kosong

berfikir untuk hidup yang lebih baik , dan beriman untuk tuhan yang benar

REKONSTRUKSI KEMATIAN YESUS (ISA)

Posted by kosongan pada | 9 |Juni| 2010 |

sumber : http://vilaputih.wordpress.com/2009/09/01/rekonstruksi-kematian-yesus-isa/

REKONSTRUKSI KEMATIAN YESUS (ISA)

1 September 2009 · 629 Komentar

js

(Qs. An Nisa 4:157)

“Dan karena ucapan mereka: Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah. Padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak pula menyalibnya, tetapi yang mereka bunuh ialah orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang pembunuhan Isa benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti prasangka belaka mereka, mereka tidak pula yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa”

M.H.SHAKIR: And their saying: Surely we have killed the Messiah, Isa son of Marium, the messenger of Allah; and they did not kill him nor did they crucify him, but it appeared to them so (like Isa) and most surely those who differ therein are only in a doubt about it; they have no knowledge respecting it, but only follow a conjecture, and they killed him not for sure.

Sebagian umat Islam termasuk di Indonesia mengartikan surah An-nisa 4 : 157 dimana kematian Isa (Yesus) sebagai orang lain yang diserupakan dengan Yesus. Dan sebagian Muslim menganggap bahwa orang yang diserupakan itu adalah Yudas. Dilain sisi ada juga sebagian muslim yang menterjemahkan surah diatas sebagai berikut :

ABDLH.YUSUF ALI: That they said (in boast), “We killed Christ Jesus the son of Mary, the Messenger of Allah”;- but they killed him not, nor crucified him, but so it was made to appear to them, and those who differ therein are full of doubts, with no (certain) knowledge, but only conjecture to follow, for of a surety they killed him not:-

MUHD M.W.PICKTHALL: And because of their saying: We slew the Messiah, Jesus son of Mary, Allah’s messenger – they slew him not nor crucified him, but it appeared so unto them; and lo! those who disagree concerning it are in doubt thereof; they have no knowledge thereof save pursuit of a conjecture; they slew him not for certain.

Tahukah anda dimana perbedaannya?. Dalam 2 ayat pertama dikatakan bahwa “yang dibunuh adalah orang yang diserupakan dengan Isa (Yesus)”. Dalam dua ayat yang berikutnya dikatakan bahwa “ditampakkan Yesus seolah-olah tersalib”. Kita sebagai muslim tentu bertanya-tanya mana arti yang benar?. Setelah dikaji dengan mendalam dapat disimpulkan bahwa 2 ayat terakhirlah yang kemungkinan benar dalam pengartian surah An-nisa 4 : 157, yang mana dikatakan bahwa “ditampakkan Yesus seolah-olah tersalib”. Kebenaran pengartian ini dapat kita lihat dalam beberapa argumen berikut ini :

Surah Al-Anbya 21 :68-69: Mereka berkata: Bakarlah dia (Ibrahim) dan bantulah ilah-ilah kamu, jika kamu benar-benar hendak bertindak. Kami berfirman: Hai api menjadi dinginlah, dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim.

Dalam ayat diatas tampak bahwa Ibrahim dibakar hidup-hidup. Saat Ibrahim dibakar yang mereka lihat adalah Ibrahim terbakar, tetapi nabi Ibrahim tidak merasa terbakar. Seperti halnya Yesus (Isa) saat disalib. Orang-orang melihat Yesus tersalib padahal Yesus tidak merasa disalib, itulah mengapa Yeus (Isa) sebenarnya tidak mati (dogma Kristen mengaggap Yesus mati). Bukti Yesus tidak mati bisa dilihat dalam kisah nabi Yunus (Jonah).

MATIUS12:38-40 : Pada waktu itu berkatalah beberapa ahli Taurat dan orang Farisi kepada Yesus: “Guru, kami ingin melihat suatu tanda dari pada-Mu.” Tetapi jawab-Nya kepada mereka: “Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus. Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam.

JONAH/YUNUS 1:15-17 Kemudian mereka mengangkat Yunus, lalu mencampakkannya ke dalam laut, dan laut berhenti mengamuk. 1:16 Orang-orang itu menjadi sangat takut kepada TUHAN, lalu mempersembahkan korban sembelihan bagi TUHAN serta mengikrarkan nazar. 1:17 Maka atas penentuan TUHAN datanglah seekor ikan besar yang menelan Yunus; dan Yunus tinggal di dalam perut ikan itu tiga hari tiga malam lamanya.

JONAH/YUNUS 2:1 Berdoalah Yunus kepada TUHAN, Allahnya, dari dalam perut ikan itu.

JONAH/YUNUS 2:10 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada ikan itu, dan ikan itupun memuntahkan Yunus ke darat.

KESIMPULAN : Yang disalib kemungkinan Yesus dengan mukjizat seperti nabi Ibrahim itulah mengapa saat dikubur masih hidup, karena saat keluar dari kubur Yesus menyamar menjadi tukang kebun karena takut akan ditangkap lagi oleh kaum Yahudi.

Yoh 20:14-16 ” Sesudah berkata demikian ia menoleh ke belakang dan melihat Yesus berdiri di situ, tetapi ia tidak tahu, bahwa itu adalah Yesus. Kata Yesus kepadanya: “Ibu, mengapa engkau menangis? Siapakah yang engkau cari?” Maria menyangka orang itu adalah penunggu taman, lalu berkata kepada-Nya: “Tuan, jikalau tuan yang mengambil Dia, katakanlah kepadaku, di mana tuan meletakkan Dia, supaya aku dapat mengambil-Nya.”  Kata Yesus kepadanya: “Maria!” Maria berpaling dan berkata kepada-Nya dalam bahasa Ibrani: “Rabuni!”, artinya Guru.

By Wedul Sherenian

Iklan

11 Tanggapan to “REKONSTRUKSI KEMATIAN YESUS (ISA)”

  1. Itu kan menurut versi muslim, Yesus tidak disalib.

    Bila Yesus disamarkan seperti disalib maka sama dengan Tuhan sedang bermain ilusi seperti David Coperfield yg ditonton manusia. Apakah Tuhan seperti itu?

    Yesus memang juga harus mengabarkan kabar gembira kepada orang-orang yang sudah meninggal sebelum kedatangan Yesus maka Yesus harus tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam, itu artinya Yesus harus mati selama tiga hari.

    Ada suatu keanehan dari setiap penulis muslim bila mengatakan Yesus tidak disalib, mereka mengabaikan ayat-ayat di Injil mengenai nubuatan Yesus akan disalib, bahkan Yesus sendiri selalu meramalkan jauh-jauh hari dan terakhir di malam hari sebelum ditangkap Yesus mengadakan perjamuan yg terakhir kalinya dgn wejangan utk mengenang peristiwa perjamuan tsb. Peristiwa perjamuan itu bahkan diabadikan dalam lukisan oleh seniman legendaris Leonardo Da Vinci.

    Untuk mengagungkan bahwa ajarannya yg benar maka Muhammad memutar-balikan semua fakta-fakta. Salah satunya Yesus tidak disalib. Semuanya itu untuk menggenapi nubuatan ketika Yesus lahir dalam ayat berikut:

    Lukas 2:34-35
    Lalu Simeon memberkati mereka dan berkata kepada Maria, ibu Anak itu: “Sesungguhnya Anak ini ditentukan untuk menjatuhkan atau membangkitkan banyak orang di Israel dan untuk menjadi suatu tanda yang menimbulkan perbantahan dan suatu pedang akan menembus jiwamu sendiri, supaya menjadi nyata pikiran hati banyak orang.”

    Jadi siapa yg menolak kematian Yesus disalib atau mengakui Yesus disalib juga merupakan pernyataan iman seseorang seperti nubuatan yg tertulis di Injil Lukas 2:35 tersebut di atas.

  2. kosongan said

    @the wakness
    ^^ boleh saya bertanya pada anda
    benarkah yesus = isa atau samakah ajaran alquran dan bible … karena dari pola pengajaran nya saya lihat berbeda sangat jauh dan penggambaran sosoknya pun berbeda .. meski ada kesamaan nama

    bila memang beda lalu perlukah di pertanyakan sosok siapa yang dimaksut
    bila memang sama berarti ada salah 1 yang berbohong …… harus dibahas lebih detail

    ^^ trimakasih sudah berfikir , salam

  3. airtaz said

    @kosongan :

    Yesus = Isa…jelas orang yg sama…

    anda bilang pengajarannya berbeda jauh…??? gitu seharusnya anda bisa menyebutkan mana yang berbeda…

    kedua nya sama2 diperintahkan untuk memberi tahu manusia utk menyembah Allah…dan hukum yg pertama yg isa sebutkan dalam bible pun tidak ada perbedaan 1 iota pun dengan hukum pertama pada taurat Nabi Musa a.s :

    “shema yisrael adonai eloheinu adonai ekhad”
    “hai orang israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu satu”

    apa yg berbeda…??

    berikutnya…anda berkata berarti salah 1 ada yg berbohong…

    skrg diatas sudah dibahas…

    yesus berkata…tidak ada mukjizat yg aku tunjukkan kecuali mukjizat nabi yunus

    “Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam.”

    skrg jika anda membaca kisah nabi yunus tersebut…

    bagaimana yunus 3 hari 3 malam dalam perut ikan..?? hidup atau mati…??

    jika anda membaca nya dengan seksama…anda akan berkata “hidup”…

    skrg…bagaimana yesus 3 hari 3 malam dalam perut bumi…?? hidup atau mati…??

    orang kristen akan berkata : “mati”

    berarti skrg…

    siapa yg berkata kebenaran…??? Yesus..?? atau org kristen..??

    apakah yesus bicara kebenaran…?? atau org kristen bicara kebenara…

    apakah yesus yg berbohong..?? atau orang kristen yg berbohong…!!!

  4. kosongan said

    @airtaz
    saya bilang berbeda karena saya belum menemukan kesamaan, boleh saya tanya anda dimana persamaannya ????
    “kedua nya sama2 diperintahkan untuk memberi tahu manusia utk menyembah Allah” bukankah berarti 2 orang yang beda dengan 1 perintah yang sama
    “tidak ada perbedaan 1 iota pun dengan hukum pertama pada taurat Nabi Musa a.s ” boleh disebutkan dimana ayatnya ???
    “shema yisrael adonai eloheinu adonai ekhad” bukankah disana jelas… tuhan israel bukan tuhan negara lain

    skrg jika anda membaca kisah nabi yunus tersebut…

    “bagaimana yunus 3 hari 3 malam dalam perut ikan..?? hidup atau mati…??jika anda membaca nya dengan seksama…anda akan berkata “hidup”…

    skrg…bagaimana yesus 3 hari 3 malam dalam perut bumi…?? hidup atau mati…??orang kristen akan berkata : “mati”…”
    1 pertanyaan saya ….. coba tanyakan siapaun yang membaca kitab terebut mereka keluar dalam keadaan hidup atau mati ?????

    anda sendiri bilang “yesus berkata…tidak ada mukjizat yg aku tunjukkan kecuali mukjizat nabi yunus” lalu anda bertaya “apakah yesus bicara kebenaran…?? atau org kristen bicara kebenara…, apakah yesus yg berbohong..?? atau orang kristen yg berbohong…!!!” bukankah aneh dalam pernyataan awal anda, anda bilang kalau yesus sendiri yang menunjukkan mukjizat yunus, lalu anda baca surat yunus … lalu anda pertentangkan dengan keberadaan yesus …. bukankah itu aneh karena yesus sendiri yang berbicara lalu di buktikan …….. lalu apa hubungannya dengan orang kristen yang berbohong

  5. asyer said

    @Kosongan

    Yesus berkata…tidak ada mukjizat yg aku tunjukkan kecuali mukjizat nabi yunus

    “Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam.”

    skrg jika anda membaca kisah nabi yunus tersebut…

    Ini kalimat retoris! Sangat mudah dipahami. Maksudnya adalah bahwa Yesus sendiri mengakui bahwa tinggalnya Ia (Yesus = Anak Manusia) dalam rahim bumi tiga hari tiga malam tidak menunjukkan bahwa Yesus itu mati. Pengakuan secara implisit ini bertentangan dengan pengakuan orang Kristen. Coba bandingkan dengan pernyataan The Weakness:

    Yesus memang juga harus mengabarkan kabar gembira kepada orang-orang yang sudah meninggal sebelum kedatangan Yesus maka Yesus harus tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam, itu artinya Yesus harus mati selama tiga hari.

  6. kosongan said

    @asyer

    jadi menurut anda yesus mati selama 3 hari ???? jadi yesus berbohong tentang kata2 nya ???
    wah kalau gitu yesus tidak berhak menjadi seorang nabi sekali pun dunk … masak nabi berbohong ^^

  7. Rina said

    @kosongan
    jadi menurut anda yesus mati selama 3 hari ???? jadi yesus
    berbohong tentang kata2 nya ???
    wah kalau gitu yesus tidak berhak menjadi seorang nabi sekali pun dunk … masak nabi berbohong ^^

    menurut pemahaman saya bukan seperti itu yang ingin @asyer terangkan… Insya Allah seperti ini, Yesus memiliki mukjizat seperti nabi Yunus bedanya nabi Yunus mampu tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam sedang Yesus 3 hari 3 malam dalam perut bumi.
    Tinggal dalam perut bumi bukan berarti mati… Allah SWT selalu melindungi para nabi dan rasulnya dengan mukjizat2 luar biasa ketika mereka mengemban tugas dari Allah SWT…
    jadi anda simpulkan sendiri bahwa Yesus mati atau masih hidup dalam peristiwa pensaliban itu…
    Perlu kita tahu, seorang nabi tidak akan berbohong/pendusta karena mereka manusia pilihan Allah SWT dari sekian banyak manusia yang ada…

  8. kosongan said

    @rina

    inggal dalam perut bumi bukan berarti mati … bagimana dengan pada saat di tusuk lambungnya oleh prajurit romawi sampai keluar darahnya untuk memastikan kematian dan mempercepat kematian seseorang saat di salib , bila hal itu tidak terjadi bukankah tidak mungkin untuk menutup mulut semua orang disaat itu … ada orang romawi , yahudi yang anti kristus , dan ada murid yesus

    masalah penyaliban … ada pula yang di yakini bahwa saat itu yang disalib adalah orang yang berbeda yang di serupakan yesus … apakah hal itu bukan berarti justru membuat yang kuasa menipu manusia yang ada agar sosok yesus tidak boleh mati ???

    maaf kalo saya memutar balikkan apa yang saya katakan … karena saya memang tidak mencoba memihak dan berfikir tentang 1 aliran pun … saya ajukan pertanyaan tersebut karena saya pernah melihat perdebatan tersebut … bukan orang yang bertukar pikiran

  9. antoni said

    @ kosongan

    orang berfikir dan orang yang beriman adalah berbeda..cobalah tengok kebelakang..

  10. kosongan said

    benar memang berbeda ^^ hanya saja bila anda membicarakan iman … maka sudah pasti tidak ada pembicaraan akan perbedaan , karena itu adalah masing2 indifidu, kita disini untuk mengurangi bentrokan di belakang , tetapi saling menghadapi kenyataan adanya pemikiran yang berbeda

  11. kasih sayang said

    itu masalah keyakinan, itu hak semua orang. mari mengali dan memperkuat keyakinan kita dan hidup berdampingan, saling menghormati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: