits. The spiral of the protuberance on his head will be twenty-five cubits.

    10. Maitreya bukanlah yang terakhir

    Muslim percaya bahwa Muhammad adalah nabi terakhir bagi dunia. Hal ini ditegaskan oleh Muhammad sendiri. Namun menurut Buddhis, Maitreya bukanlah yang terakhir karena masih akan ada Buddha yang lain.

    Uttamo Metteyyo Ramo Pasenadi Kosalo ca

    Abhibhu Dighasoni ca Candani ca Subo Todeyyabrahmano

    Nalagiri Palaleyyo bodhisatta anukkamena

    Sambodhim labhanti anagate.

    Buddha Gotama predicted as follows:

    In the future (ten) Bodhisattas will attain full awakening in the following order:

    the most honourable (Ariya) Metteyya,(King) Rama, (King) Pasenadi of Kosala, (the Deva) Abhibhu, (the Asura Deva) Dighasoni, (theBrahman) Candani, (the young man) Subha, the Brahman Todeyya, (theelephant) Nalagiri, and (the elephant) Palaleya.(Anagatavamsa, bait pertama)

  • Ketidakcocokan ajaran

    1.Kelahiran kembali dan karma

    Salah satu perbedaan besar ajaran Buddha dan ajaran Muhammad adalah mengenai masalah kelahiran kembali dan Karma. Buddha Gautama dengan sangat spesifik menyatakan bahwa kelahiran kembali adalah pasti, dan lebih jauh menceritakan banyak kelahiran-Nya yang terdahulu.

    Catatan mengenai kelahiran terdahulu Siddharta Gautama ini terkumpul di banyak tempat di Tripitaka. Contohnya:
    Jataka (Theravada). Kitab yang menceritakan kisah 547 kelahiran Bodhisattva yang terdahulu.
    Jatakamala (Mahayana). Kitab Jataka versi Mahayana dengan cerita yang lebih sedikit tetapi lebih mudah dimengerti dan lebih menekankan aspirasi pencapaian KeBuddhaan.
    Sutra Tentang Yang Bijak dan Yang Dungu (Mahayana). Menceritakan banyak cerita kelahiran kembali dan hukum sebab akibat (karma) yang dialami oleh Bodhisattva maupun murid-murid Buddha pada kelahiran sebelumnya.

    Semua kitab di atas menceritakan kisah yang sama, yaitu bagaimana seorang Bodhisattva harus berjuang melalui banyak kelahiran untuk menyempurnakan kualitas-kualitas baik dan perbuatan bajiknya. Perbuatan bajik yang tidak mungkin dapat disempurnakan dalam satu kelahiran. Kesempurnaan (Paramita) yang disempurnakan melalui kelahiran yang tak terhitung jumlahnya. Kesempurnaan Berdana (Perfection of giving) misalnya, dicapai ketika Bodhisattva memberikan:

    a. Hartanya, anak-anaknya, dan istrinya (Vessantara Jataka)

    b. Organ tubuhnya (Maitribhala Jâtaka – Kisah Tentang Kekuatan Belas kasih)

    c. Hidupnya. (contoh: Vyaghri Jataka)

    Muhammad tidak pernah memberikan ajaran tentang bagaimana tidak mementingkan diri sendiri dan memberikan hidup sendiri untuk kebahagiaan orang lain.

    Apa yang diajarkan Muhammad sangatlah berbeda. Ia mengajarkan akhir jaman (kiamat) yang serupa dengan agama Kristen dan Yahudi dimana semua orang akan diadili sesuai perbuatannya pada masa hidupnya. Manusia hanya hidup satu kali. Tak ada hukum karma yang berlanjut di kehidupan mendatang.

    2. Beliau akan menceritakan Buddha Gautama secara jelas dan mendetil

    Buddha Maitreya akan secara jelas menceritakan kisah-kisah mengenai Buddha sebelumnya, termasuk Buddha Gautama. Seperti juga Buddha Gautama yang telah menceritakan secara jelas 24 Buddha sebelum Beliau.

    “He will tell the story of one of his past lives (Jataka) whenever necessary, and he will teach the Buddhavamsa (The Chronicle of Buddhas) to a gathering of his relatives.”

    Para bhikkhu, berdasarkan pengertiannya yang sempurna tentang Dhamma-dhatu, maka Tathagata dapat mengingat kembali para Buddha yang lampau. Karena ia telah mencapai kesempurnaan, telah melenyapkan semua kekotoran batin, telah menghancurkan semua rintangan, telah memutuskan lingkaran kehidupan dan terbebas dari penderitan. Demikianlah, sehingga ia dapat mengingat kelahiran para Buddha, nama mereka, keturunan mereka, keluarga mereka, panjang usia kehidupan mereka, pasangan murid utama mereka, bhikkhu pembantu mereka, kelompok bhikkhu yang datang berkumpul; maka ia dapat berkata: “Demikian itulah kelahiran dari para Bhagava, nama mereka, keturunan mereka, keluarga mereka, sila (moral) mereka, Dhamma mereka, kebijaksanaan mereka, bagaimana mereka hidup dan bagaimana mereka mencapai kesucian.”

    (Mahapadana Sutta, Digha Nikaya)

    Kenapa Buddha Maitreya menceritakan secara detil tentang Buddha Gautama? Karena mereka pernah bertemu secara langsung dalam beberapa kehidupan. Salah satu pertemuan tersebut diceritakan dalam Vyaghri Jataka, dimana Buddha Maitreya waktu itu adalah siswa senior pertapa yang merupakan kelahiran terdahulu Buddha Gautama. (At different stages of perfection two Bodhisattas may happen to be reborn at the same vicinity at some very rare moments in their life’s journey).

    Nah, Muhammad tidak pernah menceritakan Buddha Gautama dan Buddha-Buddha sebelumnya yang telah diceritakan oleh Buddha Gautama. Maka, sangatlah diragukan apakah Muhammad adalah penerus Buddha Gautama. Padahal Buddha Maitreya dengan sangat jelas diramalkan sebagai penerus garis sislsilah Buddha.

    3. Ahimsa dan cinta terhadap semua makhluk

    Nama Maitreya (sansekerta, bahasa pali: Metteya) berasal dari kata Maitri (pali: Metta) yang artinya cinta kasih. Maitreya berarti `Ia yang memiliki cinta kasih’. Seorang yang diklaim sebagai Maitreya seharusnya mempunyai cinta kasih yang sangat istimewa.

    Dikatakan bahwa ajaran Buddha Gautama menekankan pada pengembangan kebijaksanaan dan ajaran Buddha Maitreya akan menekankan pada cinta kasih. Bukan berarti Maitreya memiliki cinta kasih yang lebih daripada Buddha Gautama dan Buddha Gautama lebih bijaksana. Cinta kasih dan kebijaksanaan semua Buddha adalah sama, yang berbeda hanyalah pada penekanan ajaran.

    Tidaklah cukup mengatakan bahwa Muhammad dan ajarannya, Islam, memiliki cinta kasih, atau Tuhan agama mereka adalah Maha-Pengasih, dll, untuk menyamakan Muhammad dan Maitreya. Masalahnya cinta kasih yang dimengerti dalam ajaran Buddha tidaklah sama dengan cinta kasih yang dimengerti pada umumnya.

    Cinta kasih dalam ajaran Buddha berarti cinta kasih pada semua makhluk di dunia, bahkan terhadap serangga terkecil sekalipun.

    “Tak berbuat kesalahan walaupun kecil

    Yang dapat dicela oleh para bijaksana

    Hendaklah ia berpikir

    Semoga semua makhluk berbahagia dan tentram

    Semoga semua makhluk berbahagia

    Makhluk hidup apa pun juga,

    Yang lemah dan kuat tanpa kecuali

    Yang panjang atau besar,

    Yang sedang, pendek, kecil, atau gemuk

    Yang tampak atau tak tampak,

    Yang jauh atau pun dekat

    Yang telah lahir atau akan lahir

    Semoga semua makhluk berbahagia

    ….

    Bagaikan seorang ibu mempertaruhkan jiwanya

    Melindungi anaknya yang tunggal

    Demikianlah terhadap semua makhluk

    Dipancarkankannya pikiran kasih sayangnya tanpa batas

    (Karaniya Metta Sutta – Khotbah tentang pengembangan cinta kasih)

    Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa Muhammad bukanlah Maitreya penerus Buddha Gautama. Kenapa? Karena Buddha Maitreya seharusnya mengajarkan praktek pengembangan cinta kasih yang minimal sama dengan Buddha Gautama. Sehingga Maitreya juga akan mengajarkan cinta pada semua makhluk dan mengajarkan ahimsa (tanpa kekerasan). Pembunuhan makhluk lain akan dicela sebagai perbuatan buruk dan mengakibatkan karma negatif.

    Sementara Muhammad tidak mengajarkan hal tersebut. Bahkan membunuh manusia dan perang dalam kondisi tertentu diperbolehkan, apalagi membunuh binatang. Muhammad dikatakan menyukai beberapa binatang (contohnya Unta) dan melarang mereka dibunuh. Tetapi beberapa binatang dibunuh dengan sengaja. Contohnya, dalam Islam, ada upacara kurban yang membunuh banyak ternak yang merupakan upacara religius wajib.

    Upacara kurban sangat bertentangan dengan konsep cinta kasih kepada semua makhluk. Upacara kurban juga secara spesifik ditentang/dikritik oleh Buddha Gautama. Buddha berkata bahwa upacara kurban yang benar dan mulia adalah:

    “Brahmana, dalam pelaksanaan upacara tidak ada sapi, kambing, unggas, babi yang dibunuh atau tidak ada makhluk hidup mana pun yang dibunuh. Tidak ada pohon yang ditebang untuk dijadikan tiang, tidak ada rumput ‘Dabba’ yang disabit dan diletakkan di sekeliling tiang. Para pekerja dan pembantu atau pekerja yang bekerja, tidak ada yang diancam dengan cambuk atau tongkat, sehingga tidak ada tangisan maupun air mata bercucuran di wajah mereka. Siapa yang ingin membantu, ia bekerja; ia yang tidak mau membantu, tidak bekerja. Setiap orang melakukan sesuai apa yang ia inginkan; melakukan atau tidak melakukan. Upacara dilaksanakan dengan hanya menggunakan ghee, minyak, mentega, susu, madu dan gula.

    (Kutadanta Sutta –Sutta Pitaka Digha Nikaya)

    Dalam salah satu kisah jataka juga disinggung tentang upacara kurban dimana upacara pengorbanan hewan dikatakan sebagai hal yang sia-sia.

    4. Tentang Tuhan

    Buddhisme jelas-jelas menolak ide tentang Tuhan Pencipta. Hal ini telah berkali-kali ditegaskan oleh Buddha Gautama dalam banyak khotbah. Buddha dengan sendirinya juga menolak metode-metode agama lain yang menawarkan penyatuan dengan Tuhan. Tuhan di India waktu itu dipanggil dengan nama Brahma. Contoh hal ini ada di Tevijja Sutta (khotbah tentang tiga pengetahuan) dimana Buddha mengkritik metode-metode Hindu yang dikatakan dapat membawa penyatuan dengan Brahma. Definisi Buddhism tentang Tuhan sama sekali berbeda dengan definisi agama lain

Iklan

118 Tanggapan to “MUHAMMAD DALAM AGAMA ZOROASTER & BUDHA”

  1. aku_waras said

    halah gak usah jauh2…
    klo memang ALKITAB BENAR mengapa harus ada ayat2 kontroversi, ayat2 PORNO, diedit2 terus…. kalo anda bs mjawab pertanyaan ini dgn BENAR N MEYAKINKAN maka silahkan teruskan blog anda….

  2. kosongan said

    @aku_waras
    hehehehe ini membicarakan muhammad dalam zoroester dan buddha, bukan bicara alkitab yang jelas2 saya masukkan dalam kriteria yang tidak berhubungan dengan kristen sama sekali …. justru kalo anda jago dan ngerti agama anda kenapa anda tidak mencoba melakukan sesuatu tentang pembelaan kaum buddhist itu hehehehe masak cuma bisa melawan kristen aja ^^

  3. benjo said

    semua orang selalu meng claim bahwa ajaran agamanya lah yg paling benar(termasuk saya).
    Tapi sebaiknya kita tdk usah mempermasalahkan masalah ini,asalkan di hati kita sdh yakin kalo ajaran yg kita anut itu benar….,ya…sdh…jgn ganggu2 lagi ajaran / agama lain…
    Budha,Kristen,Islam…semuanya mengajarkan kasih sayang dan saling hormat-menghormati dan tolong menolong….jadi janganlah kita mencari musuh/masalah melalui forum/cara seperti ini.
    Marilah kita tingkatkan iman ketakwaan kita,bersatu untuk membangun negeri ini,dan jangan saling terpecah….yg rugi kita sendiri nantinya….
    Semua Agama pasti mengajarkan kebaikan…..

  4. kosongan said

    @benjo
    trimakasih sebelumnya atas komentarnya …
    “semua orang selalu meng claim bahwa ajaran agamanya lah yg paling benar(termasuk saya).”pandangan saya …. argumen anda saya rasa tidak benar …. buktinya banyak orang yang pindah agama

    saya membawa pandangan ini dalam forum bukan untuk dipermasalahkan, saling membenci,dan sling menjatuhkan ……. saya ingin tahu kebenaran dengan saling cross cek saja ….. saya menghormati kebenaran, menolong orang yang layak ditolong, dan tidak mencari musuh, saya mencari kawan berbicara dan tukar pendapat agar kebenaran dapat terungkap dengan tidak membawa informasi yang simpang siur dengan tidak tahu kebenarannya … yang bila dibiarkan lama kelamaan jadi membudaya dan bisa kacau dan tidak murni lagi kebenaran itu … dan hasil akhirnya jadi bukan lagi kebenaran tapi kebenaran yang terkontaminasi …. efeknya … berarti bernilai salah

    bila anda merasa forum yang saya buat adalah mencari masalah … maaf .. berarti anda membiarkan kebenaran terkontaminasi menjadi salah … tolong di cek kembali kebenaran yang anda yakini … karena mungkin ada masalah disana … sekali lagi tolong di murnikan ajaran yang anda yakini

    silahkan meningkatkan iman dan ketakwaan anda, karena itu baik

    silahkan membangun negara yang tidak terpecah belah … karena itu baik dan benar…. saya setuju sekali dan mendukung itu

    tetapi saya tidak melihat ada benang merah antara iman dan ketakwaan dengan membangun negara ….karena tanpa iman dan ketakwaan … negara dapat berkembang dan bersatu … buktinya USSR yang perpecahannya bukan karena tidak ada ketakwaan dan iman , melainkan perang

    semua agama mungkin mengajarkan kebaikan … tetapi tidak semua agama dapat diamalkan menjadi kebaikan

    mau bukti ??? perang salib,bomb bunuh diri oleh orang yang mengaku membela agama, dan banyak lainnya

  5. aditya said

    Men…loe kalo mau debat agama belajar dulu akar sejarahnya…seperti apa corak ajarannya…dan karakteristik agama aryan atau semitya…karena sesungguhnya hanya ada 2 jenis agama didunia ini (sama sama ras hidung panjang…hehehe India di arya…yahudi & arab di semit )jadi kalo orang budha nggak ato belom belajar sejarah india komplit…jangan ngomong bro…salah lo

  6. kosongan said

    @aditya
    ok man maap kalo aku salah ^^ tapi setiap manusia kan berhak untuk berpendapat kan, mungkin anda benar kalau agama perlu di pelajari dari akar sejarahnya dan corak serta karakteristiknya … namun bagi saya hal itu hanya untuk dapat membedakan mana yang dapat di pelajari secara nalar, seecara keimanan dan secara sejarah dan budaya …. dan dari semua itu memiliki level nya masing2 karena pemahaman pun berbeda2

    btw sorri bro gue kagak tahu lo komentarin yang mana dan arahnya kemana hehehe seperti yang lo bilang neh …. salah gue kalo komentar tapi gak tau sejarahnya(dasar pembicaraan) coraknya, karakteristiknya … ^^
    jadi … kalo komentar yang jelas tolong jelasin dunk mana yang loe komentarin ^^ supaya gue jawabnya gak salah

  7. salman_farizzi said

    komen nya kok pada ngawur yah,,
    ini ngulasnya apa yang di komment nya apa…. walaahahhh

  8. kosongan said

    ^^ ngawur kalo masih mau belajar itu baik loh …. itu tugas buat yang merasa dirinya ada dalam pengertian yang benar … untuk mengarahkan

  9. salman_farizzi said

    ^^ ya tetep aja jd gak nyambung ma Posting awalnya ^^ kalo gk bkin lg aja posting yang lain khusus ngawur2an hehe… eh Kok gak liat Posting Wedul gembes yaH?? dia kmana??

  10. kosongan said

    orang bebas berbicara bung ^^ waduh saya belum pernah jadi kerabatnya nih ^^ atau sohibnya jadi gak tahu dia dimana

  11. salman_farizzi said

    ^^ belum pernah jadi sohibnya?? pernah loh jadi sohib debat.. hehe^^

  12. wedus said

    postingan yang bagus sekali mas..
    claim2 belakangan ini sering bikin rusuh..
    jalan satu2 nya adalah dibahas sampai tuntas..
    biasanya claimnya main tebang pilih, kalo dibantah marah2..

  13. gios said

    keren bro 🙂 gw suka sama tulisan dan komentar2 lo!!! banyak yg bisa gw pahami tapi terlepas dari itu semua gw sebagai umat nasrani walau gw sendiri bukan seorang ahli alkitab, hanya 1 yg gw pegang dan mungkin dari keterbatasan pengetahunan gw dasar dasar dari semua agama yaitu “Cinta kasih kepada tuhan dan sesama (Vertical & horizontal)dimana kita menjaga keselarasan hidup dan semesta”… ga ada yg dapat gw komentari cuman gw mo ucapin terima kasih atas tulisan lo ini 🙂 trus berkarya untuk pencerahan yg murni “salam sejahtera” – gios

  14. salomon said

    Yg penting mah bro sekarang ibadah aja yg bener sesuai agama masing2,nih dunia mulai2 pada gerah tar tau2 aja meledak dehhh

  15. sabil said

    kenapa pada ngga bisa menghargai perbedaan,kita diciptakan dari laki2 dan wanita,dan menjadi suku2 dan bangsa2 yang berbeda,untuk saling mengenal dan menghormati.

  16. kosongan said

    @ wedhus
    hehehe orang yang rusuh hanya orang yang gak menggunakan akal budhi nya untuk berfikir ^^

    @ gios
    baik bagi anda yang mengerti apa yang orang lain jelaskan , karena anda dapat mengenal orang tersebut dari apa yang difikirkan

    @ salomon
    maaf saudara saya tidak sependapat dengan anda, yang penting bukan ibadah tapi menata hidup jadi lebih baik dengan mengerti baik dan buruk, serta mengenal siapa yang disembah

    @ sabil
    benar kata anda kalau perbedaan ada untuk di hargai dengan saling mengenal, namun terkadang menjaga perbedaan bukan dengan saling berdiam, tetapi adak alanya harus diutarakan tentang apa yang dirasakan, bahkan terkadang bisa jadi lebih baik di bentrok kan itu juga opsi pengenalan yang kurang mulus

  17. sudiantoro said

    Maaf…dari pada berlarut-larut, begini saja…kul yaa aiyuhal kafiruun, laa a’budhu maa ta’ budhuun, walaa..antum abidunamaa a’bud, walaa ana’a bidhummaa abadtum, walaa antum abidunamaa a’bud, lakum dinukum waliyadiin.

  18. kosongan said

    @sudiantoro

    trimakasih sudah datang menjenguk dan berkomentar , tapi sayang saya tidak mengerti makna dan kata2 anda

  19. kang said

    @kosongan
    maaf sbenarnya yg nulis postingan diatas bukan anda ya?
    Truz kalo anda yg nulis, masak ga taw apa arti yg disampaikan mas sudiantoro? Hehehe.. Bingung gwe..
    @all
    setelah kita mati, kita akn tau siapa sebenarnya yg benar…
    @atas yg komen.nya panjang2
    apakah anda yakin, kalo kitab yg kalian translit itu masih sama seperti kitab buda yg pertama?

  20. kosongan said

    @kang
    sudah saya sebutkan sumber yang saya kutip ^^ … jadi jeals bukan saya yang nulis hanya saja saya melihat menarik tukar pikiran mereka makannya saya tidak mengerti apa yang dikatakan sudiantoro … bahasanya tidak universal dan bisa banyak ambigu kalo diartikan takutnya ^^ yang dapat menyebabkan kesalahan

    masalah kematian itu nanti .. tapi kalo memang benar akan selalu benar dari dahulu hingga sekarang maupun kapan pun

    kang saya tidak mengerti dengan jelas pertanyaan anda tentang “kitab buddha pertama”
    bila anda merasa buddha menulis kitab …… anda salah karena …. sang buddha tidak menulis kitab ….. tetapi kitab di buat setelah wafat beliau dan di prakarsi oleh murid terdekatnya anda bisa baca disini http://id.wikipedia.org/wiki/Tipi%E1%B9%ADaka

    kalo menurut anda kitab tripitaka pertama …… hal itu sudah di jawab setelah 1 abad pengumpulan ajaran sang buddha secara lisan … dimana akan diubah namun sudah di tanggulangi dengan membukukannya

  21. kang said

    hehe sory jk slh…coz sbenrnya gwe msh oon
    Oya benarkah agama budha ga punya tuhan? http://id.m.wikipedia.org/wiki/Tuhan_dalam_agama_Buddha?wasRedirected=true
    lalu ktika beribadah siapakah yg dsembh? Pdahal mereka mengklaim bahwa bukan patung yg mreka sembah..
    #masalah kematian itu nanti .. tapi kalo memang benar akan selalu benar dari dahulu hingga sekarang maupun kapan pun#
    memang kebenaran akan selalu benar, tp orang yg menilainya terkadang dg cara subyektif bukan obyektif.
    Bagaimana mungkn seseorang menemukan kebenaran jika dia selalu menoleh (mengingkari) kebenaran trsebut coz ga sesuai dg pikirannya.
    #yg disampaikn mas sudiantoro adalh salah satu surat Al Qur’an. Yg diturunkn ktika Nabi Muhammad diajak kaum kafir kuraisy untk brtoleransi dalam menyembah Tuhan.
    Yg intinya, umat Islam tdk akan menyembah tuhanya org kafir, begitu jg sebaliknya. Agama kalian adalah agama kalian dan agamku adalah agamaku.

  22. kosongan said

    agama yang ada di indo semua yang memiliki patung untuk “disembah” intinya memang bukan menyembah patung, tetapi menjadikan patung ntuk memfokuskandir menyembah sesembahannnya dan juga sebagai arah merea berdoa…… sama halnya islam memuiliki kiblat mekah ….. kalo anda merasa yang disembah buddha , hindu, kristen, katolik adalah patung,maka islam menyembah mekah … tentu tidak kan ^^

    kebenaran akan selalu bernilai sama … benar tetaplah benar., tetapi bila diingkari berarti orang tersebut yang tidak benar … seperti kata ana orang tersebut yang “menoleh”

    thx sudah mengartiknnya ^^ tapi bkannya aneh bila sudiantoro mengatakan hal itu di sini .. topiknya justru orang muslim yang berusaha memaksakan nabi dalam kepercayaan lain

  23. azizul said

    Kamu jangan terlalu mengkaji dan meletakkan Nabi Muhammad s.a.w itu seolah-olah ugama Zoroster atau Buddha ada ugama yang sebenar sama atau lebih baik dari Islam..Bertaubat lah KAMU…
    moga Allah ampunkan kamu

  24. kosongan said

    @azizul
    maaf sebelumnya saya jelaskan …….. lagi ….. kalau saya tidak menulis sendiri artikel diatas jadi saya tidak meletakkan nabi dalam posisi tersebut, penulislah yang dengan bangganya melakukannya agar terlihat muhamad exist dalam dunia rohani di luar area timur tengah
    …. sekali lagi BUKAN SAYA

    lalu kalo saya tidak mengenal tuhan … unuk apa saya bertobat …. kata2 apa itu dan maknanya apa
    kalo saya berketuhanan selain muslim ….. untuk apa saya bertobat karena hal ini ????? dan mengapa yang harus mengampuni tuhan anda
    kalo saya muslim yang membanggakan nabi hingga membuat artikel ini ….. saya bangga dan melakukan syiar … mengapa saya harus bertobat
    kalo saya muslim seperti anda ….. benar kata2 anda , maafkan saya dan saya akan bertobat
    ^^ intinya siapa saya dan untuk apa saya melakuan ini adalah saya ingin menggali apa yang ada pada pembaca … termasuk seperti anda

  25. sunan kalijaga said

    hakikatnya islam dan budha sama saja.
    agama islam ada 3 pembelajaran
    1.Syariat(aturan)
    2.Toriqot(lelaku)
    3.makrifat(hakiki/pengetahuan ttg jati diri dan Tuhan)
    perlu diketahui pembelajaran diatas hanya di pelajari oleh orang tasawuf/ orang kebatinan Islam,kebanyakan org Islam skrg hanya mempelajari syariat saja,shg Islam cenderung extrem dan mengkafirkan agama lain.
    dalam menyebarkan agama Muhammad memberikan pelajaran sesuai kemampuan masyarakatnya.ada yg cuma syariat atau sampai pada tahap hakikat.
    utk masalah reinkarnasi,sbnrnya dlm Al Quran tercantum beberapa kali,salah satunya (manusia akan dikembalikan kepada keadaan paling lemah) kebanyakan orang Islam skrg menafsirkan hal tsb merupakan proses seseorang mjd tua. tapi perlu diketahui keadaan paling lemah manusia bukan manula akan teyapi Bayi,karena bayi dan manula jika dibandingkan tentu saja manula lebih kuat.
    Inti dari agama islam adalah Innalillahi wa innailaihi Roji’un/ sgalanya dari Allah dan akan kembali ke Allah juga.
    jadi sebenarnya menurut org tasawuf/kebatinan Islam surga dan neraka bisa di persepsikan bukan tujuan akhir,tujuan akhirnya adalah bersatu kembali padaNYA.
    di dalam Al Quran pun setelah penggambaran Surga tertulis “itulah Perumpamaannya”.
    Akan tetapi sebagian ulama Tasawuf sangat berhati2 dalam menyebarkan ajaran Makrifat,krn menurutnya bisa menyesatkan orang awam/org yg tdk mau mendalami makrifat itu sendiri.krn ajaran makrifat memerlukan pemahaman mendalam tidak setengah2 krn bisa membahayakan.saya kira sgini dlu penjelan saya. utk lbh jelasnya baca saja artikel2 ttg tasawuf.pada akirnya pasti anda akan berfikir inti ajaran Islam atau Budha sama saja.

  26. wahaha pada ribut aja lo umat beragama, duduk bareng kita minum teh aja lah

  27. kosongan said

    @azizul
    bagaimana pendapat anda tentang respon sunan kalijaga

    @sunan kalijaga
    kenapa pendapat anda cenderung berkebalikan dengan azizul
    jujur saya lihat secara logika azizul lebih masuk karena adanya perbedaan yang cukup mencolok dari yang anda bandingkan dengan buddha…. sebab buddha tidak membahas tentang tuhan dimana dari a sapai z tidak ada tuhan dilibatkan yang ada hanya orang2 suci yang mencapai penerangan sempurna

    saya baru tahu kalau islam ada reinkarnasi …

    “itulah Perumpamaannya” apakah hal tersebut berarti bahwa di islam surga dan neraka hanya perumpamaan ????

  28. ar-ht said

    ada agama yg didalam kitabnya diizinkan membunuh, tidak boleh menerima pendapat yg lain, memperbolehkan mengawini budaknya, dan urutan pengajaran kitab yg tdk sistematis, cerita yang dibuat buat. dan lain sebagainya

  29. pahe said

    salam sejahtera indonesiaku…aku suka forum diskusi kayak gini…asal jangan pake emosi…aku orang bodoh ingin bertanya pada pemilik blog ini…sebenarnya manusia itu apa?apakah manusia itu ada dengan sendirinya atau ada yang menciptaknnya?saya juga ingin tanya..apa dalam agama budha mengenal TUHAN?

  30. pahe said

    oh maaf…
    aku ndak tau ternyata yang punya blog ini baru mencari ” PENCERAHAN ” tah…
    aku kira njenengan beragama budha…
    maaf seribu maaf, karena aku cuma baca postingan yang lagi dibahas, tanpa tahu siapa njenengan
    setelah aku melihat tentang sampeyan, aku baru tahu kalo sampeyan belum punya keyakinan yang tetap..
    kaitannya dengan pertanyaan saya sebelumnya, tolong dijawab setau sampeyan aja..
    matur nuwun..

  31. kosongan said

    @ ar-ht
    boleh tau agama apa ??? dan atas dasar apa anda menyatakannya

    @pahe
    no problem ^^
    anda tidak tahu saya, saya tidak tahu anda, bahkan tidak ada yang benar2 tahu siapa diri mereka sendiri kok ^^ … jadi mudah terjadi kesalahpahaman

    manusia : sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi yang memiliki jiwa untuk hidup (serta memiliki roh untuk mengenal penciptanya bagi yang percaya penciptaan)

    bila anda orang percaya maka jawabannya adalah manusia di ciptakan
    bila anda orang yang atheis jawabannya adalah ada dengan sendirinya

    tuhan itu ada tapi tidak dibahas karena buddha membicarakan sampai mencapai penerangan sempurna

    ^^ memang saya menjawab pasti setahu saya karena kalo saya tidak tahu bukankah itu jawaban kosong ^^ kalo salah tolong di koreksi ^^ karena tidak ada orang yang benar2 tahu segala hal sampai detail ter dalam

  32. pahe said

    jawaban yang bagus…apa sampeyan punya hati ( tempat segala bersitan datang, tempat dimana manusia mengolah makna )…jika anda punya, saya ingin bertanya pada sampeyan…anda memilih jawaban yang mana tentang ari manusia, jawaban yang paling mendekati dengan suara hati anda ( sekali lagi jika anda punya hati, bukan sekedar akal logika )

  33. pahe said

    terlepas dari pertanyaan saya diatas, saya ada sedikit gagasan jika salah mohon dikoreksi
    pemikiran saya ini berkaitan dengan pencarian yang sedang sampeyan jalani…
    saya akan menggunakan ” analogi / pemisalan ”
    ada seorang raja disuatu negeri…yang karena begitu luasnya wilayah negeri tersebut maka tidak setiap peduduknya mampu mengenal raja tersebut. baik bagaimana rupanya maupun dimana ia tinggal, bagi yang tidak mengerti tentang rajanya biasanya mereka hanya mendapatkan cerita turun temurun dari orang – orang yang pernah berjumpa dengan raja, baik secara langsung di kerajaannya, dijamu sendiri oleh raja sehingga benar benar mengerti perangai sang raja. maupun hanya pernah berjumpa secara tidak sengaja dalam suatu acara. sehingga cerita yang berkembang di tengah-tengah penduduk, yang menceritakan pribadi sang raja sangatlah beragam, yang disebabakan oleh satu hal tersebut diatas, yaitu : kadar kedekatan sumber berita dengan sang raja.
    hingga pada suatu hari karena alasan yang begitu mendesak sang raja ingin semua penduduknya hadir dihadapannya. kemudian raja mendata setiap warga negerinya satu persatu dengan sangat teliti hingga diyakini tak ada yang terlewat sedikitpun. setelah data terkumpul dibuatlah undangan bagi masing2 warga baik tua maupun muda, setiap kepala satu undangan, dimana nantinya berfungsi sebagai bukti kehadiran dipertemuan tersebut. raja juga telah menyediakan angkutan yang akan menjemput setiap warganya beserta sang sopir yang telah ditunjuk oleh raja sendiri, dan raja berjanji bahwa kendaraan itu tidak akan pernah kurang / overload untuk menjemput warganya sehingga penduduk tidak perlu khwawatir. ada beberapa kendaraan yang telah disiapkan dengan nama dan warna yang berbeda. setiap kendaraan manjalani rute yang berbeda pula. tetapi raja telah memaklumatkan bahwa setiap warganya bebas memilih dengan kendaraan mana ia akan menghadiri pertemuan tersebut.kemudian tibalah undangan disebar dimana hari pertemuan telah ditentukan. kemudian kendaraan yang dijanjikan sang raja juga telah dioperasikan.setiap warga mempunyai pilihannya sendiri, dengan kendaraan mana ia akan berangkat. akhirnya semua penduduk pergi memenuhi undangan sang raja dengan menumpang kendaraan yang telah disiapkan oleh sang raja, walaupun tak sedikit juga yang berangkat sendiri berbekal informasi / pengetahuan yang mereka miliki tentang dimana letak kerajaan sang raja.
    yang perlu diperhatikan disini :
    1. setiap penduduk memiliki informasi / pengetahuan yang berbeda tentang sang raja.
    2. setiap penduduk memiliki tingkat kepercayaan yang berbeda mengenai keadaan sang raja, sehingga ada yang fanatik dengan pendapatnya, tetapi ada juga yang masih menganggap bahwa itu sebatas pengetahuan yang belum mutlak kebenarannya sampai mereka menyaksikan dengan mata kepala sendiri akan raja yang selama ini dia hormati
    3. setiap kendaraan adalah benar milik sang raja, dan setiap sopirnya adalah orang kepercayaan sang raja. meski setiap kendaraan memiliki karakter sendiri sendiri, dan setiap sopir memiliki karakter yang berbeda pula.
    yang menjadi masalah adalah ketika :
    1. penduduk mulai melakukan perjalanan dan mengamati laju kendaraan, cara mengemudi sang sopir, keadaan kendaraan mulai dari kursinya, ACnya, jendelanya apapun seisi kendaraan mereka perhatikan. tapi mereka lupa satu hal bahwa kendaraan dan sopir ini asli milik raja.
    2. penduduk mulai berbeda pendapat dan menjurus pada perselisihan, ketika mereka mengamati bahwa arah kendaraan tidak sesuai dengan apa yang mereka yakini selama ini. mereka mengira sopir akan membawa mereka tidak pada tujuannya yaitu bertemu sang raja sehingga mereka mulai beraami-ramai memaksakan pendapatnya kepada sang sopir dan mendebanya dengan pengetahuan yang mereka miliki. beruntung jika mereka memiliki seorang penumpang yang arif sehingga mampu mendamaikan perselisihan.
    3. penduduk sama sekali tidak percaya dengan pengetahuan sang sopir sehingga mereka membuangnya ditengah jalan dan mengemudikan kendaraan sesuai dengan keinginan mereka sendiri.
    4. ada sebagian pedduduk yang tidak tahan melihat perselisihan akhirnya mohon ijin turun untuk mencari kendaraan yang lain
    5. semakin banyak orang yang turun dari kendaraan karena menganggap sopirnya gila, arah kendaraan tidak sesuai dengan bayangan mereka. tetapi ada juga kendaraan yang benar-benar nyaman karena penumpangnya pasrah dengan pengetahuan sang sopir meskipun kadang pengetahuan mereka tak mampu menjangkaunya.
    6. diluar kendaraanpun tak kalah ramai, para penduduk masih berdebat mengenai raja mereka dengan membangga-banggakan pengetahuan masing2, sehingga keadaan mereka tak jauh beda dengan penumpang bodoh yang telah menguasai kendaraan sang raja.

  34. pahe said

    saya akan menyingkatnya saja…hingga pada akhirnya, hari pertemuan telah tiba. setiap kendaraan yang selamat mulai berdatangan, dan pendataan tamu mulai dilakukan, setiap penduduk memperlihatkan undangannya. hingga akhirnya data semua penduduk yang hadir dilaporkan sang raja. raja heran kenapa hanya sebagian penduduk yang dapat hadir dihadapannya ( meskipun dengan kebijaksanaannya raja sebenarnya tau apa yang terjadi ) kemudian raja bertanya kepada penduduk apa sebenarnya yang telah terjadi, dengan kompak penduduk menjawab : mereka tidak mempercayai utusanmu wahai baginda junjungan kami. raja tersenyum dan tidak marah. kemudian beberapa orang dekat raja memberanikan diri berkata pada raja ” ijinkan kami menjemput sebagian orang-orang yang kami kenal yang belum sampai di tempat ini dengan kendaraan khusus “..

  35. kosongan said

    @ pahe
    ………………. hik sepertinya saya gak punya hati ….. karena
    saya mengerti pembicaraan dan mengapa hal tersebut terjadi tapi saya tidak mengerti arah dan tujuan anda berbicara hal tersebut … boleh di perjelas ????

  36. pahe said

    hehehehe…masa sih anda tak punya hati…padahal banyak lho yang berlomba-lomba mengaku punya hati, tetapi ternyata itu hanya omong kosong ( bukan ” kosongan ” lho…)…bagus lah sampeyan tidak mengaku punya hati, karena setiap pengakuan membutuhkan pembuktian…
    ” saya tidak mengerti arah dan tujuan anda berbicara hal tersebut … boleh di perjelas ???? “…..bagian mana yang harus saya perjelas….terima kasih

  37. kosongan said

    @ pahe
    buat apa hati kalo tidak dirasakan, diresapi dan di fikirkan
    bagian yang perlu diperjelas ……… ya tentang cerita diatas yang anda paparkan
    dilihat dari cara anda berbicara dan bertutur kata anda orang jawa yang suka filsafat dan suka bercerita ^^
    apakah anda seorang “guru” ??? kalo boleh tahu

  38. pahe said

    “buat apa hati kalo tidak dirasakan, diresapi dan di fikirkan”…kalo menurut saya ungkapan anda ini kurang tepat, menurut saya seharusnya ‘hati’ yang aktif melakukan pekerjaan ” rasa, resap, dan pikir ” sehingga kalimatnya menjadi “buat apa hati kalo tidak merasakan, meresapi dan memikirkan…
    saya bukan guru…dan saya juga bukan murid…kalo orang jawa mungkin iya, karena selama ini saya tinggal di jawa….bukankah manusia itu memiliki keterbatasan dalam memahami sesuatu, maka dengan cara berceritalah suatu maksud bisa sedikit tersampaikan…kalo boleh saya sedikit berkeyakinan ( ini cuma insting saya lho, maaf kalo salah ),sampeyan sebenarnya paham dengan maksud dari cerita saya di atas…

    ngomong-ngomong niy…saya sudah jawab sedikit pertanyaan sampeyan, tapi kok rasanya saya belum mendapat jawaban dari sampeyan tentang manusia dari versi keyakinan sampeyan ” apakah diciptakan atau ada dengan sendirinya “…sampeyan sedang melakukan sebuah pencarian, tentu setidaknya sudah memiliki sedikit modal ( meski dalam hal ini pemberiaNya, tapi anggaplah itu modal anda ) tentang arti manusia yang anda yakini ( terserah itu benar menurut orang lain ato tidak )…mohon jawabannya nggih..matur nuwun..

  39. pahe said

    engkau yang dulu begitu bersemangat..tenggelam dalam euforia…
    tapi kini seolah lesu
    dimana semangatmu…dimana gairahmu..
    apa semangat dan gairahmu yang dulu..
    hanya alat untuk membenarkan dirimu
    dan menyalahkan selainmu..
    ataukah telah kau temukan apa yang kau cari..
    tapi bukankah ketika kau temukan apa yang kau cari
    seharusnya kau lebih bergairah…

  40. kosongan said

    @pahe
    menurut saya semua benar
    generasi awal semesta awalnya di ciptakan … selanjutnya terjadi dengan sendirinya karena penciptaan terebut memiliki susunan yang rumit sehingga mampu berkembang …. secara fisik
    secara jiwa … manusia selalu diciptakan
    atheis gak salah tapi juga gak sepenuhnya benar … begitu juga kaum theis

    masalah hati ….. inilah bedanya ^^ anda melihat hati yang wajib melakukan … sedangkan menurut saya justru hati itulah landasan karena dengan tiak adanya hati semua itu tidak ada maknanya

    tentang pengertian tersebut … saya tidak menjawab ya dan tidak … karena saya tidak mengetahui jalan pemikiran saudara maka dari itu saya berharap anda menjelaskan nya

    wah … saya tidak bisa berpuisi ^^
    semangat tidak dapat menyalahkan orang tapi kebencian atau dengan aturan yang adalah yang mampu menyalahkan orang
    semangat tidak dapat membenarkan diri karena kebenaran ada berdasarkan kesepakatan atau dengan sendirinya
    hanya ego yang mampu melakukan pembenaran diri dan menyalahkan orang

    memang sama2 bergairah tetapi gairahnya berbeda .. .semangat kecenderungan untuk motifasi diri sedangkan ego untuk membenarkan diri dan menjatuhan orang

    ^^ salam btw sepertinya kita salah ngobrol begini karena tidak sesuai topik ….. bisa kita buat topik baru … dan saya minta saran tentang topik dan gambaran apa isinya

  41. pahe said

    salam, saya sebenarnya lebih tertarik pada status anda sebagai seorang ” pencari ” sehingga saya tergelitik untuk urun rembug…jadi maaf jika apa yang saya tulis jadi tidak sesuai dengan topik..
    ” masalah hati ….. inilah bedanya ^^ anda melihat hati yang wajib melakukan … sedangkan menurut saya justru hati itulah landasan karena dengan tidak adanya hati semua itu tidak ada maknanya…” hehehe,menurut saya mungkin ini topik yang bisa didiskusikan…bagaimana ???

  42. kosongan said

    @pahe
    tentang “pencari” status ini dapat melekat pada siapun dan tidak ada spesialnya …. karena seorang yang bijak adalah “pencari” yanng bersemangat untuk maju
    justru orang yang berhenti menjadi “pencari” lah yang akan mengalami kebosanan
    boleh juaga topiknya,tetapi akan saya pikirkan dan aya godok dahulu… maaf aan makan waktu agak lama

  43. pahe said

    ..yah benar, harusnya kita semua adalah seorang pengembara yang tengah dalam pencarian…tidak ada puncak seperti gunung atau bangunan yang tinggi dalam pencarian ini, orang yang merasa telah mencapai puncak sebenarnya tertipu, jika dia kemudian berhenti dalam episode pencarian ini…semoga kita selamat dalam pencarian ini….saya kira saya tidak akan terlibat terlalu jauh dengan apa yang anda cari, semoga anda menemukan apa yang anda cari, dari persepsi yang paling benar ( meski persepsi ini tidak akan pernah ada didunia ini ), bukan kebenaran dari persepsi hawa nafsu yang liar…
    terima kasih atas perkenalan yang tanpa sengaja ini…maaf bila ada salah kata

  44. Radek Barbossa said

    pada kesempatan kali ini saya hanya ingin memakai logika, dimana sejarah mencatat islam merupakan agama baru sehingga dpt dimungkinkan bila islam mengadopsi ajaran agama lain itupun bersifat segenealogi (yahudi,kristen,Islam). mengenai perpndahan agama oleh seseorang, scr pribadi itu tidak masalah (bahkan bila seseorang tiap hari ganti agama) karena secara logka tuhan takkan marah, kan apapun agamanya pasti memuja tuhan. melalui diskusi ini saya hanya mengingatkan bahwa dgn adanya islam, budaya ind tergerus oleh budaya arab karena orang jawa tak lagi pake batik n blankon, malah pake peci dan baju koko dsampng itu huruf jawa sudah tak sepopuler huruf arab . dg adanya islam, orang ind melupakan kekaisaran majapahit yang agung. Islam muncul dari peradaban bangsa yang rendah yaitu arab saudi, beda dgn hindu yang muncul di india yang merupakan salah satu peradaban tua di dunia. untuk orang ind, memeluk islam merupakan langkah tak tepat hal ini dikarenakan peradaban ind yg maju dengan bukti candi borobudurnya mengimpor ajaran dr peradaban sebuah bangsa yang lebh rendah yaitu islam yg berasal dr arab saudi.

  45. kosongan said

    @Radek Barbossa
    ^^ salam
    dari pernyataan anda bisakah saya simpulkan dalam pandangan anda berarti islam merupakan agama adopsi dari agama sebelumnya ???
    “karena secara logka tuhan takkan marah” bagaimana mungkin tidak marah bila agama yang mencerminkan tuhan yang berbeda dari dirinya yang menciptakan
    “apapun agamanya pasti memuja tuhan” berdasarkan yang aku pelajari selama ini setiap agama mendefinisikan tuhan yang berbeda …..
    “Islam muncul dari peradaban bangsa yang rendah yaitu arab saudi” saya kurang setuju …. dalam hal ini kita harus bandingkan dengan jaman munculnya islam, dimana arab merupakan jalur dagang ….. meskipun itu tidak ada buktinya, tetapi setidaknya yang pasti arab merupakan negara yang memiliki kekuasaan yang luas karena negara arab jamn itu terkenal dengan kekerasaannya ….. singa padang pasir ^^

  46. pahe said

    salam sejahtera…semoga mas kosongan sehat selalu dan masih tetap diberi kekuatan untuk mencari kebenaran ” sejati “…saya iseng-iseng mengintip blog sampeyan lagi, dan ternyata ada yang mengusik naluri saya untuk berpendapat, yaitu postingan saudara Radek Barbossa, menurut saya justru beliau sedang tidak menggunakan logikanya tetapi sedang menggunakan sebagian emosinya atau mungkin seluruhnya…entah apa pemicunya sehingga beliau berpendapat demikian…
    yang perlu disadari adalah bahwa agama dan budaya itu adalah sesuatu yang sangat berbeda, ketika seseorang masuk suatu agama tidak serta merta orang itu harus mengikuti budaya dimana agama itu dilahirkan.
    disini mas radek barbossa hanya melihat segelintir orang dari suatu agama untuk menilai sedemikian banyak orang lain yang berada diagama tersebut, sangat tendensius sekali aromanya…
    jadi sebelum berbicara atau berpendapat mohon dijaga emosinya…sehingga nada yang timbul merupakan bentuk suatu perenungan yang dalam dan sarat makna.
    sedikit saya komentari pendapat beliau
    1. tentang batik, ambil contoh…yang paling gampang : KH.Abdurarahman Wahid/Gus Dur( menurut saya, tokoh ini banyak dikenal oleh tokoh lintas agama, tapi kalau mas Raden barbossa tidak mengenal juga gak papa, nanti bisa tanya orang lain )coba anda hitung dengan jari…kalkulator juga boleh, berapa perbandingan beliau menggunakan busana muslim di banding dengan beliau memakai Batik. Beliau orang Islam, beliau orang Jawa, tapi tetap tidak ketinggalan memegang budayanya. dan masih banyak orang islam yang lain, yang memegang budaya jawa. agama adalah olah hati dan olah laku yang sudah ditentukan Tuhan melalui perantara Nabi2 pilihanNya. sementara budaya adalah norma masyarakat yang berkembang sesuai tempat yang merupakan hasil kesepakatan masyarakat.
    2. kenapa anda harus membedakan mana peradaban yang tinggi dan tidak, bukankah semua manusia itu rendah dihadapan Tuhan dan hanya DIA yang Maha Mulia
    3. jika Islam dinilai tidak toleran dengan agama sebelumnya, anda juga tidak tepat, contoh mudah saja. Anda pernah ke daerah Kudus, disana dilarang menyembelih sapi sebagai penghormatan kepada penduduk setempat yang beragama hindu, siapa yang melarang? seorang wali penyebar agama islam ” Sunan Kudus “.
    4. jika anda generalisir seperti itu, setiap agama adalah sama, itu juga kurang tepat…bagi sebagian orang yang mau memahami mungkin itu bisa benar, tapi bagi orang fanatik maka ” agama saya bukanlah agamamu, agama saya berbeda dengan agamamu” dan kita juga tidak bisa menyalahkan pendapat ini.
    5. Maaf jika anda penganut agama Hindu ( maaf ini jika anda penganut agama Hindu )anda punya tokoh yang sangat saya kagumi… Mahatma Gandhi, belajarlah dari beliau tentang arti hidup ini.. saya rasa beliau telah “menemukan” Tuhannya.
    6. Tentang aksara jawa yang sudah tidak populer lagi, saya akui memang tidak sepopuler dulu lagi…tapi ini bukan karena kesalahan adanya agama islam, anda salah sasaran jika melampiaskan ini pada agama islam…Lebih populer mana sih huruf arab sama huruf Latin, Huruf Cina, Huruf Kanji Jepang…tendensi pendapat anda terlihat disini….toh banyak juga orang islam yang tidak bisa menulis huruf arab, sedikit sekali orang islam yang bisa lancar membaca huruf arab, terutama arab gundul, sangat berlebihan jika anda memaksakan pendapat anda.
    7. tentang kopiah/peci, saya rasa perkembangan jaman saja yang meyebabakan blankon hanya menjadi semacam pakaian ritual saja saat ini. jika orang islam sholat/sembahyang dengan memakai blangkon dikepalanya, itu boleh2 saja tidak ada yang melarang…ini kebodohan kita bersama yang kurang percaya diri dengan budaya negeri tercinta, kenapa anda tidak permasalahkan ketika ada yang memakai celana jeans, kaos oblong, jaket kulit…kenapa anda tidak tegur mereka supaya memakai surjan, dan kain batik. kembali ke peci, menurut saya sekarang peci bukan lagi dominasi orang islam, peci telah menjadi semacam salah satu busana untuk mempersopan diri ketika bertemu dengan orang lain pada suatu acara resmi, tidak peduli dia beragama apa.
    8. tentang borobudur, itu memang hasil dari sebuah kemajuan ilmu pengetahuan masa lampau….cobalah anda baca sejarah dari berbagai versi dan biasakan hati anda untuk membuka diri terhadap pendapat orang lain.
    justru bangsa india dan bangsa yang lainlah yang sebenarnya meniru budaya bangsa kita ( saya bukan mengatakan pendapat ini merupakan pendapat yang benar, tapi ini menurut versi yang lain)…indonesia adalah asal peradaban manusia yang telah maju..

  47. pahe said

    kemudian saya ingin bartanya kepada mas radek barbossa, sejauh mana sih anda mencintai budaya negeri ini, dan sejauh mana anda merealisasikannya…pengakuan membutuhkan pembuktian, jika tidak berarti omong kosong jadi lebih baik jangan mengaku-aku..karena aku itu sesungguhnya tidak ada yang ada hanyalah egositas…
    kepada mas kosongan saya minta maaf telah mengotori blog anda dengan tulisan-tulisan saya…salut kepada anda yang masih bersimpati kepada agama lain meski itu bukan agama anda…karena menurut saya, orang yang menghina agama lain sesungguhnya dia tidak beragama..matur nuwun salam sejahtera selalu buat sampeyan

  48. Radek Barbossa said

    o..o..o berarti mnurt anda tuhan ada lebih dari satu donx!?mnrt saya tuhan itu satu Boss! cm namanya beda-beda, islam dg allah, buddha dg buddha, yahudi dg yahweh. kl anda masih menganggap tuhan lebih dari satu berarti tiap agama memiliki alamat surga yg berbeda donx!.
    mengenai arab sebagai bangsa yang pny peradaban rendah, saya melihat bahwa pada tahun kematian muhammad SAW (630 M) baru tercipta masyarakat madani di arab, so sblm itu masyarakat arab masih tercerai berai akibat konflik yg terjadi antar klan. sedangkan Indonesia sudah menngenal negara dan mengenal seni bangunan seperti candi borobudur. Mengenai kejayaan, kejayaan islam tidak sebanding dg kejayaan mongolia masa jengis khan dan kubilai khan, masa hayam wuruk di majapahit,Kerajaan romawi masa julius ceasar, kerajaan china pd masa dinasti Chin. SEKALI LAGI SAYA YAKINKAN PADA ANDA, BAHWA ISLAM MENGGERUS BUDAYA LOKAL!!! cONtoh: budaya mesir yang mengagumkan pd masa pharaoh, tergerus oleh budaya islam sehingga mesir masa kini tidak memiliki identitaas.
    kebudayaan yg rendah dpt saya yakinkan pada anda ketika tidak adanya seni pahat di arab saudi, so jika anda orang jawa bergegaslah untuk kembali pada budaya leluhur anda

  49. pahe said

    matur nuwun mas radek…atas nasehantnya…

  50. Radek Barbossa said

    Anda tidak menangkap dari apa yang saya bicarakan!!1.budaya dan agama memang beda, tapi agama ikut mempengaruhi sebuah kebudayaan yang ada di masyarakat khususnya nilai estetika! bgmn menurut pndangan islam tentang patung yesus yang d salib,orang-orang papua pedalaman yg tlanjang, patung ken dedes yang tlanjang dada,apa itu dikategorikan pornografi?(ow y..meski gusdur pake batik tp dia tak pake blankon lho! malah pakai peci)/2. saya tidak bilang bahwa orang jawa harus memakai batik dalam kehidupan sehari-hari. tapi kalaupun ingin mengadopsi budaya luar atau impor agama dr luar negeri, g masalah koq! cm harus lebih superior dari yang sudah ada d indonesia, contoh:kita diperkenalkan astronomi pd masa yunani kuno,tlf,pesawat, matematika,astronomi,filsafat oleh orang kulit putih.so, untuk apa kita mengikuti budaya rendah yg diwariskan oleh orang arab./3. saya memang tidak beragama tp saya percaya tuhan dan memuja dgn cara saya sendiri. ow y…saya hanya mengingatkan kl makin lama tanah makin sempit karena pemukiman, apakah islam tdk ingin mengubah kebudayaannya yang masih menguburkan jenazah dgn melakukan kremasi pada jenazah?

  51. pahe said

    @radek barbossa
    ya sudahlah kalo memang pendapat panjenengan seperti itu…toh semua bebas berpendapat, kalaupun mau menganggap pendapat anda paling benar juga silakan jika masih dalam koridor kedamaian…bumi indonesiaku semakin dipenuhi orang yang sok tau tentang Engkau…” duh Gusti, disana Engkau pasti tersenyum melihat ulah mahlukMu yang sok mengenalMu, padahal hanya diriMu yang sanggup mengenalMu..Engkau bebas dari semua khayalan mahlukMu tentang Engkau, Mahasuci Engkau “

  52. paijo said

    seru kayak sinetron!!!untung gak disiarin d tv…pasti tambah seru…tambah tua g tambah nyadar!!!ap slah nya beda,ud tau beda malah d peruncing!!

  53. asyer said

    Apa yg dijadikan parameter dalam menilai sebuah kebudayaan itu rendah atau tidak? Karya seni? Jenis karya seni apa? Seni patung (jaman batu kaliiiie!!!) Seni Sastra? Kayaknya ini lebih bergengsi.

  54. kosongan said

    @ paijo
    ^^ anda tidak membaca pernyataan awal saya ya ^^
    tujuan disini untuk bertukarpikiran bukan memperuncing ala sinetron

  55. saya heran ama org yg berdebat disini yg merasa yakin agamanya yg paling benar & dgn emosi menyalahkan agama yg lain.saya stdnya yg dilahirkan dilingkungan budha tahu pasti tata cara mereka beribadah & kepercayaannya. oh maaf saya org yg realistis aja dlm memandang agama karena itu tentu saja saja saya sama sekali nggak percaya dgn ha2 yg nggak masuk akal yg ada dlm agama!!misal ada umur org lebih dr 80 000 thn, reinkarnasi,termasuk penciptaan adam & hawa bahkan nabi isa dilahirkan tanpa ayah,terus org baru dilahirkan langsung bisa jalan dlln..!!karena semua itu bagi kita yg sudah mengenal ilmu engetahuan seerti saat ini adalah hal yg mustahil & bohong besar!!!tapi saya percaya tuhan bagi saya tuhan itu cuma satu dan dialah yg menjadi enyebab terjadinya segala hal dimuka bumi ini tapi tentu tidak secara langsung!!td diatas siapa yg nggak ercaya pencitaan adam berarti atheis menurut saya itu salah brow karena apa??karena tuhan itu melakukan sesuatu itu melalui proses seerti dlm teori evolosi.misal aja tuhan menurunkan hujan !! Dia tk lantas menebarkan air diatas tanah seerti kita tapi melaluip roses dr penguapan dulu,kondensasi hingga menjadi hujan ! jadi seperti itulah tuhan mencitakan segala sesuatu !!kalau anda nggak percaya berdoalah anda pd tuhan anda minta uang saya yakin tuhan anda nggak akan jatuhkan uang pd anda meski anda sampai menangis sekalipun!!!

  56. kosongan said

    @arema bandung
    heheheh menarik juga ^^ arema tapi bandung
    mas disini tidak ada perdebatan yang gak logis ….. ^^ justru disini mencari kebenaran dengan logika, dan tidak memakai emosi ….
    masalah masuk akal tidaknya ^^ itu terserah anda mau di masukkan dalam akal anda atau tidak
    belum tentu apa yang anda tidak diketahui itu tidak nyata ^^
    masalah ilmupengetahuan ….. umur mahluk hidup itu berfariasi …. mungkin saja umur mahluk bisa lama bila lingkungan mendukung …. jelas aja manusia saat ini rata gak sampe 100 an … banyak polusi , makanan gak sehat, hidup gak sehat dan banyak tekanan
    oh iya … ilmu pengetahuan yang sebelah mana yang bisa dijadikan acuan kalau tuhan itu ada ????
    apakah anda lebih hebat dari tuhan sehingga anda mengatur kalau tuhan hanya dapat melakukan segalanya melalui proses ????

    pernyataan anda unik … mirip atheis tapi percaya tuhan, tidak memihak tapi menjatuhkan semua pihak, seolah realistis tapi yang anda inginkan gak masuk akal ^^

    oh iya untuk apa kamu meminta kalo kamu sendiri yakin gak bakal di beri
    kalo anda meminta uang sama tuhan jelas aja gak di jatuhin lah heheheheh emang tuhan ada pencetak uang apa di sruganya ^^ dengan semua mata uang, kalo ada ribet dunk mau dikasih sapa dan dijtuhin dimana
    kejatuhan batu aja dah pada heboh apalagi kejatuhan uang … sakit kan ^^

  57. pahe said

    salam sejahtera buat mas kosongan…wah masih tetep laris saja nih blognya…kapan bikin tema baru…biar bisa tukar pikiran, selama kita masih mau membuka wawasan, disitulah kita melihat betapa ilmu TUHAN itu tak terbatas…gimana bener gak pernyataan saya ( didebat saja, boleh kok, hehehehe )…matur nuwun, semoga TUHAN yang sebenarnya selalu memberkahi kita ( karena sekarang sudah banyak tuhan-tuhan buatan manusia )

  58. kosongan said

    @pahe
    heheh jarang jalan2 lagi sih diantara bloge2 jadi gak ada perkembangan tema , maaf ya
    masalah nya adalah tuhan memang tak terbatas apalage yang memikirkan otak manusia yang terbatas … jadi semakin terlihat tak terbatas
    salam ^^

  59. andi said

    yaaa saya…setuju&ga setuju tentang debat ini setuju saya kagum nabi muhamad SAW disnjung di berbagai kitab memang benar islam terlengkap….tapi keyakinan manusia tak dpt dipksakan coz itu hak manusianya…….

  60. kosongan said

    @andi
    – maaf sebelum nya tujuan saya membuat blog ini karena ingin bertukar pendapat , bukan berdebat ^^
    – memang benar islam terlengkap boleh tolong di beritahukan pada kami yang membaca blog ini ??? dimana letak lengkap nya ????
    sekali lagi ini bukan perdebatan , bertukar pikiran lah landasan blog ini , maka dari itu saya butuh penjelasan yang anda maksut ^^ kalau pun harus membuka tema baru pun say bersedia untuk itu

  61. kosong saja said

    1. mohon melupakan aturan agama masing2
    2. dalam zoroaster disebutkan akan ada buddha yang akan datang. ini berarti buddha yang baru harusnya lebih baik dari yang sebelumnya
    3. dalam islam disebutkan rasul sebagai penutup rasul yang lain dan tidak ada selanjutnya
    4. dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, kita tidak tahu mana aturan asli dan mana aturan yg sudah diubah. karena kita tidak lahir saat aturan itu dibuat. dan beda tempat beda aturan dan watak orangnya pun beda
    5. bukan massalah lengkap atau tidak. tapi kebenaran yang ada dengan pertimbangan yang sangat luas.
    6. simpulkan sendiri

  62. kosong saja said

    aturan agama berubah karena ulah manusia sendiri, ini menjadikan agama rusak. contoh knapa harus diKRMASI jenazahnya? karena penduduknya sudah padat. loh kenapa penduduknya padat? karena banyak yang melahirkan terutama yang berZINA. masih banyak kok tempat kosong, kan mereka lebih suka mengejar dunia HARTA pada satu tempat yang dianggap banyak menghasilkan uang.

    terus kita harus menahan nafsu dunia donk?? betuull. berarti kita harus BERTAPA terus tanpa kKAWIN juga y? lha kalo semua orang bertapa dan tidak kawin lama2 habis nih orang didunia. tapi klo kawin TERUS2an banyak yang lahir jadi malah penuh isinya, kasihan ibunya klo bapaknya g tanggung jawab.

    kalo penuh di bom aja donk..?? ya jangan itu dosa membunuh orang. itu hanya orang TIDAK punya perasaan. klo hidup percuma g boleh makan yang disuka. boleh saja asal SEHAT dan TIDAK BERLEBIHAN, klo tidak boleh buat apa itu semua diciptakan? kalo pun tidak untuk dimakan bisa dimanfaatkan untuk yang lain.

    SEMUA YANG SEDANG2 SAJA… mana aturan yang pas?? silahkan dipilih

  63. kosongan said

    @ kosong saja
    1. ^^ saya tidak berpegang pada aturan agama manapun , tetapi mengacu pada agama yang dibicarakan ^^
    2. “zoroaster disebutkan akan ada buddha yang akan datang” anda membicarakan zoreaster atau buddha ????
    masalah buddha yang lebih baik ….. dimana letak lebih baiknya … kalau memang buddha yang baru adalah orang tersebut ????
    3. saya setuju dengan anda , itu kan klaim dari agama tersebut ^^dan tidak ada ayng bisa membuktikannya saat ini tentang kebenarannya
    4. dimengerti ^^
    5. tetapi andi menyatakan “islam terlengkap” , bila memang kebenaran yang luas anda bicarakan … berdasarkan apa ?? karena kebenaran bisa bernilai salah dalam konteks berbeda , karena kita hanya tahu sebagian , kita tidak tahu kebenaran yang mutlak , selain itu kita tidak memiliki hak untuk menyatakan siapa yang salah dan siapa yang benar
    6. tolong pikirkan lagi dan beri saya pencerahan ^^

    “aturan agama berubah karena ulah manusia sendiri” benar setuju saya .. karena agama memang di bentuk oleh manusia jadi bisa di ubah2 baik saat pembentukan maupun saat pelaksanaan
    “karena banyak yang melahirkan terutama yang berZINA” mengapa anda tidak befikir juga kalau yang kawin cerai juga menimbulkan hal yang sama , selain itu pola pikir jaman dulu juga sama loh … ada pribahasa “banyak anak abanyak rejeki”, justru dengan adanya orang yang berburu harta biasanya semakin kecil jumlah perkembangan penduduknya , karena kecenderunganyang di buru adalah harta , selain itu kecenderungan orang yang mencari harta itu lebih egois , jadi tidak ada waktu untuk berbagi … hal ini menyebabkan mereka tidak berfikir untuk memiliki keturunan langsung
    “terus kita harus menahan nafsu dunia donk?? betuull. berarti kita harus BERTAPA terus tanpa KAWIN juga y? lha kalo semua orang bertapa dan tidak kawin lama2 habis nih orang didunia” tidak harus dan tidak lah mungkin menyamakan semua padanganan manusia untuk itu , bila bisa berarti manusia tidak lagi manusia , tetapi entah malaikat atau setan ^.^ , nafsu itu bukan hanya birahi loh ^^ , slain itu bertapa juga tidak dan tidak kawin itu tidak menyelesaikan masalah kan ^^karena nafsu itu ada dalam pikiran dan bertapa itu tindakan berdiam diri , dan tidak kawin hanyalah setatu
    tentang dosa ^^ hehehe anda lupa aturan anda yang pertama ya hehehe

    “SEMUA YANG SEDANG2 SAJA” wah hehehe jadi saya boleh ya menjadi penjahat yang “sedang2 saja” tidak banyak mencurinya dan tidak sedikit , atau saya membunuh yang “sedang2 saja” tidak banyak dan tidak sedikit

    hehehe aturan rupanya kita sendiri yang pilih ya ^^ menarik neh kalo gitu bolehkan saya di jalan saya buat permainan bola dengan aturan yang saya pilih adalah setiap manusia memiliki hak yang sama ^^

  64. adie said

    @all yg nulis blog/komen masalah pemahaman ajaran agama gak usah diperdebatkan . . . . Menurut gw semua umat beragama yg telah melakukan tafakur/sajali/meditasi/semedi/bertapa dan mendapat pencerahan gak bakalan mengkultus bahwa agamanya yg paling karena dia malu dgn Tuhannya apakah dia udh 100% menjalankan perintah Tuhan/El/. . . . Selalu bercermin kepada diri sendiri ! Thx

  65. Hamba Allah said

    Assalamu alaikum wr wb, buat saudaraku sesama Muslim,
    Ya sudahlah , ga usah berdebat, yang merasa Islam diam aja. ga usah ambil pusing dengan kepercayaan mereka,
    kan kita sendiri sudah tau akhirnya akan bagaimana, jadi biarkan saja,,

  66. Ah ah said

    Udah, suatu saat pasti kalian smua akan tau mana yg benar!!!!!!

  67. arema bandung said

    maaf brow baru kali ini saya semat mamir di blog anda lagi!! sorry saya ingin menjelaskan endapat saya yg pernah saya sampaikan:1. soal tuhan saya yakin tuhan itu pasti satu biarun semua agama menyebut nama yg berbeda beda !semua utusan (nabi, resi,budha, rasul dll) pasti menadapat informasi yg sama dari tuhan !tapi karena lamanya waktu &budaya serta udah menajdi kebiasaan manusia sehingga lama kelamaan jadi berbeda beda seperti yg kita ketahui saat ini,istilahnya berita sejengkal jadi sedepa misal : ada org lihat ular sebesar ibu jari certa yg samai d org ke 10 atau lebih udah sebesar aha org,jadi udah manusiawi kalau di dunia ini ada bermacam macam agama & dlm agampun ada bermacam macam aliran…terus terang saya belajar agama yg ernah saya dengar & berusaha memahami agama tersebut sesuai dgn itu bukan dgn agama yg saya anut atau agama lain!! yg saya tangkap semua agama menyembah satu tuhan meski ada yg mutlak & ada yg nggak !!soal yg saya sebutkan dulu gini mas maksud saya tuhan itu tdk akan berbuat sesuatu dgn tana sebab akibat makanya kalau kita ingin kaya ya harus bekerja!! apakah tuhan tdk berkuasa tentu tdk kan???cuman kalau tuhan langsung beri kita uang / tiba2 ada org tanpa ibu bapak dlll tentu itu akan membuat manusia ini jadi bodoh karena nggak akan pernah berpikir krena itulah kita harus menggunakan akal pikiran kita dlm beragama bukan dgn dogma sehingga kita percaya saja walaupun logika kita bilang tdk!! kalau anda bilang saya yg nggak logis bisakah anda membuktikan secara ilmu pengetahuan saat ini ada manusia yg bisa berumur 80.000 thn,/tdk ada bapak ibu( tanpa ada pertemuan sperma& sel telur)???sorry bukan maksud saya bilang perdebatan ini tdk logis cuman marilah kita berikir logis saja dlm berdebat!!sorry brow kalau mengganggu!! kita boleh beda pendapat yg penting saling bermusuhan!!OK!!

  68. yarham said

    assalamualaikum wrwb, syaloom, namo budaya, aum suastiastu, salam sejahtera! Udah dulu ngobrol atau debadnya, sudah mau lebaran nich, waktunya dinginkan hati dan pikiran dengan saling bermaafan.
    Agama yg baik adalah yg didalam ajarannya mengajak umat umatnya menjaga diri dari perbuatan yang merusak dan merugikan diri pribadi dan orang lain.

  69. kosongan said

    @ yarham
    salam ^^ maaf sebelumnya sekali lagi blog ini saya bentuk supaya kita saling belajar , bukan agar melakukan perbuatan yang merusak dan merugikan diri pribadi dan orang lain.
    selain itu saya tidak berujuan untuk mencari agama mana yang baik tetapi mencari agama mana yang benar secara universal dimana bila indah ya indah , benar ya benar , salah ya salah
    ingat tujuan pembentukan blog ini yang saya tulis dari awal

    @ arema bandung
    hahahah aku suka pendapatan anda dan usaha anda menjelaskan
    “saya yakin tuhan itu pasti satu biarun semua agama menyebut nama yg berbeda beda, !semua utusan,pasti menadapat informasi yg sama dari tuhan,tapi karena lamanya waktu &budaya serta udah menajdi kebiasaan manusia sehingga lama kelamaan jadi berbeda beda seperti yg kita ketahui saat ini” hemmm menarik ^^ bila demikian adanya harusnya setiap agama akan menunjukkan hal yang sama seperti halnya kalo membaca kitab suci harusnya akan kita temukan kitab a1 dari a sampe j , lalu kitab a2 dari k – p lalu kitab a3 dari q sampai z
    kenyataannya tidak demikian saudara ^^
    ok coba di gabungkan agama2 dengan sudut pandang anda ya ^^ tentang tuhan aja ya ^^ 3 agama aja deh yang ada di indo
    tuhan adalah atman / imajinasi saja(buddha) maha segalanya(islam)segalanya yang baik(kristen dan katolik)
    berarti tuhan hanya imajinasi yang maha segalanya tapi yang baik saja ya ^^ kok semacam bertolak belakang dan bertele2 ya
    ^^ ini belum menjelaskan tentang apa yang harus dilakukan dalam hidup , bagaimana kehidupan setelah mati , perhitungan masuk tempat nyaman di setelah kematian ^^ itu semua beda setiap agama , bukan saja dari pengembangan budaya tapi bahkan secara mendasar
    “istilahnya berita sejengkal jadi sedepa misal : ada org lihat ular sebesar ibu jari certa yg samai d org ke 10 atau lebih udah sebesar aha org,jadi udah manusiawi kalau di dunia ini ada bermacam macam agama & dlm agampun ada bermacam macam aliran” bila anda menjelaskan masalah agama …. ini tidaklah masuk akal karena perbedaan yang saya jelaskan di atas, bia anda menjelaskan masalah aliran ^^ saya setuju sekali ^^
    “yg saya tangkap semua agama menyembah satu tuhan meski ada yg mutlak & ada yg nggak” boleh dijelaskan ???
    “tuhan itu tdk akan berbuat sesuatu dgn tana sebab akibat makanya kalau kita ingin kaya ya harus bekerja” apa berarti tuhan terikat dengan hukum sebab akibat ???, bila demikian adanya maka saya boleh bertanya … tuhan ada akibat dari apakah , dan siapa yang menyebabkan tuhan ada ???
    “tentu itu akan membuat manusia ini jadi bodoh karena nggak akan pernah berpikir” secara logika tidak selamanya seperti itu benar , adakalanya justru memicu orang untuk mencari tahu , bukankah ilmu pengetahuan itu berkembang , tahukah anda ada katak yang dapat hamil tanpa ada pejantan
    “kita harus menggunakan akal pikiran kita dlm beragama bukan dgn dogma sehingga kita percaya saja walaupun logika kita bilang tdk” saya setuju pandangan anda , tetapi hal itu tidaklah benar sepenuhnya, ada saatnya kita perlu melihat dengan logika ada saatnya juga kita
    “sorry bukan maksud saya bilang perdebatan ini tdk logis cuman marilah kita berikir logis saja dlm berdebat” maaf sekali lagi tidak ada perdebatan yang saya usahakan disini, tetapi saya sedang bertukar pikiran
    “kita boleh beda pendapat yg penting saling bermusuhan” bermusuhan boleh kok ^^ asal menggunakan kepala dingin dan berfikir secara logis ^^ karena perbedaan selalu bertumbukan dan itulah permusuhan
    akhir kata mari kita berfikir untuk mendapatkan ilmu lebih banyak ^^ jangan takut salah , karena salah itu berarti mencoba dan tidak ada salah nya, selain itu anda tidak salah kita hanya berbeda ^^

  70. Bratayuda said

    Menanggapi comment sbb :

    Bro anda orang pertama yang saya ketahui yang mengatakan Islam itu ajaran terlengkap. Perlu diketahui bro, Kitab Suci paling tebal didunia itu Kitab Sucinya ajaran Buddha. Berdasarkan dari aliran Mahayana itu tebalnya sekitar 70x Alkitab (dengan tebal kertas dan ukuran huruf seperti Alkitab) sedangkan dari Theravada sekitar 11x Alkitab. Tapi itupun gak pernah dibilang lengkap. Didalam ajaran Buddhist, Hindu, Jain, Khrisnamurti (India), Tao (China), Socrates (Yunani) ada disinggung kelahirkembali (reinkarnasi), emang Islam ada??? ajaran Buddha (mungkin Hindu juga) mengajarkan kalo manusia bukan hanya dibumi ini saja, bagaimana dengan Islam???. Lalu apa artinya “Terlengkap” yang dimaksud?? tolong pencerahannya )

    Terlengkap bukan ber arti tebal kitab nya, lengkap berarti ajarannya meliputi seluruh aspek persoalan kehidupan, asal muasal kehidupan dan akhir kehidupan, secara gamblang dan jelas. Sebagian umat Islam tidak mengenal faham reinkarnasi, dan sebagian lagi meyakini reinkarnasi sebagai mana Alqurán menjelaskan sesuai pemahaman yang diyakini nya serta bukti-bukti yang terjadi pada alam nyata. Banyak umat islam yang memebantah reinkarnasi, tetapi bukti secara nyata sangat banyak terjadi ( ini umat yg lucu), kalau diberikan bukti malah membantah nya, maka umat islam ini bukan mencari kebenaran yang ada dan terjadi di alam kehidupan, namun umat ini telah menolak bukti yang Tuhan nyatakan dalam kiab maupun kenyataan, jadi hanya melakukan pembenaran bedasarkan akal fikiran yang lemah(ngotot lagi he he).

    Sesungghnya islam merupakan jalan(tarekat) yang akan menjelaskan agama-agama sebelum nya secara gamblang dan lengkap, maka disebutkan daam Alqurán bahwa orang yang br iman adalah yang meyakini terhadap berbagai perkara yang diturunkan kepada Muhammad saw dan yang meyakini berbagai perkara yang turun sebelum nya( hindu budha, zoroaster dll) ( ini sangatlah gamblang), namun sekali lagi banyak umat islam yang tak faham dengan Kibab nya.

    Muhammad sendiri telah menjelaskan bahwa Ia diturunkan tidak membawa ajaran baru, tetapi untuk melengkapi bangunan agama yang telah ada, dan tugas utamanya adalah untuk meluruskan keluhuran budi pekerti manusia. Namun sekali lagi menjelasan tsb tidak difahami dengan benar sehingga umat nya merasa kuhusus bahawa islam adalah versi Muhammad saja. Padahal memahami islam adalah harus seutuhnya ( Al-islam).

    Islam yang dianut umat nya mayoritas hanya sebatas konsep, belum mencapai Aslam(damai), sehingga baru sebatas taraf konsep saja sudah diyakini tanpa pembuktian, sehingga konsep islam hanya ada dalam fikiran saja, sehingga konsep itu terjebak dalam berbagai perbedaan pendapat dan terpecah belah dalam berbagai faham kelompok dan golongan ( prediksi Nabi islam menjadi 73 golongan, yang benar adalah satu golongan saja), yaitu konsep islam yang telah dibuktikan menjadi way of live (Aslam/damai). Hanya ada satu golongan dalam islam yang tak pernah berbeda pendapat dan ber polemik, ia tidak bersatu dalam kelompok golongan besar, tak pernah bertengkar, dan saling menghargai, yaitu islam yang mendalami ajaran keluhuran budi pekerti(akhlaq) dan Ketuhanan(tauhid).

    Ajaran islam sesungguhnya merupakan jalan yang akan membuka dan menjelaskan kebenaran agama-agama sebelum nya dengan benar dan jelas tanpa menyinggung agama lain, islam risalah Muhammad melangkapi ajran agama-agama besar sebelunya (hindu budha) dalam tatanan hukum syariat (jalan besar dan luas dg rambu yg lengkap). Namun islam oleh sebagaian kaum fanatik menjadi sempit jalan nya dengan rambu terbatas dan mematikan perkembangan jiwa ilahi. Sehingga terkesan wajah islam sebagian menjadi agama fikiran dan nafsu manusia, bukan agama hati manusia ilahi.

    ajaran kesempurnaan islam(insaan kamil mukamil) secara hakikat konsepnya ada dan terdapat sama dengan budha, secara makrifat terdapat dan sama dengan hindu. Hal ini sangat menjelaskan sesuai sejarah bahwa Adam diturunkan di dunia di wilayah India, sedang Hawa di wilayah jazirah Arab. Mereka bertemu di padang arafah. Setelah pertemuannya Adam membawa Hawa ke India beranak pinak. Dia mengajarkan kepada anak-anak nya bagai mana mempersembahkan hasil bumi di atas bukit gunung tinggi kepada alam semesta sebagai bukti rasa syukur disertai memebakar ranting pohon dan dedaunan sebagai tanda kepada alam ( kalau sekarang persembahan sesaji dan membakar dupa).

    Adam menurunkan salah satu putra yang tidak ber ibu( tidak melalui pembuahan ovum hawa), yang disebut Nabi Syith(sita), dan dari Syith menurunkan dia putra “Anwar dan Anwas”. Anwar diajarkan agama bumi( Rijalul Alam), menurunkan keturunan para Dewa berpusat di Gunung Himalaya, yang kelak memegang ajaran Hindu dan Budha, sedang Anwas diajarkan pengetahuan agama langit (Rijalullah) menurunkan para Nabi yang kelak membawa ajaran agama islam berpusat di Jazirah Timut tengah.

    Maka keyakinan itu adalah Satu Tuhan(Esa) dalam agama apapun, yang membedakan perkembangan adalah tradisi dan budaya dimana manusia itu berada sesuai tanah air nya. Sehingga lahirlah nama-nama Tuhan dan syariat yang berbeda pula, sedang Tuhan tetap lah satu jua. Kesimpulannya ajaran agama langit harus disatukan dengan ajaran agama bumi dalam jiwa manusia menuju kesempurnaan. Sehingga sebagai mana Alqurán telah menjelaskan bahwa Tuhan penguasa langit dan bumi. Dan Tuhan telah ada sifat keagungan Nya dan kesuciannya dalam Fitrah manusia sebagai gambaran Nya ( Avatar/Brahmana/Image Ilahi).

    Maka Tak salah bila agama Hindu memuja Trimurti( Brahmana, Shiva, Wishnu), sebagai perlambang diri manusia itu sendiri yaitu Brahmana (jasmani/avatar/jasad), Shiva( jiwa/cahaya Nur ilahi), Wishnu( Ruh/daya hidup Tuhan).

    Dalam islam terdapat penjelasan :
    – “siapa yang telah mengenal dirinya maka akan mengenal Tuhannya”.
    – Tuhan lebih dekat dari urat leher manusia
    – Tuhan bersama manusia dimana saja berada.
    – Dia(Tuhan) tidak dibarat dan tidak di timur, dimana saja kamu menghadap disanalah wajah Tuhan”
    – Dalam shalat nya umat islam mengucapkan “sesungguh nya aku menghadapkan wajahku(sifat dan rupa) kepada wajah(sifat rupa) Yang menciptakan langit dan bumi.

    Shalat menghdap Ka’bah, karena sebagian bahan menciptaan manusia tanah nya diambil dari Makkah tanah suci, yang mengingat kan bawa dirina berasal dari sasri pati tanah dimana makkah sebagai pusat center bumi. Maka ayat pertama(al-alaq) yang turun pada Nabi muhammad agar manusia ingat kepada asal muasalnya segumpal darah yang terbentuk dari nutfah sari pati tanah, yang kelak jasad nya akan kembali ke tanah yang pada tiap shalat di jadikan untuk sujud. Sujud kepada asal muasal nya.

    maka ajaran pertama pada islam adalah Thoharoh(pensucian jasmani) yaitu melakukan ritus pensucian jasmani istinja, wudhu, dan mandi suci sebelum melakukan ritual shalat, identik dengan hindu dan budha mensucikan jasmani hingga ruh jasmani nya meningkat menjadi manusia ilahi (brahmana/avatar), tazkiyatun nafs(pensucian jiwa/shiva) menajdi jiwa ilahi.

    sekian semoga manfaat bagi yag suka dan setuju, kalau tidak setuju tidak memaksa, karena ini bukan pembenaran individu, tetapi kebenaran bukti sesuai firman Tuhan dalam kitab-kitab yang disucikan, dan bukti-bukti tersirat di alam semsta.

    wasalam

  71. rakyat said

    yang saya dapat tangkap dalam diskusi ini adalah bahwa KOSONGAN sebagai moderator bertujuan mencari pencerahan mengenai jati dirinya, siapa dirinya. Tapi yang disayangkan adalah dia merasa dia sudah menemukan apa yang dia cari. Postingan inipun bukan buatannya tetapi dengan isi yang dia sendiri tidak pahami, (muhammad,buddha,zoroaster). jika ingin mencari pencerahan sebaiknya anda belajar pada tempatnya. belajar islam datanglah ke masjid, belajar buddha datanglah ke vihara dan bertemu bikkhu juga jika ingin belajar agama yang lain. tukar pendapat didunia maya hanya akan membuat pemikiran2 yang tidak relevan dengan apa yang sebenarnya, dan akan menimbulkan penyimpangan2 pemahaman keimanan karena dipaksa untuk memahami tentang agama tanpa pembimbing, ibarat kita mau minum air dari gentong kita langsung angkat gentong ke mulut kita. seharusnya ambila air dengan ember kemudian dimasak lalu dimasukkan teko barukemudian dituang kedalam gelas baru kemudian kita minum..diskusi2 didunia maya seperti ini yang membuat banyak orang sulit bersosialisi langsung dengan sesamanya.didunia nyata. pesan saya jika ingin memahami suatu keyakinan, datanglah ketempanya langsung (masjid,gereja,vihara,dll) temukan secara konkrit, tidak dengan cara diskusi di forum seperti ini.

  72. kosongan said

    @ rakyat
    trima kasih om , tetapi saya juga bole kan punya pandangan sendiri , kalo bisa minum langsung dari gentong kan gak masalah , toh tetap hasilnya melepas dahaga , entah itu mau di minum langsung atau dia mau cari gelas dahulu atau dimasak dahulu bukankah itu artinya pengembangan
    mengapa saya tidak langsung ke tempat yang bersangkutan … islam > masjid , kristen > greja , buddha > vihara … karena disana saya harus paham dokrin dan saya harus tunduk pada aturan disana , dan hal itu tidak membuat saya bisa berfikir dengan jernih , tetapi harus berfikir dengan landasan dokrin , aturan , kehidupan social , dan pengaruh lain yang berhubungan dengan hidup beragama
    ini dulu comment saya ya ^^ salam

  73. wow, forum ini seru…
    lagi pula, aku sangat tertarik dengan sejarah agama dri pd olajaran lainx… 🙂

  74. Cak KLepon said

    Thx atas info , saya muslim banyak belajar tentang buddha , seperti dilihat patung patung buddha bahwa yg diajarkan sang buddha sama juga yang diajarkan oleh Muhammad SAW , salah satunya sikap mudra ,simbol ini dapat menjelaskan apa yg disandarkan oleh Sang Buddha yaitu mengenal mengajarkan ketuhanan (ilahi ) , bisa dilihat huruf yang membentuk Alif Lam Lam Ha’ . Jadi kesamaan paling pokok yaitu Buddha sampai Muhammad mengajarkan Tuhan Yang Maha Esa . Salam Rahayu .

  75. Bingung said

    Bgni mas.gak usah ributin tuhan.allah yg maha besar gk prnah rugi walaopun sluruh mahluk bumi gk mau menymbhnya.jd tnang aja sampean smua.

  76. kosongan said

    ^^ om bingung mengapa anda yakin kalau tuhan allah yang maha besar gak pernah rugi kalau seluruh mahluk bumi gak menyembahnya sedangkan setiap orang beragama diharapkan untuk menyembah dalam bentuk beribadah ^^ coba renungkan lagi untuk apa orang beragama beribadah atau menyembah

  77. Bingung said

    Krna allah gak btuh am mahluk cipta anya.tpi mahluk itu yg btuh pdanya.btuh minta di slamatkan dari mara bahaya.misalnya.

  78. kosongan said

    maaf om bingung kalo memang begitu berarti tuhan menicptakan mahluk yang hanya bisa berada dalam bahaya dan selalu minta diselamatkan ya, menciptakan mahluk yang penuh dengan kekurangan ya ….. wah mengapa tuhan yang besar hanya bisa menciptakan mahluk yang begitu rapuh ya ??? tolong di jelaskan ya

  79. Bingung said

    Ya. krn yg maha sempurna itu hanya allah saja.kpadanya sluruh jagat raya dan isinya ini brgantung.sdangkan dia tidak brgantung pda sesuatupun.
    krna dia maha kuasa atas sgla sesuatu.ma af untuk masalah sesmbahan.islam gak menyembah ka bah sama skali.
    Akan tetapi allah yg menyuruh
    umat islam untuk menghdap pdanya ka bah yg di makah ktka sembahyang.mlalui nabinya muhammad saw.sblumnya umat islam ktika solat menghadapnya ke baitul maqdis di palistina.jdi jgn di samakan islam dgn agama lainya.
    Beda jauh…

  80. kosongan said

    “Ya. krn yg maha sempurna itu hanya allah saja.kpadanya sluruh jagat raya dan isinya ini brgantung.sdangkan dia tidak brgantung pda sesuatupun.”hemm apakah bisa disimpulkan bahwa allah hanya bisa menciptakan ketidak sempurnaan saja agar dia sndiri yang bisa sempurna ya ???

    “Akan tetapi allah yg menyuruh umat islam untuk menghdap pdanya ka bah yg di makah ktka sembahyan” apaka berarti allah hanya ada di mekah sehingga untuk sembahyang harus menghadap padanya yang ada di mekah

    boleh saya bertanya hal lainnya tentang allah yang maha sempurna tersebut ??? mengapa seolah2 dia begitu suka berubah2 ya ??? palestina > mekah , israel > arab , di dunia harus tahan diri > di surga di “dampingi” bidadari
    sebab bila berubah2 seperti itu seperti mahluk di dunia yang tidak sempurna saja dimana segala hal di bumi ini sifatnya sementara

  81. Bingung said

    Ya. krna dia yang mha sempurna.dialah sang pmilik langit dn bumi bserta seisnya.dan menjaganya dgan sangat smpurna.bukan brarti allah hanya ada di mekah.
    Allah slalu ada di manapun kmu brada.knp di dunia hrus mnahan
    logikanya klo di than saja maseh bnyak yg kbabalasan
    ap lg gk di tahan.contohny di lrang korupsi.tp msih aj banyak yg korup.aplagi gak di larang gtulo.
    tentang knikmatan di sorga itu adalah pemblasan allah terhadap hamba2nya yg soleh.

  82. kosongan said

    “Ya. krna dia yang mha sempurna.dialah sang pmilik langit dn bumi bserta seisnya.dan menjaganya dgan sangat smpurna” hemmm menciptakan ketidak sempurnaan untuk di jaga oleh nya agar sempurna berarti berarti dia membutuhkan mahluk di bumi dan semesta untuk dijaga ya …. kok tidak terlihat semprna ya , tetapi justru terlihat seperti penjaga kesempurnaan saja

    “bukan brarti allah hanya ada di mekah. Allah slalu ada di manapun kmu brada.knp di dunia hrus mnahan ” berarti menghadap ke mekah tidak ada gunanya ya karena pendapat anda di awal “Akan tetapi allah yg menyuruh umat islam untuk menghdap pdanya ka bah yg di makah ktka sembahyan” artinya allah tidak hanya disana tetapi dimanapun maaf logika anda bentrok

    “logikanya klo di than saja maseh bnyak yg kbabalasan” justru karena ada yang menahan manusia memiliki kecenderungan untuk melepaskan diri dari kekangan ^^ itu sifat dasar manusia hehehe

    heheh berbeda hal kalau anda menggunakan analogi korupsi karena untuk mengendalikan korupsi anda harus memberikan pelajaran tentang kebijaksanaan benar dan salah, bukan baik dan buruk atau keyakinan , larangan hanya berguna untuk memberikan efek jera bagi orang yang masih punya hati dan mengerti benar dan salah

    “tentang knikmatan di sorga itu adalah pemblasan allah terhadap hamba2nya yg soleh. ” hemmm menarik di bumi harus menahan tapi di akhirnya akan di berikan sebagai imbalan , kalau begitu surga tempat orang berwajah dua ya , maaf agak kasar karena saya menerka2 dari logika yang di sodorkan kalau itu untuk balasan orang soleh padahal di bumi tidak boleh bersentuhan dengan yang bukan mukrim nya anehnya justru diberikan bidadari sebagai imbalan bukannya seperti serigala berbulu domba ^^ di bumi menjadi domba agar dapat menjadi serigala yang melampiaskan hasratnya di surga ???

    sekali lagi maaf kalo saya berfikir demikian karena secara logika seperti permainan yang bertolak belakang ^^ mana ada permainan yang menang akan diberikan kekalahan, seperti lomba berpakaian bersih dan yang menjadi pemenang akan dihadiahi lemparan lumpur ^^

  83. ramon said

    kenapa anda ambil kesimpulan budha tergerus oleh islam ? .kalau memang gitu kenapa anda tidak melawan ? klu memang islam menggerus budha kenapa tempat ibadahnya sampai sekarang aman aman saja ? . oke sekarang aku ambil kesimpulan kalau otakmu sudah terkontaminasi virus dengki , kamu belum masuk budha seutuhnya , cuma ngaku ngaku aja .

  84. Jerry said

    Sesngghnya berpendapat itu adlh wajar namun menjd tdk wajar jk membenarkan pendapat sendiri dan menyalahkan pendapat orang lain. Dlm hal diatas, penulis hanya share & bkn pendapat prıbadınya setelah menonton VCD tentang “Muhammad dalam berbagai agama” oleh Dr. Zakir Naik.. Namun alangkah lebıh bıjak jk tulısannya mrpkn hasıl pengkajıan atau penelıtıannya sendırı shngg dpt bnyk data yg lbh luas lg. Sy lıhat, penulıs tdk bertujuan utk memancıng hal yg negatıf. Justru, konfırması dr penganut Buddha malah meluruskannya bhw buku tsb tdk valıd secara keseluruhan & hny valıd dı bbrp bagıan. Tentu jalannya perbıncangan ını adlh hal yg baık, slng menghargaı jg bs slng mengkoreksı. Utk penganut Buddhapun baıknya jg menonton VCD dıatas shngg tahu pastı apa ısınya & jk keberatan, dpt melayangkan nota protes melaluı kementerıan agama agar VCD tsb dılarang jk dırasa dpt menyebabkan dısıntegrası bangsa. Mdh2an bermanfaat.

  85. pahe said

    salam mas kosongan ….hampir satu tahun saya gak lihat blog ini…wuih makin rame aja…wong mas kosongan ini lagi mencari Tuhan-nya kok, knapa tidak ditunjukkan dengan cara-cara yang santun… bukankah bagi yang mengaku beragama islam, diajarkan untuk menyampaikan sesuatu dengan hikmah ( bijaksana ) bukan dengan emosi atau nafsu… karena sesuatu yang disampaikan dengan hikmah akan berimbas ke dalam hati penerimanya…berbicaralah sesuai kadarnya…ada beberapa pengetahuan yang tidak bisa dipahami oleh sebagian orang, karena “keterbatasan” pemberian-Nya kepada orang itu…sehingga ketika akan menyampaikan pengetahuan tentang itu diperlukan kiasan agar orang tersebut mudah memahami maksudnya, dan jika dia tidak bisa memahami jangan marah, doakanlah semoga dia diberi kemampuan untuk memahami…

  86. aji said

    wah…. EXCITING STATUS.
    Keep Ur Spirit 🙂

  87. kosongan said

    @ramon
    salam, boleh anda sebutkan kata2 saya yang mana ya yang mengindikasikan bahwa saya menyimpulkan kalau agama buddha tergerus islam ?? saya tidak melawan karena sudah ada perlawanan dari sumber yang saya cari, selain itu saya membahas ditempat sumber berada atau komentar pengunjung yang artikel sumbernya saya ambil, bukan asal mencampur adukkan pembahasanoleh sebab itu saya membahas per kata dengan menjelaskan mana yang saya komentari
    kalau masalah mengapa masih aman , itu bukanlah kekuasaan saya menjaga rumah ibadah agama apapun
    masalah otak saya terkontaminasi virus dengki ^^ hemm mungkin juga ya ^^ tapi bukankah orang yang sempat memikirkan kearah mana oang berfikir artinya dia terlebih dahulu mengalami atau memikikannya ^^
    maaf bila pemikiran dan perkataan saya mengganggu anda, karena saya hanya ingin anda berfikir lebih dalam

    @jerry
    trimakasih sarannya , saya hanya menampilkan tulisan narasumber yang saya repost di sini untuk dijadikan bahan pemikiran , bukan saling menjatuhkan pendapat orang
    tentang pembenaran diri , saya tidak pernah melihat orang yang tidak pernah berusaha membenarkan diri dalam hidupnya, kalaupun anda bisa menunjukkan 1 orang saja mungkin saya bisa mengubah pola pikir saya tentang pembenaran diri yang anda maksut
    dalam hal ini saya tidak berusaha membenarkan diri tapi saya melihat kemungkinan yang berbeda, bukankah setiap apapun di dunia ini pasti memiliki sudutpandang yang berbeda ^^
    tentang share vs pendapat pribadi …… Karena artikel ini saya tulis berdsarkan apa yang saya dengar (ada yang kurang jelas saya dengar) dari VCD tentang “Muhammad dalam berbagai agama” oleh Dr. Zakir……. apakah itu berarti bukan pendapat pribadi , coba tolong di telaah lagi yang nara sumber katakan
    tentang pengkajian dan penelitian , bukankah bila sumber mengambil sumber dan di perbincangkan dia sudah mengkaji dan meneliti , meski tidak dengan keilmuan yang membutuhkan literatur lebih banyak
    tentang keberatan , maaf saya tidak berkepentingan tentang isi vcd apapun, tapi saya berkepentingan terhadap pendapat dan pemikiran narasumber karena bagi saya benar salah , baik buruk , itu semua pelajaran yang berharga selama hal tersebut masih pendapat, kecuali hanya kata2 kotor atau makian dan pendapat tanpa landasan

    @pahe
    salam ^^ hahahahaha tidak banyak orang faham apa itu mencari tuhan ^^ orang kebanyakan hanya membenarkan agama yang dipeluknya dan dianggap dirinya dan golongannya yang benar sehingga yang lain salah ^^ sehingga saya selalu di sudutkan dengan pertanyaan “anada pasti Bukan islam” “anda islam KTP” “otakmu sudah terkontaminasi virus dengki” dan seterusnya ^^

    @aji
    u2

  88. Idris Wibiyanto said

    saya sudah membaca semua artikel dan komentarnya. Dan menurut saya yg anda bicarakan ini hanyalah sia-sia belaka, karena awalnya pembuat blog ini hanya ingin bertukar pikiran saja, tetapi pada akhirnya berdebat juga. Buktinya anda(pemilik blog), masih kekeh mempertahankan pendapatnya, pdhl sblumnya sudah banyak pengunjung yg saling bertukar pikiran dgn anda. Tetapi anda tidak membarengi dgn tindakan yg nyata seperti
    1. mencari sumber-sumber pemikiran lain dr:
    a)internet
    b)buku/cd/dvd
    c)langsung dr pihak yg bersangkutan gereja,masjid
    pondok pesantren LDII, vihara dll.
    2. Berdoa kepada tuhan dengan penuh keyakinan
    supaya diberi pencerahan, dan berpasrah diri atas
    segala keputusan yg akan menimpa anda, baik
    berupa segala pencerahan yg akan diberikan
    oleh Tuhan setelah anda berdoa tadi.
    3. Dan jangan lupa saya tadi menekankan anda supaya mencari informasi di Pondok LDII, yang sebagian besar ada di seluruh wilayah indonesia.
    Disana saya sarankan anda supaya ikut ngaji saja(tidak usah mbayar alias gratis bagi orang awam)
    jangan mempertanyakan pemikiran anda. Ikuti saja kegiatannya, Niscaya lama-kelamaan anda akan mendapat kebenaran yang sejati.

  89. kosongan said

    @ Idris Wibiyanto
    thx sebelumnya sudah membaca semua ^^ setidaknya anda mencermati apa yang akan anda bicarakan
    bolehkah saya mengetahui dari pikiran anda apakah itu debat dan apakah itu bertukar pikiran ????
    “masih kekeh mempertahankan pendapatnya, pdhl sblumnya sudah banyak pengunjung yg saling bertukar pikiran dgn anda” mengapa giliran orang lain berbicara anda nyatakan mereka bertukar pikiran , sedangkan dilain pihak ketika saya berbicara anda nyatakan mempertahankan pendapat ????
    bukankah sebuah ilmu pengetahuan juga demikian adanya ??? penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta hubungan-hubungannya????
    apakah tukar pikiran ini hanya untuk saya sendiri ??? bila demikian adanya saya tidak akan membuat blog ini melainkan saya cukup membuat accound di facebook yang notabene hanya tempat membicarakan pribadi dan lingkungan ^^

    untuk tindakan nyata yyang anda sebutkan ……. mungkinkah menurut anda mendapatkan literatur nyata tentang hal ini di toko buku terdekat atau penjual cd ???
    bila berbicara tentang pihak yang bersangkutan bukankah saya harus paham dulu dengan dokrin yang di pegang mereka dan artinya saya harus menentang atau menerima dokrin tersebut ??? bukankah itu artinya saya tidak lagi bisa berfikir lebih bebas dalam mengkritisi masalah ???

    lantas ketika saya berdoa ……. ditujukan pada tuhan yang mana ??? apakah pencerahan tersebut hanya didapatkan saat doa ???
    apakah dengan mengaji saya bisa dapat jawaban ???
    “jangan mempertanyakan pemikiran anda. Ikuti saja kegiatannya, Niscaya lama-kelamaan anda akan mendapat kebenaran yang sejati.” bagaimana mungkin melakukan kgiatan tanpa mempertanyakan pemikiran sendiri ??? hemmmmm ketika saya harus menang sendiri saya mendapatkan kebenaran ….. apakah justru saya mendapat kepuasan ego dan kekosongan belaka ???
    “yg anda bicarakan ini hanyalah sia-sia belaka” trimakasih bisakah saya mohon pada anda memberikan pencerahan tersebut diatas wahai orang yang berbicara penuh makna dan tiada kesia2an

  90. anggie said

    permainan bersembunyi di bawah dagu lawan…. membuka botol madu menjerat semut…. menjebak kelabang dengan bangkai ayam…. memuji untuk memfitnah….. sungguh ilmu iblis yg di pakai….. siapa kamu sebenarnya…. perangkap anda sdh berhasil sejauh ini… menanamkan keraguan terhadap kebenaran justru dengan kebenaran… “tanamkan 9 kebenaran… maka 1 dusta akan di anggap kebenaran” itu ilmu iblis yg paling berbahaya…. kejam sekali cara2 nya…….

  91. jawaban untuk Siswa Sang Buddha

    1. Apakah berwujud / tidak berwujud???
    Wujud yang dimaksud adalah “Ada” namun tak sesuatupun menyerupai atau menyamai nya…. dia tidak dilahirkan… tidak dijelmakan,… dia adalah yang mutlak…. tempat bergantung segala sesuatu…
    2. Berdiam disuatu tempat / tidak??? (Kalo di Kristen kan berdiam di Surga)
    Tidak…… Allah itu ada…. tapi tak membutuhkan tempat…. kemanapun kita hadapkan wajah kita… disanalah dia ada…
    3. Suatu Makhluk / Bukan Suatu Makhluk?
    Bukan…. dia bukan mahluk… tapi kholik.. mahluk adalah yang dicipta… dan kholik adalah yang mencipta.. atau sumber dari egala sesuatu yang menjelma…
    4. Mana yang lebih besar Muhammad atau Jibril???
    Besar dalam artian apa? kalo secara fisik tidak bisa di bandngkan… karena yang saya ketahui kedua nya adalah materi dan imateri.. kalo derajat, lebih tinggi nabi muhammad… dalam islam manusia bisa lebh mulya dari malaikat, tapi bisa lebih rendah dari binatang…
    5. Bagaimana Surga menurut Islam???
    Surga adalah suatu tempat atau keadaan yang dijanjikan tuhan pada manusia… keindahan surga tak pernah dilihat oleh mata, tak pernah didengar oleh telinga.. tak bisa di bayangkan.. disana tak ada lapar, tak ada masalah, tak ada siang atau malam… tak ada penderitaan,…
    6. Sebutkan Alam2 kehidupan apa saja yang diajarkan Islam, selain setan, jin, surga, neraka???
    Jin, malaikat, manusia adalah mahluk yang diciptakan tuhan… sedangkan setan adalah setiap sifat buruk yang ada pada diri mahluk, bisa dari jin atau manusia, alam yang dilewati manusia, yang saya ketahui adalah alam rahim, ketika setiap manusia diminta persaksian nya atas tuhan nya.. untuk menyembah nya, untuk hidup beragama.. kemudian alam dunia tempat manusia hidup dan menyembah tuhan, alam kubur, alam barzah, akhrat, yang selanjutnya surga dan neraka..

  92. witwiw said

    mas,boleh memberi saran gx ?

    klo pengen tau kebenaran sejati mending mati aja dahulu

    daripada kita hidup dalam kebimbangan

    nanti klo udah tau jawabannya kasih tau ya,,,

    oc ^_^

  93. Supardi said

    Tuhan telah mengutus beberapa orang nabi dan rasul sebelum nabi Muhammad yang ke semuanya menyerukan bahwa Allah (Tuhan) itu Maha Esa. Ajaran tauhid (mengesakan Allah) ini adalah konsep dasar ajaran para nabi terdahulu. Allah berfirman dalam Al-Qur’an bahwa tiap-tiap umat ada mempunyai rasul (nabi yang diutus). Berkemungkinan Sri Krisna dan Sidharta Gautama (Budha) adalah salah seorang nabi dan rasul yang pernah diutus Allah kepada umatnya masing-masing di India. Sebagaimana kita ketahui ajaran Hindu pada mulanya adalah mengesakan Tuhan dan Sidharta Gautama juga hanya mengakui Tuhan itu esa dan melarang pengikutnya menyembah berhala.

    Tapi kenapa ajaran keesaan Allah itu kabur pada kitab suci agama Budha dan berbeda dengan ajaran nabi Muhammad? Salah satu penyebab adalah kitab suci agama Budha baru ditulis orang 200 tahun lebih setelah Sidharta Gautama meninggal dunia. Ajaran Budha yang asli tidak diketahui orang sampai sekarang karena Sidharta Gautama sendiri tidak pernah menyuruh tulis atau bukukan ajarannya pada muridnya secara langsung. Berbeda dengan wahyu yang diterima nabi Muhammad setiap wahyu yang diterimanya langsung beliau suruh sahabatnya untuk menghafalkan wahyu tersebut dan ditulis oleh para sahabat nabi.

    Kalau seandainya ada ajaran Budha yang asli maka Sidharta Gautama sendiri akan menyuruh umatnya untuk beriman kepada Nabi Muhammad sebagai nabi terakhir karena ajaran nabi terdahulu khusus untuk bangsanya saja bukan untuk seluruh umat manusia di dunia dan terbatas waktunya hanya sampai kedatangan nabi Muhammad yang diutus Allah sebagai rahmat bagi semua alam.
    Kalau manusia tidak beriman kepada Nabi Muhammad apa risikonya?

    Nabi Muhammad bersabda :
    “Siapa saja di antara manusia yang telah mendengar seruan aku ini (maksudnya telah sampai berita agama Islam) sementara dia tidak mau masuk Islam maka orang tersebut pasti masuk api neraka.”

    Jadi semua manusia yang telah mengetahui adanya agama Islam sedangkan dia cuek-cuek saja tidak mau mempelajari dan mengetahui kebenaran Islam yang terdapat pada kitab suci Al-Qur’an serta tidak mau masuk Islam maka manusia tersebut pasti masuk api neraka di akhirat kelak.

    Kalau sudah di akhirat kita tidak bisa lagi ke dunia ini untuk bertobat. Nasi sudah jadi bubur. Sebelum nasi belum menjadi bubur seyogyanya kita beriman kepada nabi terakhir ini. Al-Qur’an juga mengatakan bahwa banyak orang yang masuk neraka yang minta dikembalikan ke dunia karena tidak tahan azab api neraka dengan maksud untuk beriman dan bertobat kepada Allah namun Allah jelas tidak mengabulkan permohonan mereka karena dunia sudah kiamat dan alam akhirat sudah terbentang sehingga mereka menyesal tidak beriman kepada Allah ketika hidup di dunia ini.

    Tuhan yang menciptakan kita pasti sama Tuhan orang Arab, India, Cina, Eropah dan lainnya pasti sama. Kenapa kita tidak mau mempelajari Al-Qur’an yang merupakan mukjizat atau bukti kerasulan Nabi Muhammad, SAW?

  94. Adi said

    Tuhan telah mengutus beberapa orang nabi dan rasul sebelum nabi Muhammad yang ke semuanya menyerukan bahwa Allah (Tuhan) itu Maha Esa. Ajaran tauhid (mengesakan Allah) ini adalah konsep dasar ajaran para nabi terdahulu. Allah berfirman dalam Al-Qur’an bahwa tiap-tiap umat ada mempunyai rasul (nabi yang diutus). Berkemungkinan Sri Krisna dan Sidharta Gautama (Budha) adalah salah seorang nabi dan rasul yang pernah diutus Allah kepada umatnya masing-masing di India. Sebagaimana kita ketahui ajaran Hindu pada mulanya adalah mengesakan Tuhan dan Sidharta Gautama juga hanya mengakui Tuhan itu esa dan melarang pengikutnya menyembah berhala.
    Tapi kenapa ajaran keesaan Allah itu kabur pada kitab suci agama Budha dan berbeda dengan ajaran nabi Muhammad? Salah satu penyebab adalah kitab suci agama Budha baru ditulis orang 200 tahun lebih setelah Sidharta Gautama meninggal dunia. Ajaran Budha yang asli tidak diketahui orang sampai sekarang karena Sidharta Gautama sendiri tidak pernah menyuruh tulis atau bukukan ajarannya pada muridnya secara langsung. Berbeda dengan wahyu yang diterima nabi Muhammad setiap wahyu yang diterimanya langsung beliau suruh sahabatnya untuk menghafalkan wahyu tersebut dan ditulis oleh para sahabat nabi.
    Kalau seandainya ada ajaran Budha yang asli maka Sidharta Gautama sendiri akan menyuruh umatnya untuk beriman kepada Nabi Muhammad sebagai nabi terakhir karena ajaran nabi terdahulu khusus untuk bangsanya saja bukan untuk seluruh umat manusia di dunia dan terbatas waktunya hanya sampai kedatangan nabi Muhammad yang diutus Allah sebagai rahmat bagi semua alam.
    Kalau manusia tidak beriman kepada Nabi Muhammad apa risikonya?
    Nabi Muhammad bersabda :
    “Siapa saja di antara manusia yang telah mendengar seruan aku ini (maksudnya telah sampai berita agama Islam) sementara dia tidak mau masuk Islam maka orang tersebut pasti masuk api neraka.”
    Jadi semua manusia yang telah mengetahui adanya agama Islam sedangkan dia cuek-cuek saja tidak mau mempelajari dan mengetahui kebenaran Islam yang terdapat pada kitab suci Al-Qur’an serta tidak mau masuk Islam maka manusia tersebut pasti masuk api neraka di akhirat kelak.
    Kalau sudah di akhirat kita tidak bisa lagi ke dunia ini untuk bertobat. Nasi sudah jadi bubur. Sebelum nasi belum menjadi bubur seyogyanya kita beriman kepada nabi terakhir ini. Al-Qur’an juga mengatakan bahwa banyak orang yang masuk neraka yang minta dikembalikan ke dunia karena tidak tahan azab api neraka dengan maksud untuk beriman dan bertobat kepada Allah namun Allah jelas tidak mengabulkan permohonan mereka karena dunia sudah kiamat dan alam akhirat sudah terbentang sehingga mereka menyesal tidak beriman kepada Allah ketika hidup di dunia ini.
    Tuhan yang menciptakan kita pasti sama Tuhan orang Arab, India, Cina, Eropah dan lainnya pasti sama. Kenapa kita tidak mau mempelajari Al-Qur’an yang merupakan mukjizat atau bukti kerasulan Nabi Muhammad, SAW?

  95. Piss said

    salam
    maap sebelumnya dari yang saya baca, anda ternyata sedang mencari .dan yang anda cari sebenar nya apa ? agama ? kebenaran ? kelengkapan ? kesempurnaan ?
    dan apa sudah menetapkan apa yg anda pilih ?
    anda memiliki pengetahuan yg luas saya lihat, anda pelajari semua nya ya ?
    apa anda sudah memahami tentang yang sudah anda pelajari ?
    dan yang saya lihat anda seperti hanya sekedar mempelajari membaca menghafal merekam lalu menyimpan nya didalam ingatan .dan ap anda memahami ?
    saya minta maap kalo apa yang saya tulis di atas menyinggung anda .sungguh tak ada niat untuk memancing hal yg kurang menyenangkan
    kalo boleh saya ada saran mungkin bisa anda tafsirkan dan anda tanamkan sebagai pegangan anda
    dalam mencarinya anda .coba lah untuk berguru kepada orang lebih mengerti dan mengetahui di tempat yang tepat .dengan sharing secara online seperti ini atau pun dengan membaca atau juga menonton ini akan susah bagi anda .karna tulisan akan sulit dalam menyampaikan maksud nya karna anda pst punya pertanyaan ,lalu kumpulkan semua yang telah anda dapatkan lalu pilahlah yang mana yg tepat menurut anda .mudah mudahan akal tidak terlalu menutupi hati anda .anda tidak mungkin tidak punya hati .hati memang tidak bisa dilihat tapi mudah mudahan anda menemukan jawaban anda .menemukan jalan anda
    sekali lagi sebagai tamu terhadap tuan rumah saya mohon maap seandainya saya mungkin mengajari anda atau sok tau menahu tentang anda
    oya satu hal lagi .anda tidak perlu untuk menyiapkan diri anda untuk menghadapi doktrinan yang seperti anda sampaikan di atas .anda hanya cukup mengikuti arus nya saja .kumpulkan semua yang anda dapatkan .bila anda belum tau tentang sesuatu hal pasti lah akan anda tanyakan .kesampingkan ego .terapkan dalam diri untuk belajar bukan memenangkan pernyataan .buat diri anda tegas .mudah mudahan anda menekukan jalannya dan tidak mencari cari lagi
    sepertinya bukan cuma 1 hal .tp banyak hal nih yang saya tulis hahaha (gak lucu)
    ya sudah saya minta maap sekali lagi minta maap kalo saya melakukan kesalahan .saya permisi dulu 🙂

  96. al faruq said

    Dengan nama Allah yg maha pengasih lagi maha penyayang.
    Katakanlah (muhammad) : “Dia-lah Allah. Yang maha esa.
    Allah adalah tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.
    Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan.
    Dan tidak ada seorang (sesuatu) pun yang setara dengan dia. ( al ikhlas 1 – 4 )

    Allah, tidak ada tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (mahluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang ada dilangit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa2 yang ada dihadapan mereka dan dibelakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa2 dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi” (kekuasaan) Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah maha tinggi lagi maha besar. ( al baqarah 255).
    Maha benar Allah dengan segala firman-Nya.

    Allah adalah khalik ( pencipta ),
    Dia berwujud namun tidak ada seorang pun yang tahu bagaimana wujud-Nya dan tidak ada suatu apapun yang dapat menggambarkan semisal-Nya, sampai nanti waktu yang ditentukan.
    Allah berada di ‘arsy, suatu tempat yang sangat diluar jangkauan lebih hebat dan lebih indah dari tempat manapun termasuk surga.
    Jiblil adalah malaikat pembawa wahyu, Muhammad adalah manusia yang dipilih Allah untuk menyampaikan wahyu tersebut untuk seluruh mahluk (seluruh ciptaan), manusia mempunyai kemuliaan lebih tinggi dibandingkan dengan malaikat apabila dia menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya, namun manusia lebih rendah derajat kemuliaannya apabila tidak melakukan perintah dan larangan-Nya dari pada hewan.
    Jelas disini lebih tinggi derajat kemuliaan Muhammad SAW dari pada jibril.
    Surga merupakan suatu tempat yang di ciptakan Allah sebagai tempat kembalinya mahluk setelah menjalani ujian dalam perjalanan hidupnya sebagai balasan kebaikan dan ketaatan kepada Allah swt di alam sebelumnya (dunia).
    Surga penggambaranya tempat yang menakjubkan dan terindah, mungkin 1000 kali indahnya dari tempat terindah yang pernah anda lihat di dunia ini.
    Mahluk (manusia) mempunyai beberapa tahapan dalam perjalannya sebelum kembali kesurga atau neraka:
    1. ALAM ARSY, alam dimana hanya Allah yang tahu.
    2. ALAM RAHIM, alam dimana mahluk (manusia) berada dalam kandungan seorang ibu.
    3. ALAM DUNIA, alam yang sekarang sedang kita jalani dimana menjadi suatu tempat ujian yang nantinya memisahkan kemana jalan selanjutnya akan kembali.
    4. ALAM KUBUR, alam penantian setelah hidup didunia menuju alam selanjutnya, di dalam penantian manusia (mahluk) juga akan merasakah sidikit dari apa yang telah dilakukannya di dunia ( siksa / kenikmatan)
    5. ALAM BARZAH, alam dimana seluruh mahluk akan di hidupkan kembali dari permulaan (adam) sampai akhir dunia, untuk mempertanggung jawabkan hidupnya didunia satu per satu.
    6. ALAM AKHIRAT, alam dimana ada surga dan neraka sebagai tempat mahluk tersebut setelah diperhitungkan hidupnya di dunia.
    ” Allah lebih tahu dengan segala ke maha-an Nya”

  97. al faruq said

    Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang.
    Muhammad adalah seorang manusia mulia yang yang dipilih oleh Allah untuk menyampaikan wahyu-Nya kepada seluruh mahluk (manusia).
    Beliau bukanlah membuat agama baru namun beliau menyampaikan, meneruskan, meluruskan dan menyempurnakan agama yang terdahulu. Inti dari ajarannya yaitu “LA ILAHA ILLA ALLAH” (tidak ada tuhan selain Allah) sama seperti apa yang telah disampaikan oleh nabi – nabi terdahulu.
    Di dalam islam istilah reinkarnasi dan karma itu ada, namun penterjemahannya mungkin berbeda;
    Reinkarnasi penghidupan kembali ( dibangkitkan kembali) mahluk itu akan ada setelah akhir dari dunia ini (kiamat) setelah seluruh mahluk di mati kan ( dihancurkan) maka mahluk (manusia) akan dihidupkan dan di kumpulkan di suatu alam yang dinamakan ALAM BARZAH, di tempat itulah mahluk (manusia) diperhitungkan dan mempertanggung jawabkan atas hidupnya di dunia, maka setelah itu lah KARMA berlaku barang siapa yang berbuat kebaikan (taqwa) maka surga lah balasannya dan barang siapa yang berbuat keburukan (dosa) neraka lah tempat untuk nya.

    Nabi adalah manusia yang dipilih dan diberikan wahyu oleh Allah untuk menyampaikan dan membimbing manusia untuk berbuat kebaikan dalam rangka menuju tuhannya (Allah).
    Walau pun sidarta (budha) tidak termasuk kedalam 25 nabi yang di ketahui oleh umat islam namum sebahagian orang percaya bahwa sidarta (budha) gautama merupakan seorang nabi, karena sesungguhnya ada banyak nabi yang di utus oleh Allah sebelum nabi Muhamad SAW.
    Banyak ramalan yang menggambarkan akan kedatang (kelahiran) nabi Muhammad saw dalam ajaran nabi2 pendahulu, namun ramalan tidak lah 100 persen akan tepat, Allah memilih siapa saja yang dia kehendaki, dan nabi Muhammad saw yg lahir dari bangsa quraiys adalah orang yang dipilih untuk menyampaikan wahyu al qur’an sebagai nabi terakhir.
    Muhammad saw bukanlah sebagai reinkarnasi dari siapapun namun zat (ruh) nya sudah sebelum penciptaan adam dan hawa, sebahagian ulama berpendapat bahwa zat (ruh) nabi Muhammad saw sudah ada di lauhil mahfuz ketika penciptaan alam semesta, oleh karena itu ramalan2 tentang Muhammad saw sudah diceritakan oleh nabi2 pendahulunya.
    Islam adalah bahasa arab yang arti nya damai, apabila mahluk (manusia) mengikuti ajarannya secara seutuhnya maka dia akan mendapatkan kedamaian dalam hatinya.
    Islam mengajarkan tentang hubungan mahluk kepada sang pencipta ( vertikal ) dan juga hubungan terhadap sesama mahluk ( horisontal ), dalam hubungan mahluk dan khaliq (pencipta) islam mengajarkan dengan cara ibadah sholat, puasa, dan bekurban.
    Dengan sholat umat islam diharapkan selalu ingat dan berhubungan dengan Allah sang pencipta.
    Dengan puasa umat islam diajarkan untuk mengendalikan nafsu yang ada dalam diriya.
    Dengan berqurban suatu pencerminan bahwa umat islam akan merelakan akan harta bendanya untuk Allah, didalam berkurban juga mengajarkan manusia untuk saling berbagi dengan yang tidak mampu.
    Dalam hubungan manusia dengan sesama mahluk (horizontal) didalam islam banyak sekali mengajarkan tentang kasih sayang yaitu dengan diajarkan akhlak2 dan adab yang di contohkan oleh nabi Muhammad saw yang tidak ada cela.
    Zakat juga merupakan bentuk ibadah yang vertikal sekaligus horizontal, karena dengan berzakat muslim berbagi antara yang kaya dan yang miskin.
    Banyak lagi ajaran islam yang mengajarkan bukan hanya hubungan kepada Allah namun juga kasih kepada sesama mahluknya.
    Namun jihad (perang) juga diperintahkan untuk mempertahankan dan menegakan hak dan ajaran Allah, ingat disini diperintahkan jihad (perang) untuk mempertahankan dan menegakkan hak dan ajaran Allah bukan untuk menjajah atau merampas hak orang lain.
    Konsep ketuhanan.
    Tuhan adalah sesuatu yang luar biasa yang dapat mengendalikan manusia maupun alam.
    Allah adalah tuhan pencipta alam serta mahluk seisinya yang maha dari segala maha yang tidak ada sekutu baginya dan tidak ada semisalnya.
    Apabila manusia alam dan manusia adalah mahluk (ciptaan) maka pastilah ada penciptanya (khaliq), dan penciptanya haruslah lebih luar biasa dari pada mahluk itu sendiri, oleh karena itu mahluk tidak akan dan tidak pantas dikatakan tuhan, karena tuhan itu maha dari segala maha.
    Allah maha tahu dengan segala ke maha an-Nya

  98. satrio said

    REINKARNASI (kehidupan kembali) dalam islam diartikan sebagai kehidupan seseorang setelah kematiannya, yaitu kehidupannya lagi di alam akherat.
    KARMA (pembalasan) dalam islam terkait dengan amal perbuatan manusia selama di dunia. jika mreka beramal baik, maka akan mendapat BALASAN (karma) yg baik, dan bila amal mereka selama di dunia adalah jahat, maka mrk mendapat karma (balasan) yg buruk.
    Muhammad saw mengajarkan cinta kasih, terbukti dengan doktrin RAHMAT LIL ‘ALAMIN (cinta kasih untuk segenap alam)
    Muhammad juga berasal dari keluarga bangsawan di suku Arab. kakeknya adalah penguasa ka’bah yg waktu itu menjadi tempat haji bagi semua agama dari pelbagai penjuru dunia..

    orang kristen akan bilang bahwa sang budha yg akan muncul adalah Jesus, karena jesus mengajarkan cinta kasih, dia adalah raja bani israel dan lahir di bawah pohon kurma.

    bagi saya, semua agama itu pada dasarnya adalah satu, yaitu mengajarkan kebenaran, jalan hidup, dibawa oleh utusan (nabi/rasul), mengajarkan persembahan pada Tuhan…. hanya saja umat dari agama2 tersebut suka menyelewengkan ajaran para NABInya… lalu muncul perbedaan2 pandangan tentang agama…. demikian

  99. kosongan said

    @anggie maaf sebelumnya kalau anda melihat saya sebagai iblis ^^, saya tidak bermaksut membuat anda berprasangka buruk, jika anda cukup bijak , bukankah lebih baik menelaah , memikirkan , dan merenungkan daripada menghabiskan waktu mencari siapa saya ^^ , tahukah anda bahwa apa yang anda pikirkan lebih berharga daripada siapa saya ^^

    @witwiw trimakasih saran nya ^^ tapi maaf apakah anda benar2 berbicara seperti ini apakah ini lelucon atau kebenaran yang anda pahami ??? bila kebenaran .. wah hati2 mas karena anda merasa tuhan itu mati sehingga kita manusia harus mati dulu untuk mengetahui kebenarannya

    @supardi benarkah pendapat anda ??? pernahkah anda membaca inti ajaran semua agama yang anda jelaskan ?? mungkin anda benar bahwa semua itu di utus tuhan yang sama , tapi pertanyaan yang mendasar adalah bila memang sama mengapa landasan pengetahuan akan tuhannya berbeda dan saling bertentangan ???

    masalah penulisan .. mungkin anda termasuk orang awam yang tidak bisa cepat menghafal seperti halnya saya ^^ namun anda harus tahu siapa yang menulis tripitaka ^^ coba anda cari siapa , dan apakah kemampuan dia dan bagaimana proses penulisan tripitaka ^^

    tentang keaslian yang di ucapkan sidharta gautama ^^ kalau dibalik bagaimana … bahkan dalam AQ saya tidak menemukan nama sidharta gautama … bukankah bisa jadi yang palsu adalah ……………..
    Kalau manusia tidak beriman kepada Nabi Muhammad apa risikonya? … apa ya resikonya ….. saya belum tau nih
    tentang seruan nabi jika saya percaya dengan dokrin anda jelas saya mengerti seruan itu benar adanya…. namun maaf bagaimana saya hal itu tidak lah berlaku karena siapa dia dan neraka yang di percaya seperti apa pun saya tidak tahu lantas … saya akan kemana ???

    masalah nasi sudah jadi bubur maaf bagaimana bila anda ikut ajaran atheis saja ?? ketika anda mati tidak ada lagi kehidupan bagaikan jam yang kalau sudah battreinya habis sudah tidak dapat dipakai lagi ^^ bukankah lebih simple dan tidak perlu berandai2 serta tidak perlu bersusah2

    namun tuhan tidak ada dalam logik seorang atheis … lantas apakah harus mempelajari AQ dan nabinya ??? artinya harus murtad dari ke atheisan dong

    @ piss belum ada yang terpilih ^^ thx sarannya cukup masuk akal , namun ketika saya berguru pada seseorang , bukankah saya harus tunduk pada dokrin guru tersebut dan pandangan dan pribadi nya … karena tidak ada ajaran yang bengkok ^^ masih sama2 makan nasi bukannya masih punya ego ^^

    bukankah arus dari dokrin artinya dokrin itu sendiri
    saya tidak berusaha menang , hanya saja memberikan kenyataan lain selain pemberi komentar lontarkan pada saya , agar saya mengerti .. apakah hal itu salah ?? apakah saya tidak berhak mengerti kalau saya masuk dalam salah satu agama ??? bukankah itu saya harus menerima kucing dalam karung artinya ??

    anda tidak salah jadi tidak perlu saya maafkan ^^ ini ajang mencari kebenaran bagi saya , jadi bukanlah suatu masalah terjadi pertentangan

    @ satrio anda rupanya belum cukup paham akan kata reinkarnasi ^^ “penjelmaan (penitisan) kembali makhluk yg telah mati” jelas bukan di akhirat ^^
    bila anda menyatakan percaya karma maka anda harus percaya hukum tumimbal lahir atau reinkarnasi .. dilahirkan kembali

    وَما أَرْسَلْناكَ إِلاَّ رَحْمَةً لِلْعالَمِينَ

    “Kami tidak mengutus engkau, Wahai Muhammad, melainkan sebagai rahmat bagi seluruh manusia” (QS. Al Anbiya: 107)
    jika yang anda maksut rahmat artinya kelembutan yang berpadu dengan rasa iba (Lihat Lisaanul Arab, Ibnul Mandzur). Atau dengan kata lain rahmat dapat diartikan dengan kasih sayang
    jelas saya bingung …. kasih sayang = rahmat = lembut dan iba hanyalah dokrin yang harus di percaya … bukankah artinya kenyataannya tidak demikian ?? adakah kebaikan bila dipaksakan ???

    wah itu yang bicara yesus adalah buddha … hahahah benar2 aneh maaf tidak bermaksut menertawakan anda tetapi merasa aneh sebab buddha dan yesus jelas beda , si buddha itu tingkatan mencapai kesempurnaan sedangkan yesus itu kata orang kristen sempurna …. bukankah 2 hal yang beda

    “bagi saya, semua agama itu pada dasarnya adalah satu, yaitu mengajarkan kebenaran, jalan hidup, dibawa oleh utusan” berarti anda kurang mengerti dasar dari agama masing 2 landasan dokrinnya dan pola agamanya

    cobalah anda pelajari semua agama itu termasuk yang anda yakini ^^ anda akan terkejut karena tidak seperti yang anda yakini dan dokrin anda ^^

  100. sama2 pencari said

    Kang kosongan ini org pintar.
    Ga tau apa yg jd dasar sbnernya dia ngajak diskusi.
    Ngtes?
    Pgn tau?
    Atau apa lah
    Yg pst beliau ini otaknya keren. Logikanya bnr2 logis.
    Dlm islam (ntah klo agama lain), agama bisa dipahami tidak hanya dgn logika tp jg dengan iman (kepercayaan).
    Tp sbg pnganut agama, sy prnah sholat dan ibadah (seremonial) yg lain. Tp jg melakukan maksiat. Skr? Sy tdk mlkkn ibadah (seremonial) dan mnghindari maksiat.
    Taqwa = melakuan perintahnya dan jauhi larangannya.
    Dl sy lakukan perintahnya dan lakukan jg larangannya.
    Skr tdk lakukan perintahnya dan jauhi larangannya.
    Mana lbh baik?
    Sy hrp bs ktmu sm kang kosongan ini.
    Sy tggu kabarnya.

  101. aduhhhhhh baca postingan ini sama komen”nya ampe abis 2gelas kopi+spiring kue brownis ncih, MANTAPPPPPPPPPPP 😀

    Terimakasih semuanya yang udah nulis di sini. Saya dapet ilmu lagi hehee

    Tapi gak mau ikutan debat ah jadi penonton aja secara ane bukan ahli.a ahli ane mah cma makan wkwkkwkwkw

  102. widhot said

    Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

    Sebelumnya salam kenal Kosongan yg banyak sekali ilmu pengetahuannya. Untuk melanjutkan pembicaraan saya mohon agar sedikit dikurangi apa yg ada d dlm diri anda
    “Karna gelas yg penuh itu tak akan bisa menampung air lagi”

    Apakah itu reinkarnasi dan sebagainya itu mungkin sudah d perdebatkan d atas. Dan bagi yg mempunyai pendapat bahwa Nabi Muhammad itu adalah reinkarnasi / disamakan dengan Buddha atau siapapun itu adalah hak dari setiap pribadi masing2.
    Tapi saya dengan tegas menyatakan bahwa Nabi Muhammad adalah manusia pilihan utusan Allah bukan reinkarnasi/titisan siapapun juga. Dan di dalam Islam sendiri tidak mengenal yg di namakan reinkarnasi karna setiap pribadi menanggung setiap perbuatan / amal ibadah masing2.
    Tentang kehidupan setelah kematian sudah d bahas oleh tman2 d atas yg d sebut alam kubur dst. Mgkin untuk sedikit pengetahuan karna yg saya lihat bahwa yg anda cari adalah sekedar pengetahuan bahwa “ada sebagian muslim yg telah mati/meninggal dan kemudian hidup lagi (bukan reinkarnasi) yang bisa berjalan diantara orang d dunia ini.
    Sekedar mengutip dari pernyataan anda bahwa banyak kitab suci yang lebih tebal dari Al quran yg anda nyatakan “tidak lengkap” baik itu secara langsung atau tidak langsung. Kalau anda meyakininya bahwa kitab tersebut itu tidak lengkap kenapa masih anda yakini bukannya itu sama saja membuang2 umur anda.
    Kenapa kami “muslim” meyakini bahwa Al quran itu lengkap. Yang d maksud lengkap itu sendiri adalah ajarannya. Ajaran apa yaitu ajaran Tauhid yang membawa manusia dalam kebahagiaan d dunia n akhirat. Sekarang tergantung dari tiap pribadi apakah mau menjalani ajaran tersebut.
    Bukannya d putar2 bahwa tebal tipisnya suatu materi menyangkut isinya tersebut.

    Insyaallah apa yang saya sampaikan tsb ada d dlm Al quran jadi jika anda mau meluruskan atau bahkan membantah perkataan saya silahkan pelajari Al quran secara baik n benar.
    Karna kalau setengah2 / sepotong2 bagaimana anda mendebat saya mgkin malah jdi bingung sendiri

  103. revete said

    Tuhan itu “banyak” dalam satu agama pun tiap individu memiliki tuhan yg berbeda2, tuhanku tidak sama dengan tuhan kalian, walaupun ada diantara kalian yg menamakanNya sama denganku, enak saja kalo ada orang yg bilang “Tuhan kita sama” no., “persepsi” terhadap tuhanmu adalah yg menjadikannya “Tuhanmu”

  104. kosongan said

    @sama2 pencari
    maaf sebelumnya kalo membuat anda merasa bingung , saya tidak sepandai yang anda kira , saya hanya menjabarkan saja apa yang ada dan mencoba berfikir netral karena itu pilihan saya untuk menjembatani kemajemukan kepercayaan
    apakah saya “ngetes” saya rasa tidak demikian karena saya tidak tahu jawaban akhirnya
    apakah saya “pengen tau” sangat ^^ karena keindahan pola pikir manusia yang beraneka macam dan pola serta kebiasaan
    sebenarnya otak manusia ada untuk digunakan berfikir sedangkan kepercayaan dibilang kebanyakan orang tidak boleh di logikan …..
    menurut saya sebaliknya justru harus di cari tahu karena bila anda percaya terhadap tuhan jelas dia yang menciptakan tidak akan mengingkari dirinya ^^ hanya saja apakah kita mampu berfikir tentang tuhan dan keberadaannya secara benar adanya ataukah hanya kepercayaan yang hanya seolah2 dimengerti padahal tidak mengerti
    kita perlu tahu tuhan itu jelas lebih maha dari ciptaannya maka jangan berharap kita tahu tuhan secara utuh tapi setidaknya renungkanlah keberadaan tuhan itu

    tentang taqwa yakni beribadah atau menjauhi maksiat … maaf itu bagian dari kepercayaan jadi saya tidak membahasnya karena itu tidak memiliki patokan yang sama untuk setiap golongan

    bila pilihan anda hanya 2 itu maka saya harus memilih meninggalkan kepercayaan saya
    karena ke 2 pilihan itu memiliki nilai yang sama sebab menjauhi larangannya = melakukan perintahnya dan berlaku sebaliknya
    yang artinya meski saya percaya bukankah artinya saya tidak mau mendengarkan nya … lantas untuk apa kepercayaan itu kalau kenyataannya tidak anda percayai …. renungkan lah ^^

    ke 2 hal itu tidak ada yang lebih baik

    maaf kita tidak bisa berjumpa karena tidak banyak orang yang bisa menerima perbedaan

    @elankalm@gmail.com
    silahkan menjadi penonton ^^ namun sangat disayangkan anda melihat tapi tidak mau menjelaskan apa yang anda lihat T-T saya merasa rugi karena keindahan pola pikir anda tidak anda tuangkan

    @widhot
    salam ^^
    tentang kelengkapan kitab ….. sebuah isi kitab kelengkapan atau ketebalan bukan menjadi kan acuan untuk “saya” anggap kelengkapan itu bisa kita dapatkan dari pengertian akan kehidupan dan tuhan itu sendiri sebab kita semua ini hidup,bukan berarti semua yang saya lakukan harus di batasi oleh kitab tersebut melainkan mengapa kita harus melakukannya itulah yang penting, selain itu tentang tuhan yang seperti apa itu juga sangat penting karena itulah landasan kepercayaan akan sesuatu yang “maha” apakah ke “maha” annya itu konsisten ataukah berubah2 berdasarkan indifidu ataukah keadaan .. itu pun harus dimengerti
    dan untuk melihat semuanya itu kitapun harus paham lingkungan , penulis dan keberadaannya termasuk suku bangsa nya

    saya tidak pernah mempermasalahkan ajaran karena pengajaran itu kita harus waspada sebab pengajarnya itu sendiri memiliki ego dan kepentingan meski yang di bawa sama2 air tetapi bila yang membawa menggunakan kaleng cat … mungkinkah anda meminumnya ???

    maka dari itu saya pribadi tidak membatasi diri dari mana pengajaran itu berasal karena bagisaya batu pun bisa mengajarkan kita kebajikan , bahkan maaf kotoran pun bisa memberikan pengertian yang sangat indah bila anda mau merenungkan dan mau menerima tuhan dengan sepenuh hati anda contoh simple nya akan lebih berharga kotoran 1 kilo membungkus emas 1 kilo daripada kuningan 2 kilo

    awalnya mungkin akan jijik melihatnya tetapi ketika anda tahu makna didalamnya anda akan merasa sangat kagum … itulah hidup

    “Bukannya d putar2 bahwa tebal tipisnya suatu materi menyangkut isinya tersebut.” maaf sebelumnya bila anda masih melihat materi hanya berbicara isi … mungkin anda perlu memperhatikan lagi , bukankah sebuah materi juga ada massa nya , luasnya , susunan kimia nya , waktu yang mempengaruhi , dimensi , energi nya dan banyak lagi yang perlu di pertimbangkan ^^

    maaf sekali lagi saya tidak mau berdebat sebab perdebatan itu hanya untuk yang memegang teguh ego pribadi atau golongan ^^ saya hanya mau bertukar pikiran karena pola pikir setiap indifidu itu lah yang indah dan layak di perbincangkan ^^

    seberapa besar coklat dalam 1 loyang dengan anda hanya menggigit 1 cuil saja anda mengerti itu coklat
    saya tidak mengumpamakan mempelajari kitab dengan perumpamaan “3 orang buta memegang gajah” karena itu untuk orang yang belum tahu dan meraba2 seperti apakah gajah itu, tetapi saya perumpamakan coklat sebab kitab berbicara tentang “hidup” yang harus di rasakan dan di resapi dan di renungkan

    @revetee
    perbedaan itu memang ada karena itulah keindahan pola pikir manusia itu ada

  105. Maz ammet said

    Sory ikut nanggapin.
    Terlepas dari teory artikel diatas, bagi umat muslim Khususnya buat saya mahkluk bodoh dan sedikit punya ilmu, menegaskan bahwa saya yakin 100% bahwa budha juga adalah dari kalangan ROSSUL dan ramalan buddha tentang “metriya” juga adalah dari kalangan nabi atau rossul. Hal ini karna berdasarkan kitab Al’quran. Yang berbunyi kurang lebih seperti ini:
    “Dan sesungguhnya telah kami utus beberapa rossul sebelum kamu, diantara mereka kami ceritakan kepadamu dan diantara mereka ada (pula) yang tidak diceritakan kepadamu”(QS. AL-MUKMIN 78)

    “Dan kami tidak mengutus melainkan bagi seluruh umat manusia seluruhnya. Sebagian pembawa berita gembira dan pemberi peringatan. Tapi kebanyakan manusia tidak mau mengetahui” (QS. SABA 28)

    “Muhhammad itu bukanlah sekali-kali bapak seorang laki-laki di antara kamu. Tapi dia adalah rossullulah penutup nabi-nabi dan Allah adalah mengerti segala sesuatu” (QS. Al-ahzab 40)

    dan masih ada beberapa lagi ayat yang menegaskan jika seseorang di beri kuasa menyebarkan ajaran kebaikan yg bersifat tunduk kepada penguasa alam semesta dan berbuat baik kepada sesama, maka bisa di tafsirkan secara tersurat ataupun tersirat dia adalah seorang nabi atau rossul. Meski belum dgn tegas memberi nama kepada ajarannya. Dan yang saya ketahui dari semuah agama yang berlandaskan ajaran para nabi (samawi) atau seorang buddha dalam ajaran agama buddha. Tidak satupun memberi nama pada ajarannya tapi hanya sebuah istilah atas pencapain suatu ajaran. Dan hanya hak nabi terakhir sebagai penutup ajaran-ajaran sebelumnya untuk menyempurnakan dan memberinya “Nama”. Dan kita semuah ketahui apakah agama terakhir “itu”. Ya.. ISLAM adalah agama termuda dan terakhir yang menganut ajaran2x (nabi/budhha) sebelumnya…!

    Dan mengenai pencapaian buddha yaitu adalah kiasan dalam mencapai tingkat ketaatan dan kesolehan seseorang.
    Kalau ada yang bilang menjadi seorang buddha tidak di perkenankan menikah maka nabi pun ada yang tak menikah, koreksi bila saya salah, contoh: nabi Yahya.as
    nabi Isa.as
    nabi Yusuf.as
    Nb: kelengkapan/kesempurnaan sebuah kitab bukanlah dari banyaknya kitab ataupun ayat2x di dalamnya, tapi kandungan yang penuh makna dan tegas, baik secara tersurat ataupun tersirat…

    Jika ada pertanyaan lain coba datang ke FB saya (ametaryadi@yahoo.com). Mudah-mudahan saya bs kasih jawaban yg lebih jelas dan ringkas.
    Dn smoga ini bukan ajang perdebatan tapi ajang saling mengenal…

    “Salam kenal.

  106. jj said

    @yang penting itu ngelakoni
    Banyak pengetahuan yang didapat tak akan menemuhkan hasil tanpa membuktuktikan sendiri pengetahuaan itu, …
    Jadilah sedikit itu berisi,.

  107. kosongan said

    maz amet sudah pernah membaca Q.S. 12:38 ?? pernah mengartikan ???
    apakah disana memungkinkan buddha sebagai nabi atau rossul ??
    siapa sajakah yang bisa jadi nabi dan rossulnya ??
    buddha bukanlah pembawa berita maupun peringatan , beliau adalah sosok guru .. atau pengajar
    bila memang demikian mengapa harus di tutup ??? bukankah aneh karena hal seperti itu terjadi tidak hanya dijaman dahulu … bolehkah dijelaskan makna yang anda katakan ?? seperti gandhi , teresha … bagaimana … bukankah pernyataan sepihak saja kalau harus di akhiri ??
    “Kalau ada yang bilang menjadi seorang buddha tidak di perkenankan menikah maka nabi pun ada yang tak menikah ” benarkah … mengapa malah nabi penutup menikah … bahkan tidak hanya 1
    maaf bila pernyataan saya menyudutkan pemikiran anda hanya saja bukti yang anda sodorkan berupa ayat tidak serta merta membenarkan pernyataan anda sekali lagi maaf dan trimakasih untuk santun dalam bahasa

  108. ADHESI said

    ANE MERASA SEMUA PINGIKUT BUDHA ITU MUNAFIK!, MEREKA MENGAGUNGKAN KEBAIKAN, BAHKAN MEREKA TIDAK MENGENAL TUHAN! HANYA MENGAGUNGKAN KESEMPURNAAN

  109. kosongan said

    @ADHESI bagaimana dengan pengikut ajaran keyakinan anda ?? sudah mengenalkah anda akan tuhan anda ??? bila bukan kebaikan lantas anda mau berpegang pada apa ??? kebenaran kah .. kebenaran yang mana ??? bisa diberikan alasan yang lebih baik tidak ??? hanya komentar saja.

  110. wawan said

    bpak agama yg benar itu apa?
    kat
    a mama agama itu yg bisa menjawab masalah kita
    saya tanya pelajaran ipa kok gak dijawab
    tolong yabapak

  111. Raditya said

    saya suka komentar ini :

    “yang penting bukan ibadah tapi menata hidup jadi lebih baik dengan mengerti baik dan buruk, serta mengenal siapa yang disembah”

    semoga Allah mengampuni dosa2 kita…semoga kita semua diberikan pencerahan..semoga kita bisa saling menghargai sesama manusia…

    saya hanya bisa MENYIMAK DAN MENIMBANG….ndak bisa komentar apa2 lagi…takut salah…karena saya sendiri islam yang kurang taat..:)
    semoga postingan ini menambah wawasan saya dan memperkuat keimanan saya…:)

  112. Manusia Terkutuk said

    For:Kosongan. Wkwkwk… Tampaknya ramalan2 itu tidak akan lama lagi akan segera terwujud. 🙂
    Salam damai sejahtera untuk semuanya(tanpa terkecuali ya) dan salam menuju zaman ke-emas-an untuk negri indonesia dan seluruh umat manusia. wkwkwk…

  113. pahe said

    salam sejahtera buat mas kosongan..
    hebat banget topik ini, masih banyak yang berpartisipasi ya 🙂
    gimana, apakah mas kosongan sudah sedikit tercerahkan atau mungkin sudah benar2 cerah… sudah menemukan yang anda cari..? “ketika anda berusaha mencariNYA, ketahuilah, DIA lah yang sebenarnya sedang menyeret anda padaNYA “..
    salam sejahtera untuk anda 🙂

  114. kosongan said

    @ wawan
    tidak ada agama yang benar karena agama hanyalah buatan manusia
    tapi bila anda beragama yang benar ikutin ajaran agama itu sendiri dengan dokrin yang dibawa masing2 agama
    bedakan antara agama dan beragama ……. agama artinya anda masih di luar sedangkan beragama anda sudah berada dalam lingkup agama tertentu

    @raditya
    ^^ semoga

    @ all
    salam ^^

  115. Wong Agung said

    Benarkah ajaran sufi/tasawuf itu bukan ajaran dari Kanjeng Nabi Muhammad Saw,..?!

    Benarkah ajaran sufi/tasawuf itu hasil dari mengadopsi ajaran Buddha,..?!

    Benarkah tahlilan,..(selamatan orang meninggal pada hari ke 7,.. hari ke 49,.. hari ke 100,.. hari ke 1000), baritan,.. dll itu mengadopsi dari Budaya Jawa dimana Budaya Jawa itu berasal dari ajaran Buddha,..?!

    [Wong Agung]

  116. Ari said

    Jelas skali dr paparan diatas ajaran budha tidak logis n membingungkan. Kitab yg satu dngan yang lainx isix banyak yg bertentangan. Salah satu kelemahan yg paling fatal adalah menafikan konsep ketuhanan. Lalu Apa bedax dgn golongan atheis n materialis?

  117. Manusia yang terbatas tidak bisa mengukur manusia lain yang juga terbatas. Hanya yang maha mutlaklah yang bisa membuat ukuran yang benar. Semoga perdebatan panjang dari tahun 2009 s.d 2014 menjadikan kita jangan memonopoli surga dan kebenaran. Itu masih dan abadi milik sang pencipta. Amien

  118. Yang jelas adalah sebulan lagi dua kandidat presiden Indonesia menjadi tumpuan kita bergantung, agar menjalankan amanah UUD dan BHINEKA TUNGGAL IKA…dalam Pancasila sebagai lambang negara Indonesia. Titik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: